Update Harga Buah Plum di Hypermart dan Superindo

Buah menjadi salah satu makanan yang sering dianjurkan untuk dikonsumsi apabila Anda ingin menjaga kesehatan, salah satunya buah plum. Buah tersebut dipercaya sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Buah plum juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh dengan harga Rp5 ribuan per 100 gr di Hypermart dan Superindo.

Buah plum (pexels: Any Lane)
Buah plum (pexels: Any Lane)

Di pasaran, buah plum ada yang berwarna merah atau ungu. Buah tersebut bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, atau dikeringkan. Apa pun bentuknya, manfaatnya baik bagi kesehatan tubuh. Buah plum mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, berbagai jenis vitamin B, dan vitamin K. Selain itu juga ada kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fluoride, phenols, dan antioksidan (beta karoten, vitamin A, E, lutein).

Bacaan Lainnya

Manfaat Buah Plum

Buah plum memiliki kandungan anthocyanins tinggi, yang merupakan senyawa phenols yang membuat nutrisi plum bisa diserap dengan mudah oleh usus kecil dan usus besar, dan kemudian mengalir dalam serum dan urine. Anthocyanins sendiri memiliki efek antioksidan alami yang baik. Selain pada buah plum, senyawa tersebut juga terdapat pada beri, ceri, anggur, dan buah-buahan berwarna gelap lainnya.

Efek antioksidan dari anthocyanins dipercaya berhubungan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti memiliki efek anti-radang, mencegah penyakit kardiovaskular, dan juga dapat membantu mencegah dan obesitas. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian terhadap manfaat antioksidan pada buah plum bagi kesehatan.

Selain anthocyanins, buah plum mengandung vitamin dan mineral buah. Kandungan vitamin C dan A-nya dipercaya berperan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh agar bisa bekerja dengan baik. Di samping itu, vitamin A merupakan pilihan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin E juga merupakan bagian penting dari buah plum yang dipercaya berguna bagi kesehatan kulit serta berperan melindungi membran sel pertahanan tubuh.

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, buah plum juga memiliki potensi besar dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan, seperti menurunkan kolesterol karena adanya asam propinal. Tak hanya itu, plum dapat mengontrol kadar gula darah hingga mencegah sembelit.[1]

Selain untuk berbagai penyakit, buah plum sering dikaitkan dengan diet karena khasiatnya yang bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh. Lancarnya metabolisme dalam tubuh ini akan membuat proses pembakaran lemak serta kalori dalam tubuh akan menjadi optimal. Kandungan serat dalam buah plum juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama yang tentunya mendukung program diet. Bagaimana cara diet dengan mengonsumsi buah plum? Anda bisa mencontoh cara berikut ini.

Cara Mengolah Buah Plum untuk Diet

  • Cara pertama yang cukup sering ditemui adalah diet dengan mengonsumsi langsung buah plum. Mengonsumsi buah plum secara langsung sangat cocok dilakukan saat Anda sedang bersantai alias buah plum sebagai pengganti camilan-camilan berminyak dan berlemak kesukaan Anda. Namun, plum memiliki rasa yang cukup asam, sehingga beberapa orang menghindari cara ini.
  • Anda juga dapat mengonsumsi buah plum dalam bentuk jus. Untuk membuat jus buah plum pun sangat mudah. Cukup menyediakan beberapa buah plum yang segar, cuci dan potong menjadi beberapa bagian, terakhir aduk dengan blender plus tambahkan es batu serta madu. Jus buah plum ini biasanya digunakan sebagai metode diet bagi orang-orang yang tidak mampu mengatasi rasa asam dari buah plum.
Buah plum (sumber: doktersehat)
Buah plum (sumber: doktersehat)

Tidak susah menemukan buah mirip apel ini, karena Anda dapat mengunjungi Hypermart atau Superindo terdekat dan dapat membelinya sesuai kebutuhan. Berikut kisaran harga terbaru buah plum di Hypermart dan Superindo.

Harga Buah Plum di Hypermart

Kemasan Buah PlumHarga
Buah Plum Merah/Hitam segar per 100 grRp5.690
Buah Plum Merah/Hitam segar 1 kgRp56.900

Hingga saat ini, harga buah plum merah/hitam di Hypermart relatif stabil. Saat weekend, Hypermart sering ada penawaran supermurah untuk bahan- segar, buah-buahan sampai daging dan sayuran. Jika beruntung, Anda dapat membeli buah plum dengan harga murah.

Harga Buah Plum di Superindo

Kemasan dan Merk Buah PlumHarga
Buah Plum Merah Golden Eagle 500 grRp93.390
Buah Plum Merah Golden Eagle 1 kgRp186.600

Sebagai perbandingan, tahun lalu, buah plum tanpa merk di Superindo dibanderol sebesar Rp7 ribuan per 100 gram. Tak hanya dalam kondisi segar, buah plum dapat Anda beli dalam bentuk kering dengan kemasan per kilogram. Sebagai bahan referensi, berikut harga buah plum di toko online.

Harga Buah Plum di Online Shop

Varian Buah PlumHarga
Buah Plum Sugar Prune impor Afrika 315 grRp49.500
Buah Plum basah tanpa biji 500 grRp60.000
Buah Plum basah tanpa biji 1 kgRp120.000
Buah Plum kering 1 kgRp152.000

Sebagai perbandingan, tahun lalu buah plum tanpa biji 350 gr dijual dengan harga mulai Rp35 ribu, sedangkan buah plum kering seharga Rp120 ribu per kilogram. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi supermarket terdekat atau memesan buah plum lewat marketplace terpercaya.

[Update: Ditta]

[1] Irene, dkk. 2021. Diet Sehat dengan Makanan Tinggi Serat. Jakarta: GUAPEDIA, hlm. 101.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *