Indikasi, Dosis, Efek Samping, dan Harga Imboost Force Terbaru(Semua Varian)

Untuk mencegah terkena penyakit, tentunya Anda perlu meningkatkan daya imun tubuh. Sementara sudah ada banyak suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh, ada produk yang terbilang ampuh untuk menjaga kesehatan Anda bahkan anak-anak juga bisa mengonsumsinya, yaitu Imboost Force, dengan harga terbilang terjangkau.

Indikasi Imboost Force

Imboost Force (sumber Facebook -Faridafarmaapotek)
Imboost Force (sumber Facebook -Faridafarmaapotek)

Imboost Force juga bisa dikatakan sebagai imunomodulator atau obat imun. Obat tersebut diklaim dapat mengembalikan dan memperbaiki sistem imun yang fungsinya terganggu atau untuk menekan yang fungsinya berlebihan. Obat maupun suplemen golongan imunomodulator bekerja menurut tiga cara, yakni imunorestorasi, imunostimulasi, dan imunosupresi.

Bacaan Lainnya

Imunorestorasi adalah cara untuk mengembalikan sistem imun yang terganggu dengan memberikan berbagai komponen sistem imun, seperti immunoglobulin. Sementara itu, imunostimulasi atau yang biasa disebut dengan imunopotensiasi merupakan cara memperbaiki fungsi sistem imun dengan menggunakan bahan yang merangsang sistem tersebut, sedangkan imunosupresi merupakan sebuah tindakan untuk menekan respon imun dalam tubuh.[1]

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan tiga cara di atas, Imboost Force juga disebutkan dapat melindungi tubuh dari serangan virus yang mudah menular, seperti pilek biasa atau common cold, batuk, dan flu. Banyaknya indikasi pada Imboost Force tersebut tentu tidak lepas dari komposisinya.

Komposisi Imboost Force

Varian Imboost Force Komposisi
Imboost Force ES FC TAB 1 tablet Imboost Force ES FC TAB, mengandung:echinacea purpurea herb dry extract 1000 mg, black elderberry fruit dry extract 400 mg, zinc picolinate 10 mg
Imboost Force Kids 5 ml Imboost Force Kids Syrup, mengandung:echinacea dry extract 250 mg, zinc picolinate 5 mg, dan black elderberry dry extract 400 mg

Dari tabel di atas, diketahui bahwa dua varian Imboost Force mengandung bahan yang sama, meskipun memiliki takaran yang berbeda. Rata-rata komposisi yang ada pada suplemen adalah tumbuhan obat yang sudah banyak dikenal masyarakat. Setiap komposisi dalam suplemen memiliki perannya sendiri dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga  Info Terbaru Harga Alat USG (Ultrasonografi) 2D, 3D, 4D
Ilustrasi: Imboost Force Kemasan Botol (credit: Shopee)
Ilustrasi: Imboost Force Kemasan Botol (credit: Shopee)

Echinacea purpurea merupakan salah satu herbal yang banyak dijumpai di utara pegunungan Roxy, Amerika serikat. Tumbuhan ini sudah cukup terkenal dengan fungsinya sebagai obat flu, common cold, dan infeksi pernapasan atas lainnya. Selain itu, ekstrak tumbuhan herbal ini juga dikenal mampu membantu menstimulasi daya imun tubuh.

Kandungan yang tak kalah penting lainnya adalah zinc picolinate. Ini merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat diserap oleh tubuh dengan mudah dibanding jenis zinc lainnya. Manfaat zinc picolinate adalah sebagai imunomodulator yang berperan sebagai anti-infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Black elderberry juga merupakan komposisi Imboost Force yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. ini telah terbukti secara klinis dapat membantu meringankan gejala flu, dengan cara mengurangi sekresi lendir, selaput lendir, membantu mengeringkan lendir sinus, dan mempersingkat durasi gejala flu. Selain itu, buah berry yang satu ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk membantu melawan zat radikal bebas.

Untuk mendapatkan semua manfaat Imboost Force di atas, tentunya Anda harus mengetahui cara konsumsi dan dosis yang tepat. Penting mengonsumsi suplemen maupun obat sesuai dengan anjurannya, jika Anda tidak ingin mendapatkan efek sampingnya. Berikut dosis yang dianjurkan.

Dosis Imboost Force

Varian Imboost Force Dosis/Aturan Minum
Imboost Force ES FC TAB Dewasa: 1x kaplet/hari
Imboost Force Kids Usia anak lebih dari 6 tahun: 3 x sehari 1 sendok obat,

Usia anak kurang dari 6 tahun: 3 x sehari 1/2 – 1 sendok obat

Cara Konsumsi Imboost Force

Imboost Force merupakan obat kategori suplemen dan terapi penunjang kesehatan yang dijual secara bebas. Meski begitu, untuk mengonsumsinya, Anda harus memperhatikan dosisnya. Suplemen ini dapat dikonsumsi setelah makan untuk varian Imboost Force ES FC TAB, sedangkan untuk varian Imboost Force Kids dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Ilustrasi: Mengonsumsi Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh (credit: healthambition)
Ilustrasi: Mengonsumsi Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh (credit: healthambition)

Meskipun termasuk golongan suplemen, namun obat ini tidak bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Penggunaan maksimal Imboost Force adalah tidak lebih dari 8 minggu. Sebaiknya Anda mengonsumsi Imboost Force bila merasa daya imun sedang menurun dan mulai mengalami tidak enak badan saja. Sementara, jika tubuh Anda dalam kondisi fit dan bugar, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi imboost Force.

Setelah membeli Imboost Force, perlu Anda ketahui bahwa suplemen ini harus disimpan dengan baik. Cara penyimpanan yang kurang tepat dapat merusak kandungan obat, sehingga manfaatnya akan berkurang. Simpanlah Imboost Force di ruangan dengan suhu di bawah 30 derajat Celcius dengan kondisi tertutup rapat. Selain itu, usahakan agar tempat penyimpanannya terlindung dari cahaya matahari dan tidak lembap.

Efek Samping Imboost Force

Jika Anda mengonsumsi segala jenis suplemen maupun obat, seperti Imboost Force, dengan cara yang kurang tepat, maka ada efek samping yang ditimbulkan. Untuk Imboost Force varian Kids Syrup, efek samping adalah gangguan pencernaan ringan dan reaksi alergi.

Gejala alergi yang sering ditimbulkan oleh suplemen seperti ini pada anak-anak, antara lain pusing, sakit kepala, diare, mual, dan muntah. Efek samping seperti ini dapat terjadi jika anak-anak rentan atau memiliki sensitivitas tinggi terhadap obat dan berlebihan dalam memberikan suplemen. Hentikan pemakaian jika anak Anda mulai merasakan gejala tersebut dan segera berkonsultasi dengan dokter anak.

Sementara itu, efek samping Imboost Force ES FC TAB sama dengan Imboost Force varian Kids Syrup. Lakukan hal yang sama jika Anda mengalami efek sampingnya. Perlu Anda ketahui juga, Imboost Force tidak disarankan bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit autoimun dan pasien yang menerima transplantasi dengan obat imunosupresan.

Setelah mengetahui manfaat dan cara konsumsi Imboost Force di atas, apakah Anda berminat untuk membelinya? Jika iya pastikan Anda mengetahui harga Imboost Force di pasaran. Berikut kami rangkum harga Imboost Force pada tahun 2020 lalu dengan tahun 2021 ini.

Imboost Force Syrup (sumber:Tokopedia)
Imboost Force Syrup (sumber:Tokopedia)

Harga Imboost Force

Varian Imboost Force Harga Sebelumnya (Rp) Harga Sekarang (Rp)
Imboost Force Kids 60 ml 77.748 81.208
Imboost Force Kids 120 ml 110.484 115.350
Imboost Force TAB 10 S 74.900 79.700
Imboost Force TAB 30 S 195.000 107.839
Imboost Force 60 ml 72.800 85.025
Imboost Force Syrup 120 ml 107.500 105.850
Imboost Force Cough FC Caplet 30s 93.201

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, harga Imboost Force tahun 2021 ini banyak mengalami perubahan. Selain itu, ada juga produk terbaru bernama Imboost Force Cough yang diklaim bermanfaat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan meredakan batuk. Imboost Force Cough mengandung ekstrak Echinacea purpurea, ekstrak black elderberry, ekstrak licorice, ekstrak lagundi dan ekstrak jahe.

Daftar harga Imboost Force di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Perlu Anda ketahui bahwa harga Imboost Force di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga suplemen ini di setiap toko kemungkinan bisa berbeda-beda.

Imboost Force sendiri merupakan salah satu suplemen yang bisa Anda dapatkan tanpa harus menggunakan resep dokter di berbagai toko obat, apotik, hingga seperti Indomaret dan Alfamart. Meskipun begitu, bagi Anda yang sedang hamil atau dalam masa menyusui, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya. Hal ini karena suplemen masih dalam kategori N atau belum dapat dikategorikan untuk bisa dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

[Update: Dian]

[1]Haeria dkk. 2017. Uji Efektivitas Imunomodulator Ekstrak Etanol Korteks Kayu Jawa (Lannea coromandelicaHout.Merr.) terhadap Aktivitas dan Kapasitas Fagositosis Markofag pada Mencit (Mus musculus) Jantan. JF FIK UINAM, Vol. 5(4): 294-302.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.