Update Harga Kurma Khalas 1 Kg & 10 Kg di Pasaran

Kurma merupakan salah satu jenis buah dengan banyak penggemar, tidak hanya dinikmati saat bulan puasa saja, tetapi juga bisa dinikmati pada hari-hari biasa. Ada banyak penjual kurma menjajakan beragam jenis kurma. Salah satu jenis kurma yang familiar dan banyak diburu masyarakat, yaitu kurma khalas. Di pasaran sendiri, harga kurma khalas dibanderol mulai Rp55.000 per 1 kg dan bisa mencapai ratusan ribu rupiah per 10 kg.

Kurma khalas (sumber: freepik)
Kurma khalas (sumber: freepik)

Kurma (Phoenix dactylifera L) merupakan salah satu sumber makanan yang paling penting di -negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Kurma berisi karbohidrat yang tinggi sekitar 77,34-84,45%, tergantung varietas. Buah kurma berisi antioksidan yang baik untuk kesehatan seperti, mencegah stroke, mencegah pembekuan darah, menguatkan saraf, dan membantu pertumbuhan tulang.

Bacaan Lainnya

Selain buah kurma, biji kurma juga bisa digunakan untuk kesehatan. Biji kurma termasuk limbah yang berasal dari pengolahan buah kurma yang belum pernah digunakan secara maksimal. Didalam biji kurma terdapat kandungan flavonoid yang dinyatakan mampu berperan sebagai antioksidan yang memiliki fungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Senyawa antioksida dari biji kurma lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya.[1]

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, jenis kurma sangat banyak. Kurma khalas menjadi salah satu jenis yang banyak digemari. Kurma khalas memiliki ciri yakni ukuran buahnya sedang dengan warna cokelat kemerahan. Bentuk buah oval pendek. Pada fase khalal, buah berwarna kuning cerah lalu berubah menjadi kuning keemasan saat fase tamar. Kulit buah tebal dan berkerut kasar. Daging buah kurma khalas sedikit berserat dengan tekstur lembut dan lengket.[2]

Baca juga  Update Harga Kopi Liberika (Semua Kemasan)

Cita rasa kurma khalas cenderung manis dan mirip seperti karamel dan gulali. Tak heran, jika kurma khalas kerap dikonsumsi sebagai buah sehari-hari oleh masyarakat di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Masyarakat Arab biasanya menikmati kurma khalas saat sarapan bersama kopi pahit atau disuguhkan sebagai camilan.

Kurma khalas yang adalah satu dari 500 jenis kurma yang sering disebut sebagai superfood karena menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai harga kurma khalas di pasaran, Anda juga perlu mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Hal ini penting bagi Anda yang ingin membeli kurma untuk tujuan kesehatan.

Manfaat Kurma Khalas

Kurma khalas (sumber: alibaba)
Kurma khalas (sumber: alibaba)

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah gangguan darah tinggi maupun darah rendah, bisa mengonsumsi kurma khalas. Kurma ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko darah tinggi dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Anda bisa mengonsumsi kurma setelah makan atau sebelum makan untuk tetap menjaga tekanan darah Anda.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kurma khalas memiliki kandungan serat yang cukup untuk menjaga pencernaan Anda agar tetap sehat. Serat pada kurma ini juga baik untuk mengatasi beberapa gangguan pencernaan, seperti sembelit dan sulit BAB. Bagi Anda yang mengalami gangguan tersebut, Anda tidak hanya bisa mengonsumsi kurma secara langsung. Anda bisa membuat smoothie kurma, jus kurma, dan bubur kurma.

Baca juga  Update Harga Papan Kayu (per Lembar dan per M3)

Menambah Zat Besi

Jika Anda sering merasa pusing, lemas, lesu, dan mudah lelah, bisa jadi itu adalah anemia. Anemia tidak hanya disebabkan oleh tekanan darah rendah saja, tetapi juga diakibatkan kekurangan zat besi (Fe). Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah kurma secara teratur. Buah kurma khalas memiliki kandungan zat besi yang cukup dan dapat menambah kadar zat besi dalam tubuh Anda. Mengonsumsi kurma secara teratur tidak hanya dapat mengatasi gejala anemia atau kekurangan Fe saja, tetapi juga dapat mencegah gejala anemia.

Itulah beberapa manfaat kurma khalas untuk kesehatan, dan masih banyak lagi manfaat kurma khalas yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Sebagai persediaan, Anda juga bisa membelinya dalam jumlah besar, mulai dari kemasan 1 kg hingga 1 dus isi 10 kg.

Harga kurma ini di pasaran beragam, tergantung dari merek dan kualitasnya. Bagi Anda yang ingin membeli kurma khalas 1 kg dengan harga terjangkau, Anda bisa membeli kurma dengan kemasan repack. Kurma khalas kiloan tanpa merek seperti ini dibanderol mulai Rp40 ribuan hingga Rp50 ribuan. Jika Anda ingin membeli kurma khalas kiloan dengan kemasan bermerek, berikut kami sampaikan daftarnya.

Daftar Harga Kurma Khalas 1 Kg

Hidangan Kurma Khalas - ajwadstore.com
Hidangan Kurma Khalas – ajwadstore.com
Varian dan Merek Kurma Khalas Harga
Kurma Khalas Date Crown Original 1 kg Rp42.000
Kurma Khalas Golden Fruit 1 kg Rp43.000
Kurma Khalas Golden Emirates 1 kg Rp43.000
Kurma Khalas Barari 1 kilo Rp44.555
Kurma Khalas Prince 1kg Rp45.000
Kurma Khalas Date Crown Vacuum 1 kg Rp50.000
Kurma Khalas Tuneese (Tunisia) tangkai 1 kg Rp68.000

Daftar Harga Kurma Khalas 10 Kg

Aneka jenis kurma (sumber: gurfati.com)
Aneka jenis kurma (sumber: gurfati.com)
Varian dan Merek Kurma Khalas Harga
Kurma Khalas Saudi 10 kg Rp250.000
Kurma Khalas Madu Alhadi 10 kg Rp250.000
Kurma Khalas Naghel Sayer Dabbas 10 kg Rp250.000
Kurma Khalas Barari 10 Kg UAE Rp262.000
Kurma Khalas Saad 10kg Rp275.000
Kurma Khalas Amira 10 kg Rp295.000
Kurma Hikmah (Date Crown) Khalas 1 karton isi 10 kg Rp420.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Kopi Bali Asli Berbagai Merek dan Kemasan

Jika dibandingkan penawaran 2019, kurma khalas mengalami perubahan harga pada 2020 dan 2021. Mulai dari kurma khalas merk Prince yang awalnya dijual dengan harga Rp50.150, naik menjadi Rp55 ribu per kilo, kemudian turun jadi Rp45 ribu pada 2022. Sama halnya dengan produk lain dari Golden Fruit yang sebelumnya sempat naik sebesar Rp11.400. Sedangkan kurma khalas Barari juga terbilang mengalami kenaikan yang signifikan dari Rp75 ribu menjadi Rp100 ribu per pada 2020 dan 2021. Namun, turun drastis jadi Rp44 ribuan pada 2022.

Perlu diketahui, harga kurma khalas 1 kg dan 10 kg di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, ini tergantung dari produsen kurma khalas dan toko yang Anda kunjungi. Anda dapat membeli produk kurma khalas di sejumlah toko kurma terdekat maupun membelinya secara online di marketplace terpercaya. Namun, sebelum membeli Anda perlu memeriksa ulasan dari produk tersebut untuk mendapatkan mutu terbaik.

[Update: Dian]

[1] Base, NH dkk. 2021. Pembuatan Sediaan Masker Wajah Peel-Off Pati Biji Kurma Khalas (Phoenix dactylifera L). Jurnal Kesehatan Yamasi Makassar. 5(2): 141-147.

[2]Rosy, dkk. 2015. Kurma dari Gurun ke Tropis. Jakarta: Trubus Swadaya, hlm 49.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.