Info Manfaat & Harga Produk Skincare yang Mengandung Alpha Arbutin

Banyak yang menginginkan kulit cerah. Sayangnya, mereka seringkali sembarangan dalam memilih skincare. Dibandingkan -produk pemutih yang mengandung hydroquinone, skincare dengan alpha arbutin kini mulai banyak dilirik karena bisa mencerahkan kulit dan juga minim . Sudah mulai bermunculan produk yang mengandung alpha arbutin di dan harga banderolnya beragam.

Buah bearberry mengandung alpha arbutin (sumber: sociolla.com)

Buah bearberry mengandung alpha arbutin (sumber: sociolla.com)

Arbutin merupakan beta D glucopyranoside dari hidrokuinon, yang diekstraksi dari daun bearberry, pear, cranberry, atau blueberry yang dikeringkan dan merupakan turunan dari hydroquinone. Arbutin tidak memiliki efek melanotoksik. Arbutin dapat menyebabkan depigmentasi tidak hanya dengan cara menghambat enzim tirosinase dan DHICA (5,6 hydrokyindole 2 carboxylic acid) polimeras, tetapi juga maturasi melanosom sehingga efektif terhadap pengobatan HPI.

Walaupun efisiensinya tergantung pada yang diberikan, arbutin dengan konsentrasi tinggi dapat menyebabkan hiperpigmentasi paradoks. Bentuk sintetik dari arbutin adalah alpha-arbutine dan deoxiarbutine memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menghambat enzim tirosinase dibanding komponen alaminya.[1]

Alpha arbutin saat ini dijadikan alternatif hydroquinone dalam skincare yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Alpha arbutin disebut mempunyai kandungan yang lebih stabil dan efektif dibanding arbutin atau zat turunan lainnya. Oleh sebab itu, yang terkandung dalam alpha arbutin disebut-sebut lebih cepat diserap oleh kulit.

Baca juga  Update Daftar Harga Alat Fitnes Murah untuk Mengecilkan Perut Buncit

Meskipun alpha arbutin termasuk zat turunan alami dari hydroquinone, tetapi kenyataannya senyawa ini tak memiliki risiko dan efek samping yang sama. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan wanita Jepang dengan melasma, konsentrasi sekitar 3% dari formulasi yang mengandung alpha arbutin digadang-gadang menunjukkan hasil yang efektif dalam mengurangi bintik-bintik serta bekas .

Agar lebih paham, berikut ini beberapa manfaat dari penggunaan produk skincare yang mengandung alpha arbutin, seperti dilansir dari Hellosehat.

Manfaat Alpha Arbutin

  • Mencerahkan tanpa menyebabkan kulit iritasi. Tak seperti hydroquinone yang langsung membunuh melanosit, alpha arbutin hanya memperlambat produksi melanin. Oleh sebab itu, Anda tidak merasakan efek samping seperti kulit kering atau iritasi.
  • Mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam. Menurut Journal of Investigative Dermatology, pemakaian alpha arbutin selama 12 minggu menunjukkan perubahan yang drastis pada kulit. Flek hitam terlihat memudar dan tampilan kulit lebih cerah.
  • Menyamarkan bekas jerawat. Karena sifatnya yang mengurangi hiperpigmentasi, pemakaian alpha arbutin diklaim dapat membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara kerjanya masih sama, yakni menghambat produksi melanin berlebih pada kulit. Bahan ini juga bisa digunakan bersama pencerah kulit lainnya seperti niacinamide dan kojic acid.
  • Membantu mengeksfoliasi kulit. Alpha arbutin kabarnya juga aman untuk dikombinasikan dengan produk eksfoliator yang mengandung AHA dan BHA. Kombinasi zat tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati di wajah sekaligus mempercepat proses regenerasi kulit.
  • Membuat kulit lebih lembap.Kandungan alpha arbutin dalam produk perawatan kulit ternyata juga bisa membuat kulit terlihat lebih lembap dan glowing. Pasalnya, alpha arbutin bisa membantu menjaga kadar air dalam kulit sekaligus mengontrol minyak.
Ilustrasi: wanita memakai skincare (sumber: pinterest)

Ilustrasi: wanita memakai skincare (sumber: pinterest)

Sebagai gambaran, berikut informasi harga produk-produk perawatan kulit wajah dan badan yang mengandung alpha arbutin.

Baca juga  Update Harga Obat Penghilang Bekas Luka Dermatix Ultra (Ukuran Kecil & Besar)

Daftar Harga Alpha Arbutin

Produk Alpha ArbutinHarga (Rp)
Serum Pencerah Alpha Arbutin Theraskin Skin White28.500
ACNE NIGHT CREAM FP With Alpha Arbutin48.000
Alpha Arbutin Salt Scrub 300 gr60.000
Beaute Lab Alpha Arbutin Powder 5 Gram65.000
Alpha Arbutin 3 Plus Deep Essence69.900
Alpha Arbutin 3 Collagen Bubuk/Kapsul75.000
Alpha Arbutin 3 Plus Organic Underarm Night Cream78.500
Alpha Arbutin 3 Plus Collagen Whitening Body Lotion79.900
Alpha Arbutin 3 Plus Collagen Bath Cream | Sabun Mandi95.000
The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA109.000
Beaute Lab Alpha Arbutin Powder 10 Gram120.000
Avoskin YSB Alpha Arbutin132.500
The Ordinary Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%184.000
The Inkey List Alpha Arbutin Brightening Serum285.000
Skin MTX Alpha Illuminator Skin Matrix Arbutin675.000

Informasi harga alpha arbutin dalam berbagai produk skincare di atas dirangkum dari sejumlah sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga produk-produk yang mengandung alpha arbutin dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga alpha arbutin yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Baca juga  Info Manfaat, Dosis, dan Harga Dulcolax

[1]Wasitaatmadja, SM. 2020. Akne (hlm 177). Jakarta: UI Publishing.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat & Harga Produk Skincare yang Mengandung Alpha Arbutin"