Info Terbaru Harga Buah Tin per Kg

Buah tin merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalsium dan antioksidan serta serat dalam jumlah yang besar. Banyaknya kandungan tersebut, membuat buah ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Di pasaran, Anda bisa membeli buah tin yang dijual dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah per kg.

Harga Buah Tin - boldoutline.in
Harga Buah Tin – boldoutline.in

Dikutip dari  berbagai sumber, buah ini berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara seperti di Pakistan, India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Tiongkok Selatan, dan Barat Daya (Yunnan), Burma, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia hingga Australia. Salah satu manfaat dari buah tin adalah cocok untuk orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet dan memperlancar sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Selain bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat baik dari buah tin, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Bahkan, beberapa klinik skincare pun banyak yang memanfaatkan ekstrak buah tin dalam sejumlah kecantikan mereka.

Sayangnya, meski sudah dipublikasikan sebagai salah satu komoditas pertanian unggul, tetapi masih banyak masyarakat yang belum sadar akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh buah tin, baik dari segi manfaat ekonomis maupun manfaat bagi kesehatan. Padahal, pohon ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan khusus dan produksi buah akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya pohon.

Tanaman ini cukup ditanam dalam pot yang sudah diberi pupuk dan disiram air secara rutin. Namun, jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, bisa diasupi dengan pupuk tambahan seperti KNO3 setiap satu bulan sekali. Di Indonesia sendiri, buah tin paling banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat yang merupakan salah satu sentra penanaman buah terbesar di Indonesia.

Karena budidaya pohon tin masih jarang ditemukan, untuk memenuhi kebutuhan dan animo masyarakat terhadap buah tersebut, membuat Indonesia saat ini masih melakukan impor dari luar negeri, terutama dari negara . Hal inilah yang membuat harga buah yang juga kerap disebut ara ini di Nusantara cenderung sering mengalami kenaikan.

Secara nasional, harga buah yang dikenal dengan sebutan ara ini bervariasi karena beberapa faktor yang memengaruhi, yakni jenis buah yang dijual serta ketersediaannya di . Selain itu, asal negara pengekspor juga memengaruhi kisaran harga buah tin yang dijual di Tanah Air. Berikut informasi terbaru harga buah tin di pasaran dalam negeri.

Buah Tin Siap Santap - (gdmagri.com)
Buah Tin Siap Santap – (gdmagri.com)

Harga Buah Tin

Jenis Buah Tin Harga
Buah Tin Lokal Rp110.000 per kg
Buah Tin Kering Rp140.000 per kg
Buah Tin Brown Turkey Kering Rp185.000 per kg
Buah Tin Purple Jordan Segar Rp190.000 per kg
Buah Tin Green Ara Kering Rp225.000 per kg

Harga buah tin di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs beli online. Perlu Anda catat bahwa harga buah tin tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu buah tin kering ditawarkan dengan harga mulai Rp184 ribu per kg, sedangkan harga buah tin Brown Turkey kering berkisar Rp105 ribu per kg.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *