Harga Kain Membran per Meter untuk Atap/Kanopi

No comment1416 views

Beberapa bagian dari rumah seperti garasi atau carport, teras, depan kamar, taman, dapur, atau area lain biasanya membutuhkan pemasangan khusus supaya tidak silau terkena cahaya matahari atau terkena hujan. Penyuka hunian bergaya minimalis umumnya lebih suka membangun kanopi agar tampilan rumah mereka terlihat lebih ringkas. Terlebih karena pilihan untuk kanopi dan yan dibutuhkan pun relatif lebih murah.

Menggunakan kain membran sebagai atap kanopi (sumber: canopykain.com)

Bahan yang digunakan untuk membangun kanopi ada bermacam-macam, mulai dari galvalum, polikarbonat (polycarbonate), hingga yang belakangan cukup diminati adalah dari kain membrane. Sebagian dari Anda mungkin sudah sering menjumpai tempat-tempat umum seperti cafe, warung, hingga restoran kekinian yang menggunakan kanopi berbahan membrane.

Tak hanya di area komersial atau perkantoran saja, kanopi membran pun kini juga sudah mulai diterapkan di hunian-hunian yang ada di perkotaan. Alasannya sederhana, kanopi membran punya desain yang sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera Anda sang pemilik rumah. Bahan kain membrane yang berkualitas biasanya punya sederet spesifikasi yang mumpuni seperti anti paparan sinar UV, tahan air, dan bahkan bisa bertahan hingga beberapa tahun lamanya. Sebelum memutuskan menggunakan membrane, simak sederet kelebihannya berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Kanopi Membran

Memiliki Nilai Artistik yang Tinggi

Kanopi dengan kain membrane cocok digunakan untuk berbagai macam bangunan, mulai dari rumah minimalis, cafe, perkantoran, area umum, atau bangunan lainnya. Pasalnya kain membran memiliki desain fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat memilih kanopi membran dengan bentuk yang flat (rata) tanpa banyak variasi, atau bisa juga memilih model yang variatif dengan desain melekuk-lekuk seperti payung, segitiga, spiral, dan model lainnya sesuai selera.

Instalasi kain membran membentuk kanopi yang artistik (sumber: putracanopy.com)

Menekan Biaya dalam Pembangunan

Baca juga  Info Harga dan Cara Pemakaian Sabun Kojie San

Bagi Anda yang sedang dalam tahap membangun rumah atau bangunan lainnya, urusan material tentu menjadi salah satu pertimbangan utama. Pasalnya, apabila Anda menggunakan material tanpa mempedulikan urusan kualitas, maka dikhawatirkan usia bangunan Anda akan lebih singkat dan bahkan parahnya bisa roboh. Nah, sebagai alternatif untuk berhemat, Anda mungkin bisa melirik material kain membran yang relatif lebih murah daripada besi atau baja untuk atap bagian teras dan garasi. Selain murah, kekuatan membran juga cukup baik.

Sejuk dan Tidak Berisik Saat Hujan

Kebisingan saat hujan deras adalah masalah yang sangat umum dihadapi oleh Anda yang menggunakan kanopi atau atap dari seng atau besi tipis. Bayangkan saja jika hujan terjadi pada malam hari ketika Anda hendak beristirahat, tentu jadi terasa sangat mengganggu bukan? Sebagai alternatifnya, Anda dapat mencoba membuat kanopi dari bahan kain membrane. Selain tidak begitu berisi, bahan itu juga tidak mudah bocor terkena rembesan air. Yang lebih menguntungkan lagi, bahan kain membran tidak mudah menyerap panas, sehingga ketika berada di bawahnya akan tetap terasa sejuk meski cuaca sedang terik sekalipun.

Melindungi Warna Cat Rumah

Baca juga  Harga Reel Pancing Maguro (Berbagai Tipe)

Hujan dan panasnya cahaya matahari yang menerpa cat rumah secara terus menerus lama kelamaan akan membuat warna cat rumah Anda memudar. Meski sudah ada cat-cat khusus yang memang diklaim lebih tahan terhadap cuaca, namun perlindungan terhadap cat rumah akan terasa lebih maksimal apabila Anda menggunakan canopy dari bahan yang tepat pula. Pemasangan kanopi dari bahan kain membran, terutama di area rumah yang sering terkena sinar matahari dan hujan akan dapat membantu warna cat rumah bertahan lebih lama sekaligus mempercantik tampilan hunian Anda.

Kain Membran per Meter

Harga kain membran untuk kanopi atau tenda layang alias tenda kelelawar biasanya ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain jenis bahan. Ada banyak jenis bahan yang bisa Anda pakai untuk pembuatan canopy membrane. Beberapa kain membran yang banyak digunakan untuk kanopi misalnya Serge Ferrari asal Perancis, Agtex yang merupakan merk lokal, Verseidag asal Jerman, dan sebagainya.

Ilustrasi: gulungan kain membran (sumber: Tokopedia)

Merek kain membran memang sangat beragam, ada yang berasal dari merek lokal atau impor. Harga setiap kain membran bisa berbeda-beda, tergantung kualitas dan merek dari bahan kain itu sendiri. Namun biasanya bahan-bahan dengan merek luar negeri lebih disukai oleh konsumen untuk pembuatan kanopi membrane lantaran kualitas dan tekstur bahannya dinilai lebih bagus. Lantaran dari segi kualitas biasanya relatif lebih bagus, maka harga jual kain membran impor biasanya lebih mahal daripada merek lokal.

Faktor kedua yang juga mempengaruhi kanopi membran adalah desain dari kanopi itu sendiri. Keunggulan dalam menggunakan kanopi membran adalah dari segi desain dan modelnya. Biasanya Anda sebagai pembeli diberi kebebasan untuk memilih sendiri bentuk tenda membrane sesuai dengan selera dan tema dari bangunan atau rumah Anda. Berikut ini lengkap daftar harga kain membran per meter di pasaran.

Merek Kain MembraneHarga per Meter
Tenda membran merk AgtexRp 700 ribuan – Rp 1,5 jutaan
Kain membran merek Serge FerrariRp 1,25 jutaan – Rp 1,75 jutaan
Kain membrane polycarbonateRp 550 ribuan – Rp 675 ribuan
Kain membrane AlderonRp 880 ribuan – Rp 950 ribuan

Informasi daftar harga kain membran per meter di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diketahui bahwa harga kain membrane bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kain membran yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran atau promo dari pihak penjual.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Harga Kain Membran per Meter untuk Atap/Kanopi"