Info Harga Tiket Kapal Laut Jakarta-Makassar

Makassar merupakan salah satu kota besar di Pulau Sulawesi yang juga menjadi ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kota yang juga memiliki sejumlah daya tarik ini bisa ditempuh menggunakan perjalanan udara dengan naik maupun lewat jalur laut dengan naik kapal. Apabila dibandingkan dengan tiket pesawat, harga tiket laut dari Jakarta ke Makassar memang relatif lebih terjangkau, apalagi karena syarat perjalananyang diterapkan juga lebih mudah untuk dipenuhi.

Ilustrasi: Kapal Laut (credit: pelni.co.id)
Ilustrasi: Laut (credit: pelni.co.id)

Moda transportasi jalur laut dari Tanjung Priok menuju Pelabuhan Makassar disediakan oleh PT PELNI. Setidaknya ada beberapa yang melayani perjalanan Anda menuju Makassar, mulai dari KM Nggapulu, KM Gunung Dempo, KM Umsini, KM Dorolonda, KM Ciremai, hingga KM Dobonsolo. Rata-rata kapal-kapal tersebut melayani perjalanan lintas Jakarta-Makassar dengan durasi atau lama waktu mencapai 2 hari. Harga tiket kapal laut ke Makassar berbeda-beda, bergantung dari jenis kapal dan kelas yang dinaiki.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Jadwal & Harga Tiket Pesawat Terbaru Jogja-Balikpapan

Memasuki Makassar melalui Soekarno-Hatta kita akan langsung berada didaerah pusat kota. Pelabuhan itu letaknya kurang lebih dua kilometer dari Lapangan Karebosi. Transportasi yang tersedia dari pelabuhan adalah taksi dan becak. Bila barang bawaan tak terlalu banyak, kita bisa berjalan kaki beberapa ratus meter sampai ke Makassar Mall atau yang biasa disebut orang dengan sebutan Pasar Sentral. Pasar Sentral merupakan pusat beberapa trayek pete-pete (angkutan umum). Dari sini kita dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai bagian Kota Makassar.[1] Berikut informasi harga tiket laut Jakarta-Makassar.

Harga Tiket Laut Jakarta-Makassar

Nama Harga Tiket Penumpang Dewasa Harga Tiket Penumpang Bayi
KM Nggapulu Rp432.000 Rp48.000
KM Gunung Dempo Rp432.000 Rp48.000
KM Dorolonda Rp432.000 Rp48.000
KM Umsini Rp432.000 Rp48.000
KM Ciremai Rp432.000 Rp48.000
KM Dobonsolo Rp432.000 Rp48.000

Harga yang tertera di atas merupakan harga tiket kapal laut untuk kelas ekonomi. Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan kapal laut, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jadwal keberangkatan Anda dan juga pastikan sudah memenuhi berbagai syarat yang dibutuhkan.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Bangun Rumah Type 70
Ilustrasi: KM Nggapulu Jakarta Makassar (credit: Fleetmon)
Ilustrasi: KM Nggapulu Jakarta Makassar (credit: Fleetmon)

Syarat Naik Kapal Laut

  • Calon penumpang wajib sudah divaksin minimal pertama.Untuk yang tidak bisa menerima vaksin karena komorbid, persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.
  • Calon penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan selama pelayaran dengan menerapkan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauh kerumunan, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari makan bersama).
  • Calon penumpang diimbau untuk memakai masker dengan benar (menutupi hidung dan mulut), dengan jenis masker yang digunakan adalah masker medis atau masker kain minimal 3 (tiga) lapis.
  • Calon penumpang diimbau untuk melakukan test rapid antigen (pengambilan sampel dilakukan maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan kapal) atau tes swab RT-PCR (pengambilan sampel dilakukan maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan kapal) di fasilitas kesehatan yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (dapat dicek melalui link berikut bit.ly/Daftarlabkes).
  • Calon penumpang diimbau untuk menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk memudahkan pemeriksaan sertifikat vaksinasi dan hasil tes rapid antigen/swab RT-PCR.
  • Calon penumpang diimbau untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terkait syarat dan ketentuan penjualan tiket yang berlaku di PT PELNI (Persero) dan ketentuan lain yang diatur oleh pemerintah pusat, Satgas Covid-19, dan pemerintah daerah asal/tujuan.
Baca juga  Specs dan Update Harga Kamera Sony NEX-5

Informasi harga tiket kapal laut Jakarta-Makassar dan persyaratan naik kapal laut di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Pelni. Namun demikian, perlu Anda ingat bahwa harga tiket dan syarat perjalanan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Pemesanan atau reservasi tiket kapal Jakarta-Makassar bisa dilakukan secara online melalui website pelni.co.id/reservasi-tiket, via WhatsAppInfo PELNI 162 di nomor 08111621162, aplikasi mobile PELNI, contact center PELNI di 021-162, Alfamart, Indomaret, maupun loket dan travel agent terdekat di kota Anda.

[1] Sapada, TA &Fauzan M. 2011. Travelicious Makassar: Jalan Hemat, Jajan Nikmat. Ariyanto, editor. Yogyakarta: Penerbit B-First, hlm 16.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *