Manfaat, Kandungan dan Harga Jambu Bol/Jamaika

Jambu bol atau biasa dikenal dengan nama jambu Jamaika, menjadi salah satu primadona di kalangan pencinta tanaman buah. Sementara itu, bagi penikmat buah, jambu bol Jamaika dinilai lezat dan manis seperti madu. Jambu tersebut tidak hanya tersedia dalam putih, tetapi ada yang berwarna merah gelap. Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tak heran jika harganya per kg lumayan mahal dibanding jenis jambu air lain.

Manfaat dan Kandungan Jambu Bol/Jamaika

Ilustrasi: Jambu Jamaika (credit: organicfacts.net)

Ilustrasi: Jambu Jamaika (credit: organicfacts.net)

Jambu bol juga dikenal dengan nama malay apple dan termasuk dalam famili myrtaceae, sehingga memiliki peluang sebagai tanaman obat dan sudah lama dipakai untuk mencegah penyakit degeneratif.[1] Jambu Jamaika juga diperkaya dengan antioksidan sebagai salah satu zat yang memiliki potensi besar untuk menjaga kesehatan manusia.

Selain itu, jambu bol memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti diabetes daya sitotoksik, sehingga buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa orang juga memakai jambu Jamaika sebagai bahan untuk meredakan gatal, diuretik, dan edema.

Dilansir dari SehatQ, jambu Jamaika bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi demam. Mengonsumsi obat demam memang dianjurkan untuk mengatasi permasalahan ini, tetapi ada baiknya Anda tidak selalu mengandalkan bahan kimia. Ada beberapa efek samping pemakaian obat kimia yang mungkin terjadi di kemudian hari, antara lain gangguan hati, gangguan ginjal, dan penyumbatan pembuluh darah.

Baca juga  Info Keunggulan & Harga Pinang Betara

Sebagai untuk mencegah efek samping bahan kimia, Anda bisa memakai jambu bol. Jambu bol yang sudah dicuci bersih harus dibuang bijinya dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu, masukkan daging buah jambu ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Saring air rebusan buah tersebut dan minum selagi hangat. Dipercaya, ini mampu mengatasi demam dengan baik.

Masih dari sumber yang sama, jambu bol mengandung zat besi yang cukup baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, Anda bisa menghindari penyakit osteoporosis di usia mendatang.

Jambu Jamaika tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang normal, karena buah ini juga baik untuk ibu hamil. Bagi wanita hamil, jambu bol berfungsi untuk mencegah darah tinggi, menjaga keseimbangan elektrolit, mengurangi kram dan nyeri di perut bagian bawah, mengurangi mual, meningkatkan perkembangan sel darah merah, meningkatkan penyerapan zat besi, memperkuat kondisi janin, dan mencegah pertumbuhan atau kuman.

Baca juga  Update Harga Pisang Tanduk per Buah dan per Sisir

Jambu Jamaika juga memiliki kandungan vitamin yang tak kalah dengan buah lain. Buah ini diperkaya dengan kandungan vitamin A dan C yang dinilai bagus untuk kesehatan kulit. Dilansir dari berbagai sumber, vitamin tersebut mampu mencegah penuaan dini sekaligus menurunkan penyakit kanker kulit. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada buah ini berkhasiat untuk menghaluskan dan melembapkan kulit.

Ilustrasi: Manfaat Jambu Bol (credit: kauaiseascapesnursery)

Ilustrasi: Manfaat Jambu Bol (credit: kauaiseascapesnursery)

Harga Jambu Bol/Jamaika

Tidak sulit mendapatkan jambu bol, karena Anda bisa membelinya di pasar buah atau online. Jambu Jamaika yang dijual memiliki dua varian, yakni jambu organik dan non organik. Biasanya, harga jambu Jamaika organik lebih mahal dibanding jambu bol biasa. Ini karena dipengaruhi cara perawatan dan panen.

Jambu bol anorganik tidak membutuhkan biaya perawatan tinggi serta cara perawatan yang rumit. Jambu Jamaika non organik bisa menghasilkan panen melimpah dengan hanya mengontrol memakai pestisida kimia. Sementara itu, jambu bol organik membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi karena memiliki cara perawatan yang rumit dan tidak boleh mendapatkan perlakuan dari berbagai macam bahan kimia.

Baca juga  Info Harga Temulawak per Kg di Pasaran

Jambu bol Jamaika non organik biasa dijual dengan harga mulai Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilo, sedangkan jambu bol Jamaika organik dijual dengan harga mulai Rp49.900 hingga Rp65.000 per kg. Selain itu, ada juga yang menjual bibit jambu bol atau Jamaika siap tanam dengan harga mulai Rp20.000 hingga Rp29.000 per tanaman. Harga buah tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendatangi pasar buah terdekat.

Sebagai tips bagi Anda yang membeli bibit jambu bol siap tanam, pastikan Anda melakukan perawatan dengan baik. Karena jambu Jamaika memiliki buah yang mengandung banyak air, Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari. Jambu ini lebih suka diberi air jika tanahnya mulai kering dan diletakkan di ruang dengan pencahayaan penuh.

[1] Fauziah, Nenden, Noviyanti, Iqbal Musthapa. 2018. The Utilization of Jambu Bol (Syzygium malaccense (L). Merr. & Perry) Stem as a New Source of Antioxidants. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari UNIGA, Vol. 10(1): 33-41.

 

author

Leave a reply "Manfaat, Kandungan dan Harga Jambu Bol/Jamaika"