Harga Kayu Glugu Gelondongan per Meter

Meski sudah tersedia material lain seperti galvalum, masih banyak masyarakat yang menggunakan kayu sebagai bahan mebel atau keperluan lainnya. Pasalnya, kayu memiliki sejumlah sifat yang tidak dapat ditiru material lain, termasuk mudah diproses untuk dijadikan barang sesuai kemajuan teknologi.[1] Kayu yang dapat digunakan pun cukup beragam, salah satunya kayu glugu. Biasanya dijual secara gelondongan atau bentuk lainnya dengan harga yang relatif terjangkau, kayu ini diklaim punya struktur keras dan serat yang indah.

Kayu glugu (sumber: antiserangga.com)
Kayu glugu (sumber: antiserangga.com)

Ciri Kayu Glugu

Jika Anda belum begitu familiar dengan kayu glugu, ini adalah kayu yang berasal dari kelapa. Seperti diketahui, pohon kelapa, dengan nama ilmiah Cocos nucifera L., adalah salah satu jenis pohon yang tumbuh di daerah tropis,[2] termasuk di Indonesia.  ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan atau daerah tepi pantai.

Bacaan Lainnya

kelapa yang dapat dijadikan bahan kayu glugu adalah pohon kelapa yang sudah berusia minimal 60 tahun, terutama yang tidak produktif. Untuk menjadi kayu glugu, pohon kelapa diolah dengan dua cara, yakni pengolahan secara alami dan pengolahan dengan proses pemadatan atau densifikasi. Pengeringan kayu glugu juga dapat dilakukan dengan dua metode, yakni pengeringan konvensional dengan diangin-anginkan dan pengovenan pada suhu ruang.

Baca juga  Cara Pasang dan Update Harga Grill Box Speaker

Secara fisik, kayu glugu adalah kayu ringan dengan jenis rata-rata 0,74, sehingga kerap dikategorikan sebagai kelas kuat II (berat jenis 0,6 hingga 0,9), walau ada juga yang memasukkan kayu ini ke dalam kelas kuat III.[3][4] Sementara, jika dilihat dari daya tahannya, kayu glugu termasuk kelas awet III, yang cuma dapat berumur 1,5 tahun jika terserang jamur atau rayap.

Warna kayu glugu sangat bervariasi, mulai dari kuning muda hingga cokelat tua kemerahan. Pada umumnya, kayu glugu yang diperoleh dari bagian pangkal kelapa, akan berwarna dan bercorak lebih gelap dibandingkan dengan yang diambil dari bagian ujungnya. Sementara itu, serat kayu glugu searah atau sejajar dengan batang sehingga jika diraba pada bagian radial, akan terasa halus.

Meski mungkin tidak terlalu awet, dan bahkan cuma bertahan hanya 2 tahun 5 bulan, ada banyak cara yang dapat digunakan untuk kayu glugu lebih tahan lama. Cara mengawetkan kayu glugu bisa menyuntikkan potas pada batang kayu glugu (cara yang biasa dilakukan masyarakat Cilacap), menggunakan letrek yang disuntikkan pada batang kelapa, dengan cairan resin, atau dengan menggunakan bahan kimia seperti tanalith, celcure, atau solar.[5]

Baca juga  Kandungan dan Update Harga Kol/Kubis Ungu (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Manfaat Kayu Glugu

Sebagai bahan bangunan, kayu glugu dapat dimanfaatkan sebagai rangka atap karena memiliki keawetan cukup tinggi apabila digunakan untuk konstruksi yang terlindungi. Ukuran yang biasanya digunakan untuk rangka atap, baik untuk reng, usuk, gording, maupun balok bubungan adalah 2 x 3, 4 x 6, 5 x 7, 6 x 12, dan 8 x 12. Jika untuk rangka atap, kayu glugu cukup dikeringkan dan tidak perlu diberi finishing.

Ilustrasi: tebangan kayu glugu (instagram: @taromhermansyah)
Ilustrasi: tebangan kayu glugu (instagram: @taromhermansyah)

Selain itu, kayu glugu juga bisa Anda gunakan sebagai kusen dan pintu atau jendela, tetapi perlu diberikan finishing karena sifatnya yang cenderung labil. Kegunaan lainnya kayu glugu adalah sebagai lantai, baik untuk flooring, decking, maupun parquet, dengan finishing dua atau tiga lapisan top coat supaya lebih tahan terhadap goresan.

Kegunaan kayu glugu tidak berhenti di situ. Material ini pun dapat Anda aplikasikan sebagai penutup dinding karena memiliki motif yang menarik sehingga dapat menambah estetika ruangan. Untuk mereka yang mencari ide tiang atau pilar, bisa pula memakai kayu glugu, yang dapat dibentuk bulat maupun kotak. Kayu glugu pun bisa Anda pakai sebagai bahan membuat gazebo, baik untuk tiang utama, dinding, lantai, maupun rangka atap.

Baca juga  Update Harga Kayu Balsa per Kubik dan Gelondongan

Harga Kayu Glugu Gelondongan

Tipe Kayu Glugu Harga
Kayu Glugu Kelas 1 Serat Kayu Full Rp150.000 per meter
Kayu Glugu Kelas 2 Serat Kayu Tidak Full Rp100.000 per meter
Kayu Glugu Kelas 3 Serat Belum Terlihat Rp50.000 per meter

Harga kayu glugu gelondongan di atas kami rangkum dari salah satu distributor kayu glugu. Perlu Anda ingat bahwa harga kayu glugu tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sementara, ketika ditelusuri di beberapa situs jual beli online, harga yang ditawarkan ternyata tidak jauh berbeda, berkisar Rp150 ribu hingga Rp160 ribuan per meter untuk varian dengan serat kayu full atau kualitas I. Sementara, harga kayu glugu kualitas II berkisar Rp80 ribuan per meter.

[1] Anugraini, Arif Seswi, Rida Safuan Selian, Ramdiana. 2017. Kerajinan Kayu Gerupel dalam Konteks Masyarakat Gayo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Vol. II(1): 13-19.

[2] Kusyanto, M. 2015. Kajian Material Kayu Glugu sebagai Bahan Bangunan. Jurnal Teknik UNISFAT, Vol. 10(2): 33-44.

[3] Ibid.

[4] Indrosaptono, Djoko, Sukawi, M. Sahid Indraswara. 2014. Kayu Kelapa (Glugu) sebagai Alternatif Bahan Konstruksi Bangunan. Modul, Vol. 14(1): 53-58.

[5] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.