Harga Kertas Samson per Lembar dan 1 Rim Terbaru

Bagi Anda yang bergelut di dunia percetakan pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas samson. Ini adalah jenis kertas berwarna dominan cokelat dan sering digunakan untuk bahan paper bag atau amplop . Di pasaran dalam negeri, kertas samson biasanya dijual per lembar atau per rim dengan harga yang relatif terjangkau.

Kertas samson (sumber: shopee.co.id)
Kertas samson (sumber: shopee.co.id)

Dilansir dari Wikipedia, kertas dikatakan sebagai bahan yang tipis, yang dihasilkan dari kompresi serat yang berasal dari pulp. Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis, dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan, ataupun keperluan toilet.

Bacaan Lainnya

Kertas sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang. Peradaban Mesir Kuno menggunakan papirus sebagai media tulis-menulis. Penggunaan papirus sebagai media tulis-menulis ini digunakan pada peradaban Mesir Kuno pada masa bangsa Firaun, kemudian menyebar ke seluruh Timur Tengah sampai Romawi di Laut Tengah dan menyebar ke seantero Eropa, meskipun penggunaan papirus masih dirasakan sangat mahal. Dari kata papirus (papirus) itulah dikenal sebagai paper dalam bahasa Inggris, papier dalam bahasa Belanda, bahasa Jerman, atau papel dalam bahasa Spanyol yang berarti kertas.

Tercatat dalam sejarah adalah peradaban China yang menyumbangkan kertas bagi dunia. Adalah Tsai Lun yang menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu, meskipun pada awalnya pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ke tangan orang-orang Arab pada zaman Abbasiyah, terutama setelah kekalahan pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Talas pada tahun 751 Masehi. Kala itu, para tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab. Pada zaman Abbasiyah lantas muncul pusat-pusat industri kertas, baik di Baghdad maupun Samarkand dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India, lalu Eropa, khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.

Sementara itu, di dalam negeri, kertas yang pertama telah dibuat di Ponorogo sejak abad ke-7, yang terbuat dari kulit kayu pohon setempat. Kertas yang telah dibuat Ponorogo ini dipergunakan sebagai media menulis para biksu yang belajar agama Buddha di Kerajaan Sriwijaya karena cocok pada daerah tropis. Sayangnya, meski sudah dapat membuat kertas, Ponorogo tidak menuliskan peristiwa pada kertas, melainkan pada sebuah lempengan tembaga pada temuan abad ke-9 di Desa Taji tentang peristiwa keagamaan Buddha.

Selain sebagai media untuk menulis para biksu, kertas buatan Ponorogo juga digunakan sebagai media melukis wayang beber, yang menjadi cikal bakal dari wayang kulit. Ketika Islam masuk ke Indonesia, kertas buatan Ponorogo ini dipergunakan sebagai menulis kitab suci Al Quran di Pesantren Tegalsari yang diasuh oleh KH Khasan Besari.

Kertas samson (sumber: shopee)
Kertas samson (sumber: shopee)

Jenis Kertas

  • HVS, memiliki tekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 GSM, 70 GSM, 80 GSM, dan 100 GSM. Kertas ini termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk media buku.
  • Book paper, bertekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan, dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 GSM, 70 GSM, dan 90 GSM. Kertas ini sering digunakan sebagai buku teks karena kurang memiliki ketajaman menghasilkan gambar.
  • Art paper, adalah kertas yang tidak begitu cocok dijadikan media menulis karena memiliki permukaan yang cenderung licin. Karena itu, art paper kerap digunakan untuk cetakan yang sifatnya promosional dan berukuran kecil, seperti kartu undangan atau kartu nama.
  • Art carton, adalah kertas yang memiliki sifat mirip art paper, namun bahan dasarnya terbuat dari karton. Selain itu, art carton memiliki gramasi yang lebih berat sehingga lebih tebal dibandingkan art paper. Gramasi yang populer adalah 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, dan 400 gr.
  • Fancy paper, ini adalah jenis kertas yang sangat cocok untuk membuat kartu undangan karena memiliki tekstur yang unik sehingga dapat memberikan kesan premium.
  • Corrugated, adalah kertas yang sekilas mirip kardus, tetapi lebih tipis, dengan lapisan kertas bergelombang di dalamnya. Corrugated cukup tebal sehingga bisa digunakan untuk kemasan produk atau kartu undangan eksklusif untuk berbagai acara formal.
  • Ivory, adalah kertas yang memiliki sifat mirip dengan art carton dan art paper. Namun, warna kertas ivory lebih buram dan hanya satu sisi yang permukaannya licin. Jenis kertas ini sangat cocok untuk , buku agenda, dan kemasan produk seperti paper tray dan box kebab.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apa Itu Kertas Samson?

Selain jenis-jenis di atas, ada satu lagi jenis kertas yang sering digunakan untuk percetakan, yaitu kertas samson. Ini adalah kertas hasil daur ulang dan lebih sering digunakan untuk bahan paper bag atau amplop surat. Jenis kertas ini sendiri cukup mudah ditemui karena banyak dijual secara gulungan di toko alat tulis dan fotokopi.

Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang ini memiliki warna coklat dan biasa digunakan untuk membuat paper bag dan sebagai bungkus. Ketebalan yang sering digunakan adalah 70 GSM dan 80 GSM atau sedang sehingga tidak tembus jika ditulisi dengan pulpen atau spidol. Selain warna cokelat, kertas ini juga punya ciri khas berupa tekstur yang kasar.

Harga Kertas Samson per Lembar - (bebeli.bekasikab.go.id)
Harga Kertas Samson per Lembar – (bebeli.bekasikab.go.id)

Harga Kertas Samson

Ukuran Kertas Samson Harga
Kertas Samson A4 80 gr Rp135 per lembar 
Kertas Samson A4 200 gr Rp250 per lembar
Kertas Samson A4 280 gr Rp325 per lembar
Kertas Samson A3 150 GSM Rp500 per lembar
Kertas Samson A5 200 gr Rp9.200 (100 lembar)
Kertas Samson A4 200 gr Rp22.999 (100 lembar)
Kertas Samson A3 200 gr Rp27.500 (50 lembar)
Kertas Samson A4 80 GSM Rp59.950 per rim
Kertas Samson F4 75 gr 500 lembar Rp131.670 (500 lembar)
Kertas Samson A3 Plus 75 gr Rp149.750 (250 lembar)
Kertas Samson A3 Plus 75 gr Rp181.300 (500 lembar)
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga kertas samson tersebut kami rangkum dari beragam sumber, termasuk toko kertas dan situs jual beli . Perlu Anda catat bahwa harganya tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu keras Samson A3 Plus 75 gr dijual dengan harga Rp125 ribuan untuk yang berisi 250 lembar, sedangkan harga kertas samson A4 80 GSM berkisar Rp78 ribu per rim, Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang berkunjung ke toko kertas terdekat di kota Anda.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *