Update Harga Impact Angin (Air Impact) Tekiro (Semua Tipe)

Bagi sebagian orang, membuka atau memasang baut bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan, apalagi jika baut dikencangkan dengan torsi yang sangat keras. Nah, untuk meringankan pekerjaan ini, Anda bisa menggunakan air impact atau impact angin. Di pasaran sendiri, sudah ada beragam merk air impact, seperti Tekiro, Wipro, Wrench, hingga Krisbow, dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung brand dan tipe.

Impact angin Tekiro (sumber: otorider.com)

Impact angin Tekiro (sumber: otorider.com)

Dikutip dari King-harware.com, impact wrench adalah alat bantu yang berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut pada sebuah konstruksi atau komponen kendaraan bermotor. Meskipun sebenarnya, penggunaannya tidak terbatas pada dunia otomotif saja. Impact wrench juga dapat digunakan di segala macam pekerjaan yang melibatkan baut dan mur dalam proses pengerjaan suatu konstruksi baja, konstruksi kayu, dan lain sebagainya.

Jika Anda merupakan penggemar balap F1, contoh penggunaan impact wrench dapat Anda lihat dalam balapan jet darat tersebut. Proses penggantian ban saat pit stop menggunakan alat sejenis ini agar proses penggantian ban lebih cepat dan kekuatan pengencangan baut lebih presisi. Meskipun secara teknologi berbeda dengan yang ada di pasaran, akan tetapi pada prinsipnya sistem kerjanya hampir sama karena terdapat mekanisme seperti memukul dan memutar di dalamnya.

Prinsip kerja impact wrench sendiri secara sederhana mirip dengan obeng getok. Namun, pada impact wrench, menggunakan bantuan tenaga listrik atau angin sehingga lebih meringankan pekerjaan membuka dan mengencangkan baut. Di dalam impact wrench, terdapat mekanisme yang bergerak memukul seperti palu, yang jika memakai obeng getol harus dipukul secara . Ujung pembuka baut akan berputar otomatis sesuai setelah yang telah ditentukan.

Impact Wrench

  • Pneumatic impact wrench, adalah tipe yang menggunakan tekanan angin sebagai sumber tenaga, yang berasal dari kompresor, bisa juga disebut air impact atau impact angin. Tipe ini memungkinkan penggunaan secara terus-menerus selama suplai angin terpenuhi. Tipe pneumatic impact wrench umumnya memiliki ukuran yang ringkas sehingga memungkinkan penggunaan di area atau ruangan yang sempit. Namun, alat ini memiliki kekurangan, yaitu tenaga yang cukup sulit dikontrol, yang berpotensi membuat baut yang ingin dibuka atau dipasang menjadi rusak.
  • Corded electric impact wrench, adalah tipe yang biasanya sedikit lebih panjang daripada pneumatic impact wrench. Hal ini disebabkan oleh adanya electric motor yang membutuhkan ruang lebih besar dibanding tipe pneumatic untuk kekuatan yang sama. Meski begitu, untuk penggunaan di ruang sempit, corded electric impact wrench memiliki keefektifan setara dengan pneumatic impact wrench. Tidak tergantung kompresor, impact wrench jenis ini dapat digunakan membantu meringankan pekerjaan membuka atau mengencangkan baut selama terdapat aliran listrik.
  • Cordless electric impact wrench, pada dasarnya merupakan varian pengembangan dari versi corded electric impact wrench, hanya sumber tenaganya digantikan oleh baterai dengan kapasitas mulai 18 Volt sampai 28 Volt, tergantung jenis dan modelnya. Kekurangan cordless electric impact wrench adalah memiliki kekuatan yang tidak sebesar corded electric impact wrench atau pneumatic impact wrench. Namun, alat yang satu ini dapat digunakan di mana saja tanpa tergantung kompresor atau aliran listrik selama daya baterai dalam kondisi penuh.
Air Impact Tekiro - www.bukalapak.com

Air Impact Tekiro - www.bukalapak.com

Tabel Perbedaan Impact Wrench

SpesifikasiPneumaticCorded ElectricCordless Electric
PowerExcellent GoodNot Always Good
Size Available0,25 inch, 0,375 inch, o,5 inch, 07,5 inch, 1 inch0,375 inch, 0,5 inch0,25 inch, 0,375 inch, 0,5 inch
ConvenienceNeeds air compressor Needs electric powerSelf-contained
CostLowest (without air compressor)MediumHighest
Physical SizeSmallestLargerLargest
SafetyAir cannot electrocute Cut lines can cause electrocution No risk of electrocution

Melihat tabel di atas, khusus impact angin, memang memiliki banyak kelebihan. Varian ini dikatakan punya tenaga yang prima, tersedia dalam beragam ukuran, punya ukuran yang cenderung kecil sehingga lebih ringkas, serta biasanya ditawarkan dengan harga lebih murah dibandingkan dua model lainnya. Namun, perangkat ini membutuhkan kompresor agar dapat dioperasikan.

Dengan segala kelebihan tersebut, tidak heran jika kemudian air impact wrench yang paling sering ditemui di bengkel-bengkel karena pemakaiannya yang tetap di satu lokasi dan didukung ketersediaan kompresor. Selain itu, pneumatic impact wrench ini juga lebih dulu eksis sebelum akhirnya berkembang menjadi corded electric dan cordless electric.

Di pasaran, ada banyak varian air impact wrench yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Model-model yang umum dipakai montir adalah NitroCat 1200-K 1/2 inch, yang dikatakan punya tahan maksimal. Selain itu, ada juga merek Ingersoll Rand 2135 TiMAX yang punya berat hanya 1,75 kg dan sudah dilengkapi dengan hammer case berbahan titanium untuk meningkatkan durability. Model ini bisa digunakan untuk kerja berat seperti membantu melepas baut roda mobil tanpa keluar banyak keringat.

Impact Angin Tekiro - www.bukalapak.com

Impact Angin Tekiro - www.bukalapak.com

Merek lain yang cukup terkenal untuk varian air impact wrench adalah Tekiro. Brand ini sendiri sudah menyediakan beragam tipe impact angin, antara lain Tekiro AT-AI1668, Tekiro AT-AI1669, hingga Tekiro AT-AI1126. Jika Anda penasaran dengan harga impact angin keluaran Tekiro, berikut kami sajikan kisaran harganya di pasaran.

Harga Air Impact Tekiro

Tipe Air Impact TekiroHarga 
Tekiro AT-AS1302Rp566.300
Tekiro AT-AI1126Rp1.360.000
Tekiro AT-AI1669Rp1.401.400
Tekiro AT-AI1668Rp1.636.000
Tekiro TE-HDIW34Rp2.493.000

Harga impact angin merk Tekiro di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk teknik maupun situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga peralatan ini memang cenderung naik. Tekiro AT-AS1302 misalnya, yang awalnya dijual Rp380 ribu, sekarang menjadi Rp566 ribuan, sedangkan harga Tekiro AT-AI1126 yang semula Rp1,1 juta, saat ini menjadi Rp1,36 jutaan. 

Baca juga  Update Harga Karet Wiper Avanza (Depan dan Belakang)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Impact Angin (Air Impact) Tekiro (Semua Tipe)"