Info Terbaru Kisaran Harga Buah Tin per Kg di Pasaran

Buah tin kaya akan kandungan kalsium dan antioksidan serta serat dalam jumlah yang besar. Banyaknya kandungan tersebut, membuat buah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Di pasaran, Anda bisa membeli buah tin yang dijual dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah per kg.

Harga Buah Tin - boldoutline.in

Harga Buah Tin - boldoutline.in

Buah ini berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara seperti di Pakistan, India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Tiongkok Selatan, dan Barat Daya (Yunnan), Burma, Vietnam, , Malaysia, Indonesia hingga Australia. Salah satu manfaat dari buah tin adalah cocok untuk orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet dan memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Tingginya harga jual buah tin, salah satunya adalah dikarenakan belum banyak petani Indonesia yang membudidayakan bibit buah ini. Secara nasional, harga buah yang dikenal dengan sebutan ara ini bervariasi karena beberapa faktor yang memengaruhi, yakni jenis varietas buah yang dijual serta ketersediaannya di pasar.

Meski sudah dipublikasikan sebagai salah satu komoditas budidaya pertanian unggul, namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh buah tin, baik dari segi manfaat ekonomis maupun manfaat bagi kesehatan. Padahal, pohon ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan khusus dan produksi buah akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia pohon. 

Tanaman ini cukup ditanam dalam pot yang sudah diberi pupuk dan disiram air secara rutin. Namun, jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, bisa diasupi dengan pupuk tambahan seperti KNO3 setiap satu sekali.

Karena budidaya pohon tin masih jarang ditemukan, untuk memenuhi kebutuhan dan animo masyarakat terhadap buah tersebut, membuat Indonesia saat ini masih melakukan impor dari luar negeri, terutama dari Turki. Hal inilah yang membuat harga buah ara sering mengalami kenaikan di Nusantara.

Ilustrasi: Buah Tin Kering (credit: producebusiness)

Ilustrasi: Buah Tin Kering (credit: producebusiness)

Harga Buah Tin

Jenis Buah TinHarga per Kg
Buah Tin Purple JordanRp130.000
Buah Tin Brown TurkeyRp170.000
Buah Tin KeringRp184.000

Harga buah tin di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pada tahun 2018 lalu, harga buah tin masih berada pada kisaran Rp50 ribuan per kg. Sementara itu, tahun 2019, harganya melonjak drastis hingga Rp200 ribuan per kg.

Kemudian, berdasarkan data tahun 2020, buah tin cukup sulit ditemukan atau sedang tidak musimnya di negara asal, sehingga harganya bisa naik mulai 20% hingga 30% lebih.

Sementara itu, untuk tahun ini, harga buah tin purple Jordan sedikit turun. Pada tahun lalu, buah ara ini dijual dengan harga Rp200 ribuan per kg dan sekarang menjadi Rp130 ribu per kg.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Terkini Harga Getah Damar
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Harga Buah Tin per Kg di Pasaran"