Kandungan, Manfaat dan Harga Alpukat Mentega

Bagi Anda yang sedang diet sehat, pastinya sudah tidak asing dengan alpukat mentega. Buah yang satu ini terkenal dengan dagingnya yang berlimpah dan creamy, dengan nutrisi yang baik untuk diet sehat. Anda bisa membelinya di tradisional atau situs jual online dengan harga relatif terjangkau.

Kandungan dan Manfaat Alpukat Mentega

Buah alpukat
Buah alpukat

Secara ilmiah, alpukat mentega atau alpukat hijau panjang dikenal dengan nama Persea americana mill dan memiliki kandungan berupa flavonoid, saponin, alkaloid, dan tanin.[1] Semua kandungan ini bisa diketahui dengan cara mengekstrak daging buah alpukat dan menelitinya di laboratorium.

Bacaan Lainnya

Flavonoid, sebagai kandungan yang paling banyak di dalam buah alpukat mentega, merupakan antioksidan yang bisa menurunkan resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, dan memperbaiki fungsi sel beta pankreas. Sehingga, alpukat ini baik untuk Anda yang sedang diet diabetes dan ingin mengontrol kadar gula darah.

Kandungan flavonoid pada buah alpukat mentega termasuk salah satu antioksidan yang baik untuk kesehatan . Antioksidan yang tinggi pada daging buah ini diketahui dapat mencegah risiko penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Ini karena flavonoid mampu menangkal dan melindungi sel-sel tubuh dari zat karsinogen dan paparan radikal bebas.

Dilansir dari halodoc, alpukat mentega juga mengandung vitamin K sebanyak 25%, yang cukup untuk memenuhi kadar vitamin dalam tubuh. Adanya vitamin ini juga bermanfaat bagi Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan dan lansia. Hal ini karena vitamin K bisa mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang dengan cara membantu tubuh untuk menyerap kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urine, sehingga dapat diserap optimal.

Masih dilansir dari sumber yang sama, meskipun buah alpukat mentega mengandung banyak lemak, tetapi ini adalah lemak nabati atau lemak baik (HDL). Berbeda dengan lemak jahat (LDL) yang bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuh, lemak pada alpukat justru bisa menekan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga, Anda bisa mengonsumsi buah ini untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit, seperti jantung koroner.

Dikutip dari doktersehat, alpukat mentega juga berkhasiat sebagai bahan detoks alami atau herbal. Buah yang kaya serat ini mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengoptimalkan gerakan peristaltik usus. Pergerakan usus yang baik, secara tidak langsung mempermudah organ pencernaan untuk membuang racun-racun dalam tubuh.

Selain itu, diketahui alpukat mentega bisa mencegah radang dan memiliki anti-inflamasi yang baik untuk sistem pencernaan. Salah satu organ pencernaan yang sering mengalami adalah lambung. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi alpukat mentega yang sudah dihaluskan tanpa dicampur gula. Sifat anti-inflamasi daging buah alpukat mentega akan membantu melindungi lambung akibat asam lambung yang naik. Ini bisa Anda coba ketika gejala maag Anda mulai memburuk atau sedang kambuh.

Alpukat mentega juga diketahui menjadi salah satu bahan makanan yang baik untuk ibu hamil. Buah dengan daging creamy ini ternyata memiliki kandungan asam folat yang mampu mencegah komplikasi kehamilan, di antaranya eklampsia, perdarahan, dan komplikasi. Asam folat pada buah ini juga berkhasiat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan saraf janin, sehingga bisa menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Alpukat mentega (sumber: carousell.com)
Alpukat mentega (sumber: carousell.com)

Untuk mendapatkan semua manfaat alpukat mentega, Anda tidak harus mengonsumsi buah ini secara langsung. Supaya lebih variatif dan rasanya tidak membosankan, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam , antara lain guacamole dengan keripik kentang, alpukat kocok, tacos, kebab alpukat, roti, dan sebagai campuran sushi.

Harga Alpukat Mentega

Kemasan Alpukat Mentega Harga (Rp)
Alpukat Mentega Kecil 1 kg 30.000
Alpukat Mentega Sedang 1 kg 39.999
Alpukat Mentega Besar 1 kg 49.999
Alpukat Mentega Kojama Premium 2 kg 99.999
Alpukat Mentega Kojama Premium Jumbo 2 kg 120.000
Alpukat Mentega Kojama Premium 3 kg 149.000
Alpukat Mentega Sedang 2 kg 96.000

Harga alpukat mentega di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs booking online. Harga buah ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Asmorowati, Hani & Novena Yety Lindawati. 2019. Penetapan Kadar Flavonoid Total Alpukat (Persea americana Mill.) dengan Metode Spektrofotometri. Jurnal Ilmiah Farmasi STIKES Nasional Surakarta, Vol. 15(2): 51-63.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *