Harga Kapulaga dan Beragam Manfaatnya

No comment653 views

Masih banyak orang suka dengan tanaman -rempah sebagai salah satu bahan penyedap makanan. Sebagai bahan penyedap makanan, -rempah tidak hanya digunakan untuk menambah citarasa saja, tetapi juga . Apalagi jika Anda akan memasak masakan khas Timur Tengah, seperti kare, gulai, nasi briyani, dan masih banyak lagi. Nah, dari semua jenis rempah-rempah yang ada, kapulaga memiliki peranan penting di setiap resep masakan khas Timur Tengah. Harga kapulaga di pasaran sendiri variatif, mulai Rp2 ribuan per bungkus.

Kapulaga (sumber: nuisonk.com)

Kapulaga (sumber: nuisonk.com)

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai harga kapulaga di pasaran, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui manfaat dari kapulaga terlebih dahulu. Manfaat kapulaga tidak hanya sebagai komposisi resep hidangan saja, tetapi juga dalam berbagai jenis bidang mulai dari hingga kecantikan. Berikut ini kami sajikan informasi menarik mengenai manfaat kapulaga yang belum banyak diketahui beserta sedikit penjelasannya.

Manfaat Kapulaga

Mengurangi Stres

Salah satu manfaat kapulaga untuk kesehatan, yaitu mengurangi stres. Bagi Anda yang sering stres, bahkan mudah depresi, bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar kapulaga. Hal ini karena kapulaga memiliki sifat terapeutik yang bermanfaat mengurangi ketegangan saraf penyebab stress dan depresi.

Sudah banyak juga beragam minuman serta hidangan dengan bahan kapulaga, sebagai contoh, minuman teh kapulaga. Teh kapulaga terbuat dari biji kapulaga kering dan dicampur dengan teh kering. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menyeduh teh dalam cangkir seperti biasanya. Kapulaga juga memiliki aroma khusus yang biasa disebut dengan jenis aroma terapi. Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi minuman rempah karena rasanya, untuk menghilangkan stres, Anda bisa menghirup aromanya saja.

Baca juga  Info Lengkap Varian dan Manfaat Buah Anggur Merah Beserta Harga di Pasaran

Melancarkan Sistem Pencernaan

Seringkali orang mengalami kendala saat buang air besar, biasanya mereka tidak hanya mengalami sembelit, tetapi juga tidak bisa BAB secara teratur. Bagi Anda yang ingin mengatasi permasalahan seperti ini, bisa mencoba membuat minuman seduhan dari kapulaga. Minuman ini tentunya tidak disaring, karena Anda juga harus mengonsumsi biji kapulaga.

Kapulaga sendiri mengandung serat sebanyak 2 gr, ini adalah kadar serat cukup tinggi untuk setiap bijinya. Serat inilah yang akan membantu sistem pencernaan Anda untuk memproses sari-sari makanan lebih baik. Sehingga, masalah sembelit dan kendala BAB kurang lancar bisa teratasi.

Biji kapulaga (sumber: indolaras.com)

Biji kapulaga (sumber: indolaras.com)

Mengatasi Nyeri

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri saat menstruasi, Anda bisa mencoba membuat jamu khusus untuk meredakan nyeri. Jamu dibuat dengan menumbuk biji kapulaga sebanyak 5 hingga 7 dan menyeduhnya dengan air panas. Minumlah ramuan ini selagi hangat agar efeknya semakin baik. Bagi Anda yang ingin rasanya lebih enak, bisa menambahkan sedikit madu dan jahe.

Baca juga  Info Harga Terbaru Beras Merah di Pasar Tradisional dan Indomaret

Kapulaga sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi dan minyak atsiri yang dapat meredakan nyeri dan membuat rasa nyeri hilang. Anti-inflamasi pada kapulaga sendiri merupakan salah satu jenis zat yang sama dengan pereda nyeri. Minuman kapulaga juga bisa mengatasi rasa nyeri yang tidak diakibatkan oleh menstruasi, seperti nyeri otot, sendi, tulang, gigi, gusi, dan masih banyak lagi.

Mengobati Batuk dan Pilek

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah serbaguna yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan hanya dengan mengonsumsi kapulaga, yaitu pilek dan batuk. Ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki jenis batuk kering atau susah untuk mengeluarkan dahak. Zat minyak atsiri dan berbagai komponen lain pada kapulaga akan membantu mengencerkan dahak, sehingga dahak mudah dikeluarkan.

Kapulaga juga memiliki efek hangat apabila dikonsumsi secara pas, efek hangat tersebut mampu menyembuhkan pilek akibat kedinginan dan membuat pernapasan menjadi lebih lega. Kapulaga juga memiliki zat antiseptic dan anti bacteria, kedua zat ini mampu membantu menyembuhkan batuk dan pilek lebih cepat dengan cara membunuh virus penyebab batuk dan pilek.

Teh kapulaga (sumber: unileverfoodsolutions.co.id)

Teh kapulaga (sumber: unileverfoodsolutions.co.id)

Mencegah Penuaan Dini

Kapulaga juga bermanfaat untuk kecantikan, yaitu membuat Anda selalu tampil awet muda dan mencegah osteoporosis. Kandungan vitamin C serta antioksidan tinggi pada kapulaga dapat membantu regenerasi sel kulit lebih cepat dan baik. Bagi Anda yang ingin selalu tampil awet muda, bisa mengonsumsi makanan atau minuman dengan bahan dasar kapulaga.

Baca juga  Keunggulan dan Daftar Harga Gulaku Sachet

Kapulaga juga memiliki kandungan vitamin D  cukup tinggi, vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat kapulaga, yang tidak hanya berguna sebagai bahan pendukung masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tentu manfaat di atas bisa Anda dapatkan jika Anda mengonsumsi kapulaga secara teratur. Untuk itu Anda bisa mencoba membeli kapulaga di pasaran.

Harga Kapulaga di Pasaran

Kapulaga tidak hanya bisa Anda jumpai di pasar atau toko jamu saja, ada banyak toko kelontong hingga minimarket yang sudah menjual kapulaga. Sebagai salah satu produk rempah yang laris di pasaran, harga kapulaga per bungkus dijual mulai Rp2 ribuan isi 5 hingga 10 biji. Untuk jenis kapulaga putih, harganya mulai Rp22 ribu, sedangkan kapulaga India harganya mulai Rp35 ribu. Jika Anda ingin membeli kapulaga dalam jumlah banyak, untuk harga per kilonya, bisa mencapai Rp200 ribuan.

Kapulaga tidak hanya dijual dalam bentuk bijian, tetapi juga dijual dalam bentuk bubuk sebagai salah satu inovasi untuk mempermudah kebutuhan dapur sehari-hari. Harga kapulaga bubuk ini dibanderol mulai Rp50 ribuan dengan berat 250 gr.

loading...
author

Leave a reply "Harga Kapulaga dan Beragam Manfaatnya"