Info Dosis, Manfaat, dan Harga L-Bio

Penyakit diare memang tidak bisa dianggap sepele. Tingginya intensitas buang air besar (BAB) ini berpotensi untuk menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Jika tidak ditangani secara tuntas, penyakit yang bisa menyerang orang dewasa, bayi, maupun anak-anak ini berpotensi menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, pemilihan obat diare yang tepat adalah hal yang penting, khususnya bagi anak-anak yang sistem pencernaannya masih lemah. Salah satu obat diare khusus anak-anak yang banyak digunakan adalah L-Bio yang dijual dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: anak diare (sumber: enterogermina.in)
Ilustrasi: anak diare (sumber: enterogermina.in)

Setiap tahun, lebih kurang lima juta anak di bawah usia lima tahun meninggal akibat diare, kurang lebih 65% di antaranya karena dehidrasi, terutama di negara-negara dengan hawa panas. Jadi, penting sekali untuk pertama-tama diambil tindakan guna mencegah atau mengatasi keadaan dehidrasi dan kehilangan garam, terutama pada bayi dan anak-anak (sampai usia lebih kurang tiga tahun) dan lansia (di atas 65 tahun). Untuk tujuan in, i, WHO menganjurkan ORS (oral rehydration solution).[1]

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Aturan Pemakaian dan Harga Obat Clotrimazole untuk Keputihan

Indikasi L-Bio

L-Bio adalah obat produksi Lapi yang digunakan untuk melindungi sistem pencernaan dan memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan ketika mengalami kondisi diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak,maupun dewasa. L-Bio diklaim mengandung probiotik atau bakteri baik seperti Lactobacillus Acidophilus, Lactobacillus Casei, dan Lactococcus Lactis yang dapat melawan pertumbuhan bakteri jahat supaya sistem pencernaan selalu sehat.

Beberapa dalam L-Bio antara lain, Rice Starch, Maltodextrin, Strain bakteri > 10^9 CFU (Bifidobacterium Lactis W51, Bifidobacterium Lactis W55, Lactobacillus acidophilus W55, Lactobacillus Casei W56, Lactobacillus Salivarius W57 & Lactococcus Lactis W58). Beberapa jenis bakteri asam laktat tersebut dapat membantu memulihkan keseimbangan mikroorganisme dalam saluran cerna sehingga membantu meredakan diare, dispepsia, konstipasi, atau masalah pencernaan karena penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

Cara kerja L-Bio adalah bakteri-bakteri asam laktat yang akan membantu fermentasi karbohidrat menjadi asam laktat, membantu mengurangi lonjakan pertumbuhan mikroorganisme patogen sehingga dapat meredakan diare, diare akibat laktosa, atau mengatasi diare yang dipicu penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

L-Bio

Kemasan L-Bio (sumber: shopee.co.id)
Kemasan L-Bio (sumber: shopee.co.id)
  • Rice starch
  • Maltodextrin
  • Lactobacillus Acidophilus
  • Lactobacillus Casei
  • Lactobacillus Salivarius
  • Bifidobacterium Infantis
  • Bifidobacterium Lactis
  • Bifidobacterium Longum
  • Lactococcus Lactis
Baca juga  Update Harga Daihatsu Gran Max Pick Up Bekas (Semua Tipe)

Dosis & Aturan Pemakaian L-Bio

  • Dewasa: 1 kapsul sebanyak 1-3 kali sehari.
  • Anak-anak umur lebih dari 2 tahun: dalam sediaan granul, 2-3 sachet (1 gr) per hari.
  • Anak-anak umur 1 – 2 tahun: dalam sediaan granul, 1-2 sachet per hari.
  • Obat L-Bio dapat diberikan langsung, atau dicampur dengan susu atau air, atau bisa juga dicampur dengan makanan bayi, aduk hingga rata, baru diberikan pada anak.

L-Bio

L-Bio (sumber: biggo.biz.id)
L-Bio (sumber: biggo.biz.id)

L-Bio umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Akan tetapi, ada beberapa yang mungkin dialami oleh sebagian orang, seperti mengalami perut kembung, cegukan, dan rasa tidak nyaman di pencernaan.

Peringatan & Perhatian Konsumsi L-Bio

  • Minumlah L-Bio setelah atau sebelum makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsi obat
  • Konsumsi obat antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan, untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat, dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis L Bio pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis obat yang terlewat.
  • Hati-hati penggunaan L-Bio pada penderita gangguan fungsi imun atau mereka yang intoleransi terhadap probiotik, serta penderita infeksi sistemik bakteri atau fungi.
Baca juga  Info Terbaru Harga Selang Infus Tangan (Blood Set)

Harga L-Bio

L-Bio dijual dengan harga Rp9.517 per sachet di Apotek K24. Selain di Apotek K24, Anda juga bisa membeli L-Bio di toko-toko obat atau apotek lain yang terdekat dari tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli obat diare ini di situs jual beli online dengan harga lebih murah, yakni Rp8.600 pr sachet. Sebagai perbandingan, tahun lalu, L-Bio dibanderol Rp9.317 per pcs di Apotek K24.

Jika anak terlihat dehidrasi atau kondisinya tidak membaik setelah beberapa hari, segera bawa dia ke dokter. Jangan pernah memberikan obat diare untuk orang dewasa kepada anak-anak karena efek sampingnya bisa berbahaya![2]

[Update: Almas]

[1] Tjay, T. H., dkk. 2007. Obat-Obat Penting: Khasiat, Penggunaan dan Efek-Efek Sampingnya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2] Santosa, Z. 2019. Menangani Diare pada Bayi dan Anak. Bantul: CV Alaf Media.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *