Manfaat dan Update Harga Kapulaga India per Kg

Kapulaga adalah salah satu tanaman obat untuk mengatasi gejala sesak napas, influenza, radang lambung, dan rematik.[1] Nah, kapulaga sendiri memiliki banyak jenis. Selain kapulaga jawa yang juga kerap dijadikan bumbu dapur, ada juga kapulaga india yang umumnya dijadikan sebagai ramuan obat. Anda bisa membeli kapulaga india di pasar atau situs jual beli online dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per kg.

Kapulaga india/kapulaga hijau (sumber: grid)
Kapulaga india/kapulaga hijau (sumber: grid)

Perbedaan Kapulaga Jawa dan India

Mungkin, bagi Anda yang kurang bersahabat dengan bumbu dapur dan rempah-rempah, akan kebingungan membedakan kapulaga india dan jawa. Padahal, jika diperhatikan secara detail, sangat mudah membedakan keduanya karena Anda hanya perlu melihat perbedaan warnanya.

Bacaan Lainnya

Juga dikenal dengan nama kapulaga putih, kapulaga jawa memiliki bentuk cenderung bulat dengan diameter sekitar 1 cm. Bijinya berwarna hitam dengan kulit ari berwarna putih kecokelatan. Tanaman kapulaga jawa ini dapat dipanen ketika usianya sudah mencapai 1,5 tahun.

Sementara itu, kapulaga india atau kapulaga hijau berbentuk pipih dan sekilas mirip dengan beras. Warna kulit arinya hijau dengan biji berwarna kecokelatan. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan kapulaga jawa, kapulaga hijau memiliki aroma lebih tajam dan harum. Selain itu, rasanya juga lebih pedas dan pahit dibandingkan kapulaga putih. Sayangnya, tanaman kapulaga hijau baru bisa dipanen ketika usianya 2 tahun.

Selain kerap dijadikan sebagai bumbu untuk memasak hidangan khas Timur Tengah, seperti nasi mandhi dan kare, kapulaga india memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kapulaga hijau atau kapulaga india.

Kapulaga india/kapulaga hijau (sumber: diadona)
Kapulaga india/kapulaga hijau (sumber: diadona)

Manfaat Kapulaga India

  • Menjaga kesehatan paru-paru. Kapulaga diklaim memiliki minyak atsiri yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru.
  • Obat asma dan bronkitis. Ekstrak kapulaga yang dijadikan minyak berfungsi sebagai essential oil yang konon juga bisa menjadi obat tradisional untuk mengatasi gejala asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.
  • Meredakan gigi. Nyeri akibat gigi berlubang sangatlah mengganggu. Selain bisa menggunakan obat antiinflamasi kimia, kapulaga diklaim bisa melawan bakteri di gigi sekaligus meredakan nyerinya.
  • Meredakan sariawan dan radang tenggorokan. Sifat antiinflamasi kapulaga juga dikenal ampuh untuk meredakan nyeri akibat sariawan dan radang tenggorokan.
  • Melancarkan pencernaan. Kapulaga diketahui sebagai rempah dengan kandungan serat yang tinggi dan ini membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari sembelit.
  • Membantu membersihkan . Seperti rempah pada umumnya, kapulaga diklaim bersifat diuretik yang membantu membersihkan ginjal dari endapan kotoran dengan cara melancarkan urine.
  • Mencegah infeksi saluran kemih. Kapulaga juga dikatakan dapat mencegah penyakit infeksi saluran kemih (sistitis) sekaligus peradangan pada ginjal (nefritis).
  • Meredakan influenza. Gejala influenza seperti batuk, pilek, dan demam juga dikatakan bisa diobati dengan kapulaga yang sudah ditumbuk dan dicampur ke dalam minuman teh.
  • Menurunkan tekanan darah. Dikenal mengandung senyawa antioksidan tinggi, kapulaga india mampu menjadi obat hipertensi alami. Anda bisa mengonsumsinya untuk mencegah dan mengatasi gejala tekanan darah tinggi.
  • Mencegah bau mulut. Masalah kesehatan yang paling umum adalah bau mulut dan ini konon bisa diatasi dengan cara minum teh kapulaga india. Aroma wangi yang tajam dan sifat antibakteri kapulaga india diklaim ampuh untuk mengatasi bau mulut.
  • Melawan sel kanker. Kapulaga india diduga dapat mengaktifkan enzim dan sel imun yang berperan melawan kanker.

Selain itu, kapulaga india diklaim bisa membantu menurunkan berat badan, mengatasi gejala sinusitis, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengontrol kadar gula darah. Untuk mendapatkan semua manfaat kapulaga india di atas, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dicampurkan ke dalam masakan atau minuman.

Tidak sulit menemukan kapulaga india karena Anda dapat membelinya di pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan situs jual beli online. Sebagai referensi harga kapulaga india, Anda bisa melihat tabel berikut.

Kapulaga India (sumber: arabstuffs.com)
Kapulaga India (sumber: arabstuffs.com)

Harga Kapulaga India

Kemasan Kapulaga India Harga
Kapulaga India 10 gr Rp8.000
Kapulaga India 100 gr Rp65.000
Kapulaga India 250 gr Rp120.000
Kapulaga India 500 gr Rp280.000
Kapulaga India 1 kg Rp550.000
Kapulaga India 5 kg Rp3.740.000

Harga kapulaga india di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga kapulaga india tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kapulaga india di pasaran saat ini cenderung naik. Sebagai contoh, kapulaga india 1 kg yang semula dijual dengan harga Rp520 ribu, sekarang menjadi Rp550 ribu. Begitu pula harga kapulaga india 250 gr yang naik dari Rp114.500 menjadi Rp120 ribu.

Apabila Anda kesulitan membeli kapulaga, tak ada salahnya mencari penggantinya. Untuk memanggang kue atau masakan, biasanya sebagian orang memakai kayu manis dan pala sebagai alternatif kapulaga. Sementara untuk memasak kari, Anda bisa menambahkan jinten dan ketumbar sebagai penggantinya.

[Update: Ditta]

[1] Indriani. 2016. Uji Aktivitas Antimikroba Fraksi Etil Asetat Daun Kapulaga (Amomum compactum Soland) terhadap Beberapa Mikroba Uji (Skripsi). Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Alauddin Makassar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *