Info Karakteristik & Update Harga Kucing Serval di Indonesia

Ras kucing yang banyak dipelihara rupanya semakin beragam. Tak terbatas pada ras persia saja, kini juga ada kucing ras termahal yang dipelihara karena corak bulunya yang eksotis. Salah satunya seperti kucing serval. Tak tanggung-tanggung, harga kucing serval di Indonesia bisa mencapai ratusan juta atau bahkan miliaran rupiah.

Kucing serval (sumber: kron4.com)
Kucing serval (sumber: kron4.com)

Serval (Leptailurus serval), juga dikenal sebagai Tierboskat, adalah kucing liar yang ada di Afrika. Studi DNA telah menunjukkan bahwa serval berkaitan erat dengan kucing emas Afrika dan karakal. Serval kucing liar asal Afrika berukuran sedang, bercorak mirip citah, terutama di bagian wajah. Tubuhnya langsing, berotot, mempunyai kaki jenjang, punggung depan lebih rendah daripada belakang, dan berekor lebih pendek daripada panjang tubuh.[1]

Bacaan Lainnya

Karakteristik Kucing Serval

Serval memiliki panjang kaki sekitar 59-92 cm. Berat serval sekitar 9-18 kg, sedangkan serval betina memiliki bobot lebih ringan, antara 7-12 kilogram. Serval mempunyai kaki yang panjang dibanding spesies kucing pada umumnya, karena adanya tulang metatarsus yang memanjang di kakinya. Bagian serval umumnya berwarna kilap kuning keemasan dan ada bintik atau garis berwarna hitam. Telinga serval bisa bergerak 180 derajat secara terpisah. Kemampuan melihat, mencium, dan mendengar serval pun cukup baik.

Baca juga  Update Harga Chameleon (Baby, Indukan, Sepasang)

utama serval adalah di kawasan savana, walaupun beberapa spesies mungkin ditemukan di daerah pegunungan pada ketinggian hingga 3.000 meter. Serval memerlukan aliran air di wilayahnya, sehingga mereka tak tinggal di daerah semi gurun atau stepa kering. Hewan liar ini pun dapat memanjat dan berenang, meski mereka jarang melakukannya.

Sebagai hewan nokturnal, serval lebih aktif di malam hari. Mereka berburu menangkap tikus, serta memangsa burung, kelinci, hyrax, reptil, serangga, ikan, dan katak. Terkadang kucing sangar ini berburu hewan yang berukuran lebih besar dari dirinya, seperti rusa, gazel, hingga springbok. Serval sanggup melompat hingga 3,6 secara horizontal, kemudian mendarat tepat pada sasaran dengan kekuatan yang cukup untuk menghentikan atau membunuh mangsanya.

Setiap malam, serval mampu melakukan perjalanan sejauh 3-4 km (kilometer) untuk mencari makan. Apabila sedang dalam bahaya, kucing satu ini akan menyerang dengan kaki depannya yang panjang serta membuat menggonggong tajam dan keras menggeram.

Baca juga  Ciri Fisik dan Update Harga Ikan Gabus Hias

Untuk urusan reproduksi, serval dapat melahirkan anak beberapa ekor sepanjang tahun. Namun, biasanya hanya melakukannya apabila anak sebelumnya mati setelah lahir. Proses kehamilan serval berlangsung antara 66-77 hari dan biasanya menghasilkan kelahiran 2 kitten serval.

Kucing Serval (sumber: Pinterest)
Kucing Serval (sumber: Pinterest)

Bayi serval lahir dengan berat sekitar 250 gram dan tidak bisa melihat sama sekali. Mereka baru bisa melihat di usia 9 sampai 13 hari, kemudian mulai mengonsumsi makanan padat setelah usianya 1 bulan. Pada sekitar 6 bulan, serval mulai memiliki gigi permanen dan berburu untuk diri mereka sendiri. Mereka akan meninggalkan ibunya di usia 12 bulan. Serval mencapai kematangan seksual antara 12 sampai 12 bulan. Binatang eksotis ini memiliki harapan hidup sekitar 10 tahun di alam liar atau mencapai 20 tahun jika tinggal di penangkaran.

Serval mulai populer dipelihara pada tahun 1980-an. Beberapa breeder juga menyilangkan savannah dengan jenis kucing ras lain seperti kucing siam, kemudian menghasilkan jenis hibrida seperti savannah yang kini tak kalah populer. Kucing serval yang sudah tumbuh dewasa akan memiliki tubuh yang memanjang dan meninggi. Sepintas benar-benar terlihat seperti cheetah atau macan tutul.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lem Tikus Fox dan Cap Gajah (Kemasan Tube dan Papan)

Jika menilik karakteristik tubuhnya, untuk memelihara kucing serval agaknya membutuhkan tempat yang luas supaya dia bisa bebas beraktivitas. Berikut informasi harga kucing serval di Indonesia.

Harga Kucing Serval

Menurut penelusuran di salah satu marketplace tahun 2021 hingga 2022, harga kucing serval dibanderol Rp135 jutaan per ekor. Umumnya, di Indonesia binatang liar nan eksotis ini dipasarkan di atas angka Rp100 jutaan di tahun. Luar biasa bukan?

Tak hanya itu, di tahun 2022, sepasang kucing serval dibanderol Rp375 juta. Sayangnya, memang belum banyak yang memasarkan kucing serval di Tanah Air. Jika berminat untuk memilikinya, pastikan untuk membeli kucing serval yang asli dan bersertifikat.

[Update: Almas]

[1] Pujiastuti, E. 2017. Kucing Keren Zaman Now. Rosy NA, editor. Depok: Trubus Swadaya, hlm 39.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *