Update Harga Kue Tampah (Mini, Sedang, Besar)

Bagi Anda yang suka jajanan tradisional, pasti sudah tidak asing lagi dengan kue tampah. Seperti namanya, kue tampah adalah kue yang disajikan di atas tampah dengan beragam sajian kue kecil. Di pasaran sendiri, banyak pedagang maupun usaha kuliner yang menerima pesanan (catering) kue tampah ini dengan harga bervariasi, tergantung jumlah kue dan variasi kue.

Kue, tampah, harga, nampan, varian, jenis, rasa, manis, ukuran, mini, sedang, catering, pedagang, usaha, kuliner, pesanan, sosi, lapis, topping, sumber, bolu
Gerai penjual kue tampah (instagram: @pesantampah)

Dilansir dari Wikipedia, tampah (atau nampan) adalah sebuah alat yang terbuat dari anyaman belahan batang pohon bambu yang dibelah, yang berbentuk bundar seperti piring dengan diameter sekitar 65 cm sampai 80 cm. Alat ini umumnya digunakan untuk menampi beras, yaitu membersihkan beras dari kotoran-kotoran sebelum dicuci dan dimasak, dengan cara diayak secara manual (dengan tangan), kemudian kotoran akan tersisih secara otomatis.

Bacaan Lainnya

Selain untuk menampi beras, tampah juga berguna untuk menaruh sejumlah jajan kue. Nah, jajanan kue yang ditaruh di tempat ini kemudian dikenal sebagai kue tampah. Umumnya, kue yang termasuk ke dalam kue tampah adalah kue rebusan yang rata-rata rasanya didominasi dengan manis. Kumpulan kue ini biasa disajikan untuk acara seperti arisan, tumpengan, syukuran, dan beberapa untuk acara pernikahan.

Pada umumnya, jenis kue yang disajikan di atas tampah, baik ukuran mini maupun besar, adalah kue-kue basah tradisional dengan cita rasa dominan manis. Berikut beberapa macam kue yang sering disajikan sebagai varian kue tampah, seperti yang telah kami kutip dari berbagai sumber.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ikan Dori di Pasaran

Aneka Kue Tampah

  • Putu ayu. Ini adalah salah satu jenis kue basah yang dibuat dari campuran santan kelapa dan tepung terigu. Aroma kue putu ayu umumnya sangat harus, yang diperoleh dari pandan dan vanili. Kue putu ayu sendiri dibuat dengan cara dikukus dalam api ukuran sedang.
  • Pukis. Ini termasuk salah satu jenis kue yang banyak ditemukan di pasar tradisional. Kue ini memiliki tekstur yang lembut. Pukis ini bisa dibuat dengan beragam topping. Adapun aneka topping yang umumnya melengkapi kue pukis ialah keju, meises, coklat, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Gemblong. Kue ini terbuat dari bahan tepung ketan dan santan kelapa. Kue gemblong memiliki bentuk agak lonjong dengan aroma khas daun pandan. Gemblong ini sangat cocok mengisi tampah mini untuk melengkapi sajian kuliner berbagai acara.
  • Lumpur kentang. Jenis kue lainnya yang juga sering digunakan untuk menyusun kue tampah mini ialah lumpur kentang. Meski namanya lumpur, jenis kue ini sangat enak dikonsumsi. Dengan bahan utama kentang, kue lumpur kentang berbentuk bundar ini tidak akan ditolak oleh para tamu undangan.
  • Apem nasi. Sesuai namanya, kue apem nasi memang terbuat dari nasi. Nasi dipadukan dengan tepung terigu, tepung beras, dan pewarna makanan. Kue apem nasi ini dibuat dengan cara dikukus hingga matang kurang lebih selama 20 menit.
  • Kue lapis. Kue ini juga sering hadir melengkapi susunan kue tampah mini. Rasanya yang legit membuat para tamu undangan tidak bisa menolak untuk mencicipinya. Selain memiliki rasa yang enak, kue lapis ini juga sangat unik dengan beragam warna menarik, yang disusun dengan cantik.
  • Wajik kletik. Ada juga wajik kletik yang bisa Anda pilih untuk melengkapi susunan kue tampah mini. Daun pandan juga digunakan untuk memperkuat aroma kue wajik kletik ini. Wajik kletik sendiri terbuat dari bahan beras ketan yang dikombinasikan dengan santan kental.
  • Putu mayang. Tidak hanya putu ayu, di dalam tampah biasanya juga dilengkapi dengan kue jenis putu mayang. Rasa kue putu mayang sendiri sangat manis, dengan tambahan saus gula yang legit. Salah satu isian kue tampah ini sangat sayang untuk dilewatkan.
Baca juga  Harga Pejoy di Alfamart, Indomaret, & Situs E-Commerce

Penyajian kue tampah biasanya disusun mulai dari bagian tengah tampah yang diisi dengan satu jenis kue. Kemudian, dilanjutkan dengan memutar mengelilingi tampah dengan jenis kue yang lainnya, atau bisa diselang-seling sesuka hati. Terpenting, penampilan kue tampah terlihat cantik dan menarik, sehingga menggoda siapa saja untuk mencicipinya. Sementara, untuk menghias tampah, langkah-langkahnya sebagai berikut.

Kue, tampah, harga, nampan, varian, jenis, rasa, manis, ukuran, mini, sedang, catering, pedagang, usaha, kuliner, pesanan, sosi, lapis, topping, sumber, bolu
Kemasan kue tampah dengan berbagai varian isi (instagram: @pesantampah)

Cara Menghias Kue Tampah

  • Siapkan tampah ukuran mini atau sedang, lalu alasi dengan daun pisang dengan posisi daun yang saling menindih. Rekatkan dengan staples di beberapa titik agar tidak daun tidak berhamburan, setelah itu gunting mengikuti bentuk tampah.
  • Untuk membuat hiasan di pinggiran tampah yang berbentuk segitiga, robek daun ukuran lebar kurang lebih 7 cm lalu lipat menjadi dua. Sisi yang dilipat (posisi atas) dilipat membentuk segitiga, lalu staples.
  • Staples hiasan daun segitiga ke sekeliling tampah dengan posisi saling merapat satu sama lain. Bisa juga diberi variasi setiap dua hiasan di antaranya diberi satu hiasan lagi. Lakukan sampai sekeliling tampah terisi.
Baca juga  Info Terbaru Harga Kaca Es (3mm dan 5 mm)

Harga Kue Tampah

Nama Toko/Catering Harga Kue Tampah Keterangan
Kue Ananta Sidoarjo (Rumah BUMN) Rp45.000 Isi 20 kue mini
Rp55.000 Isi 25 kue mini
Rp90.000 Isi 40 kue mini
PESAN TAMPAH Rp110.000 Isi 25 kue mini
Tumpeng Bandung Rp125.000 Isi 50 kue (5 macam)
Rp175.000 Isi 100 kue (6 macam)
Rp250.000 Isi 150 kue (8 macam)
Rp325.000 Isi 200 kue (10 macam)
JESSLYN CAKES & CATERING Rp150.000 Isi 50 kue (5 macam)
PRIMA CATERING (Depok) Rp150.000 Isi 40 kue
Rp250.000 Isi 80 kue
Rp350.000 Isi 120 kue
IKI KOUE Rp325.000 Isi 60 kue (standar kue antara lain pastel, lemper, getuk pelangi, bolu ubi, kue ku, risoles)
DAPUR SOLO Rp330.000  Isi 30 kue standar antara lain lemper, risoles, pastel, getuk pelangi, lapis Surabaya, rol coklat

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kue tampah di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, catering IKI KOUE yang awalnya menawarkan paket kue tampah seharga Rp300 ribu, kini menjadi Rp325 ribu isi 60 kue. Begitu pula dengan harga paket kue tampah PESAN TAMPAH yang naik dari Rp100 ribu menjadi Rp110 ribu isi 25 kue.

Pesanan Kue Tampah Besar - eorder-bppbj.jakarta.go.id
Pesanan Kue Tampah Besar – eorder-bppbj.jakarta.go.id

Apabila Anda berniat menghias sendiri kue tampah, Anda bisa membeli varian kue basah secara terpisah. Di pasaran, harga kue basah ini, seperti bika Ambon, cente manis, getuk, pastel, bolu pelangi, bolu kukus, lemper kecil, sosis Solo, puding, risoles sayur, kue lapis, putri ayu, bolu pandan, hingga nagasari berkisar Rp1.500 hingga Rp2.500 per buah.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.