Update Harga Kecap Asin Sachet (Eceran dan Pack)

Kecap asin termasuk bumbu dapur yang penting untuk menambah cita rasa gurih dan sedap pada berbagai masakan. Anda bisa menambahkan kecap asin untuk memasak nasi goreng, mie goreng, memarinasi daging, atau bahkan untuk kuah aneka sup maupun tumisan. Kecap asin biasanya dijual dalam botol kecil dari bahan plastik, botol kaca, juga dijual dalam kemasan sachet dengan harga lebih ekonomis.

Ilustrasi: kecap asin (sumber: liputan6)
Ilustrasi: kecap asin (sumber: liputan6)

Merupakan salah satu produk tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat sebagai penyedap cita rasa makanan. pembuatan kecap berasal dari negara China berabad-abad silam, kemudian diperkenalkan ke Jepang dan negara Asia lainnya. Produk kecap ini dikenal dengan nama Chiang-Yu di China, Shoyu di Jepang, Kanjang di Korea, Toyo di Filipina, dan See-Tew di Thailand.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia, kecap dikenal sebagai penyedap makanan karena dapat memberikan rasa dan yang khas pada makanan atau masakan. Secara umum, kecap merupakan produk olahan atau awetan kedelai dengan tekstur cair (asin) dan kental (manis), berwarna cokelat kehitaman, dan digunakan sebagai penyedap masakan.[1]

Kecap umumnya memiliki rasa yang manis atau asin. Akan tetapi, dengan tambahan bahan tertentu, kecap dapat menjadi lebih lezat atau tepatnya lebih bercita rasa umami. Proses pembuatan kecap asin sama dengan kecap manis, hanya saja ditambahkan garam lebih banyak dan gula lebih sedikit sehingga asin dan encer, serta warnanya lebih terang. Kecap asin dapat berfungsi sebagai pengganti garam ataupun penambah rasa asin pada masakan. Agar aroma kecap asin dalam makanan tetap , kecap asin ditambahkan sesaat sebelum masakan diangkat.[2]

Kecap asin merupakan hasil fermentasi kacang kedelai. Ada berbagai bentuk kecap asin. Light soy sauce, memiliki cita rasa lebih asin, lebih encer, dan warnanya lebih terang, sangat cocok untuk memasak hidangan yang memerlukan tumisan cepat. Dark soy sauce memiliki warna yang lebih pekat dan lebih kental karena proses fermentasinya lebih lama, cocok untuk hidangan yang proses memasaknya cukup lama.[3] Sebagai informasi, berikut harga kecap asin sachet di pasaran.

Harga Kecap Asin Sachet

Kecap asin sachetan (sumber: shopee)
Kecap asin sachetan (sumber: shopee)
Merk Kecap Asin SachetHarga per Sachet
Kecap asin sachet isi 15 mlRp500
Kecap asin khas Jepang Kikkoman soy sauce shoyu 5 mlRp645
Kikkoman soy sauce shoyu Sushi Sashimi 3 ml sachetRp650
Kecap asin Mikado Palembang sachetRp800
Kecap asin Yamasa Soy Sauce 5 ml sachetRp840
Kecap asin khas Jepang Kikkoman 5 ml x 3 pcsRp3.500
Kecap asin khas Jepang Kikkoman soy sauce shoyu 5 ml 1 pack isi 100 pcsRp64.000
Kikkoman soy sauce shoyu Sushi Sashimi 3 ml 1 pack isi 100 sachetRp64.000

Informasi harga kecap asin sachet di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga kecap asin sachet di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, kecap asin Mikado Palembang yang semula dijual dengan harga mulai Rp750, sekarang menjadi Rp800 per sachet. Begitu pula dengan harga Kikkoman soy sauce shoyu Sushi Sashimi 3 ml 1 pack isi 100 sachet yang naik dari Rp58 ribu menjadi Rp64 ribu.

Sementara itu, beberapa merk kecap asin kemasan botol dapat Anda beli di minimarket terdekat. Di Indomaret misalnya, kecap asin ABC 133 ml sekarang dijual dengan harga mulai Rp4.700 per botol, sedangkan di Alfamart seharga Rp5.400 per botol. Selain itu, harga kecap asin sachet yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi outlet minimarket terdekat.

Jika Anda kesulitan menemukan kecap asin dan sedang dalam kondisi darurat, Anda tak perlu bingung. Umumnya, orang akan menggunakan garam sebagai pengganti kecap asin dalam masakan. Garam setidaknya bisa memberi rasa asin yang hampir sama seperti kecap asin, meski rasanya mungkin tidak akan sesedap saat Anda menambahkan kecap asin ke dalam masakan.

[Update: Ditta]

[1] Widiantara, T., dkk. 2018. Pembuatan Kecap Asin Koro Pedang (Canavalia ensiformis L.) yang Dipengaruhi Perbandingan Tempe Koro Pedang dengan Tempe Ampas Tahu dan Konsentrasi Larutan Garam. Pasundan Food Technology Journal, 5(3): 170-179.

[2] Gardjito, M. 2013. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama, hlm 85.

[3] Tim Ide masak. 2013. Menu Lengkap Cita Rasa Dapur Peranakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 7.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *