Info Manfaat dan Update Harga Kacang Pistachio (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Kacang telah menjadi salah satu makanan favorit untuk camilan. Pasalnya, selain praktis, juga dikatakan mengandung banyak nutrisi bagi kesehatan. Dari sekian jenis kacang yang beredar di pasaran, mungkin kacang pistachio masih belum terlalu familiar di telinga Anda. Meski demikian, ini dapat Anda jadikan pilihan karena tidak kalah sehat jika dibandingkan kacang macadamia maupun almond. Sayangnya, harga produk ini memang relatif tidak ramah di kantong.

Kacang pistachio (unsplash: Theo Crazzolara)
Kacang pistachio (unsplash: Theo Crazzolara)

Kandungan Gizi dan Jenis Kacang-Kacangan

Menurut Wikipedia, kacang-kacangan adalah sebutan untuk biji yang berukuran relatif lebih besar dibandingkan serealia dan digunakan untuk bahan pangan bagi manusia dan hewan ternak. Kacang-kacangan umumnya didapatkan dari tanaman famili Fabaceae. Namun, tanaman kacang-kacangan yang dipanen muda seperti kapri, buncis, dan edamame, tidak disebut sebagai kacang-kacangan dalam definisi FAO.

Bacaan Lainnya

Ditinjau dari aspek gizi, kacang-kacangan ini merupakan sumber protein, lemak, dan juga karbohidrat. Kacang-kacangan adalah sumber protein dengan nilai yang tinggi (sekitar 20 sampai 25 gram per 200 gram), B (thiamin, riboflavin, niacin, asam folat), mineral (Ca, Fe, P, K, Zn, Mg, dan lain-lain), serta serat.[1] Selain itu, kacang-kacangan juga punya keunggulan dari sisi harga yang murah, lemak yang umumnya baik untuk kesehatan, dan kaya akan mineral.[2]

Di Indonesia, sudah tersedia beragam jenis kacang yang sering digunakan sebagai bahan masakan serta kudapan. Nama-nama yang cukup populer dan banyak dikonsumsi antara lain kacang tanah, kacang mete, kacang , kacang polong alias kacang kapri, kacang hijau, kacang merah, kacang , kacang koro, kacang tunggak, dan kacang almond.

Selain jenis-jenis yang sudah terkenal seperti di atas, ternyata ada juga kacang pistachio. Punya nama latin Pistacia vera L. Anacardiaceae, ini adalah sejenis tanaman penghasil biji-bijian yang biasanya tumbuh di kawasan Timur Tengah, seperti Iran, Turkmenistan, dan Azerbaijan Barat. Karena itu, tidak mengherankan jika namanya cukup asing di telinga mayoritas masyarakat Indonesia.

Meski tidak terlalu familiar, kacang pistachio diklaim dapat menjadi camilan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan paling mudah dibawa ketika Anda bepergian. Sebagian orang menjadikannya camilan saat diet karena dikatakan kaya serat sehingga mengenyangkan. Tak hanya itu, di dalamnya juga memiliki kandungan protein, potasium, vitamin B6, thiamin, dan tembaga.

Kacang pistachio
Kacang pistachio

Manfaat Kacang Pistachio

  • Meningkatkan mood. Kaya akan potasium, kacang ini disebutkan dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol daripada kacang lainnya. Jadi, dengan menambahkan kacang ini pada sereal Anda, suasana hati akan membaik sepanjang hari.
  • Menurunkan kolesterol. Kacang pistachio merupakan sumber fitosterol yang baik, yakni senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Membantu menurunkan gula darah. Kacang pistachio memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan peningkatan tajam gula darah. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi pistachio dikatakan dapat mengurangi gula darah tinggi. Para peneliti juga menyarankan mengonsumsi pistachio untuk menurunkan risiko diabetes.
  • Mempercepat kinerja bakteri baik. Kandungan serat pada kacang pistachio bergerak melalui sistem pencernaan. Kemudian, serat akan dicerna oleh bakteri baik di usus, lalu difermentasi dan diubah menjadi asam lemak rantai pendek yang memiliki beberapa manfaat, seperti pengurangan risiko gangguan pencernaan, kanker, dan penyakit jantung.
  • Baik untuk kesehatan mata. Di antara kacang-kacangan lainnya, pistachio memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin tertinggi. Kandungan zat tersebut merupakan antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan mata yang dapat membantu mencegah katarak berkembang.
  • Membantu menurunkan berat badan. Meskipun merupakan makanan padat energi, kacang-kacangan adalah salah satu makanan paling ramah penurunan berat badan. Pistachio kaya akan serat dan protein, kedua kandungan zat tersebut meningkatkan perasaan kenyang.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda rajin mengonsumsi kacang pistachio. Walau bukan berasal dari Indonesia, tidak sulit mendapatkan produk tersebut di dalam negeri. Anda bahkan bisa membelinya di sejumlah situs jual beli online lokal. Berikut kisaran harga kacang pistachio di pasaran.

Kacang Pistachio (sumber: recipes.howstuffworks.com)
Kacang Pistachio (sumber: recipes.howstuffworks.com)

Harga Pistachio

Kemasan Pistachio Harga
Pistachio 250 gram Rp72.000
Pistachio 500gr Rp115.000
Pistachio 1 kilogram Rp205.000
Pistachio 1 kg Grade 1 Rp621.000
Pistachio Kupas Panggang per kilo Rp1.277.000

Jika dibandingkan 2020, harga kacang pistachio mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, kacang pistachio kemasan 250 gr yang dijual seharga Rp50 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp65 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp72 ribu tahun 2022. Kemasan 500 gr naik dari harga Rp90 ribu di tahun 2020 menjadi Rp108 ribu tahun 2021, dan menjadi Rp115 ribu tahun 2022. Begitu pula dengan kemasan kiloan yang naik dari harga Rp150 ribuan menjadi Rp199.500, dan menjadi Rp205 ribu.

Harga kacang pistachio di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga kacang pistachio tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat langsung mendatangi toko bahan makanan terdekat di sekitar domisili Anda.

[Update: Almas]

[1] Dostalova, P. K. 2009. The Changes of Galaktosidase during Germination and High Pressure Treatment of Legume Seeds. Journal Food Science, hlm. 76.

[2] Ekafitri, Riyanti dan Rhestu Isworo. 2014. Pemanfaatan Kacang-kacangan sebagai Bahan Baku Sumber Protein untuk Pangan Darurat. Jurnal Nasional Pangan Media Komunikasi dan Informasi, Vol. 23(2), hlm. 134-145.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *