Tips Memelihara dan Harga Ikan Louhan

No comment1530 views

Dari dulu hingga sekarang, tampaknya pamor ikan belum turun. Ikan hias ini terkenal dengan harganya yang cukup mahal, karena punya bentuk fisik yang unik dan berwarna-warni. Ada banyak jenis ikan louhan yang dijual di pasaran, mulai dari louhan kamfa, louhan cencu, louhan hitam, dan lain-lain.

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Ikan Louhan Kamfa (credit: aquariadise)

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Ikan Louhan Kamfa (credit: aquariadise)

Ikan louhan dengan nama ilmiah Cichlasoma sp. adalah salah satu jenis ikan air tawar hasil persilangan dari ikan jenis siklid, yakni Cichlasoma synspilum dengan Cichlasoma cyanoguttatum.[1] Meskipun terbilang jenis ikan air tawar, ikan ini tidak memiliki daya tahan sekuat ikan tawar lainnya, sehingga tak jarang terkena penyakit.

Jenis penyakit yang sering diidap ikan louhan adalah golongan penyakit akibat mikroorganisme, di antaranya parasit, jamur, virus, dan bakteri. Kondisi tersebut bisa menjadi makin parah dan berisiko kematian jika tidak segera diatasi atau kekebalan tubuh ikan makin menurun. Supaya ikan louhan Anda tidak mudah terserang penyakit, Anda bisa melihat tips berikut.

Tips Memelihara Ikan Louhan

  • Daya tahan tubuh ikan louhan mudah menurun jika kondisi media pemelihara kurang nyaman. Biasanya ini diakibatkan stres dan kurang bebasnya ikan saat berenang. Sebaiknya Anda mencari media yang tepat untuk ikan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa membeli aquarium yang ukurannya 2 hingga 3 kali ukuran ikan louhan.
  • Aquarium juga harus diletakkan di tempat yang bebas polusi udara dan suara. Supaya ikan louhan merasa nyaman di media pemeliharaan, Anda bisa menambahkan batuan atau tumbuhan air di aquarium. Beberapa orang meletakkan lampu di pinggir kolam supaya suhu air tidak turun jika cuaca sedang dingin.
  • Untuk menjaga kadar oksigen dalam air, Anda perlu memasang aerator di bawah aquarium. Kadar oksigen sangat penting untuk menjaga sistem pernapasan ikan. Meskipun hewan ini menggunakan insang yang mampu bernapas di dalam air, tetapi tetap memerlukan oksigen untuk menunjang sistem kerjanya.
  • juga air di bagian atas atau sisi samping aquarium. Filter adalah benda yang sangat penting jika Anda tidak ingin ikan mati karena penyakit jamur dan virus. Benda tersebut berfungsi menyaring kotoran yang ada di air sekaligus menjaga kejernihan air.

    Ilustrasi: Cara Memelihara Ikan Louhan (credit: meethepet)

    Ilustrasi: Cara Memelihara Ikan Louhan (credit: meethepet)

  • Setiap 2 atau 3 hari sekali, bersihkan akuarium dan bilas menggunakan air bersih. Usahakan Anda menggantinya dengan air sumur atau air tanah yang tidak mengandung zat dan kaporit. Jika Anda tidak memiliki sumber air tanah, Anda bisa memakai air PDAM yang sudah diendapkan selama 2 hingga 3 hari.
  • Setiap hari, pastikan Anda juga memperhatikan kebersihan aquarium, jangan sampai ada kotoran ikan yang mengendap. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan jaring ikan dengan gagang panjang untuk mengambil kotoran. Sebagai tips, Anda bisa meletakkan filter tambahan di bagian dasar kolam yang dibatasi dengan atau mika.
  • Hal yang tak kalah penting supaya ikan Anda bisa bertahan hidup lebih lama adalah memberikan pakan yang berkualitas. Jangan asal memberikan pakan berupa pelet, karena louhan cukup sensitif. Penyakit virus bisa saja ditularkan melalui pakan yang mereka konsumsi.
  • Sebagai tips, berikan pakan alami berupa udang kecil, anakan lele, bibit ikan mas, cacing sutra, cacing darah, dan jangkrik. Hindari memberikan serangga lain seperti belalang dan kecoa, karena kurang cocok dengan kondisi imun ikan.

Jika ikan louhan Anda masih saja mengalami gangguan imun dan penyakit, Anda bisa memberikan obat ikan yang dijual di pasaran. Selain itu, sebagai tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan, Anda bisa memberikan vitamin khusus untuk ikan louhan yang biasa dijual di pasaran dalam bentuk liquid. Apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan louhan? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran.

Ilustrasi: Harga Ikan Louhan (credit: flowerhornfarming)

Ilustrasi: Harga Ikan Louhan (credit: flowerhornfarming)

Harga Ikan Louhan

Jenis Ikan LouhanHarga per Ekor (Rp)
Louhan Kamfa F3 Anakan20.000
Louhan Cencu Short Body Anakan30.000
Louhan Grade VIP Anakan15.000
Louhan GB x Cencu Anakan15.000
Louhan Red Monkey Anakan75.000
Louhan SRM x GB Anakan 3 ekor50.000
Louhan SRD Thailand Anakan100.000
Louhan Golden Base Anakan120.000
Louhan Cencu Dewasa400.000
Louhan Bonsai Cencu Anakan250.000
Louhan KSRD Anakan150.000
Louhan Predator50.000
Louhan Kamfa Mata Putih Dewasa590.000

Harga ikan louhan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga ikan louhan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Sartika, Ade. 2019. Inventarisasi Ektoparasit pada Ikan Louhan (Cichlasoma Sp) di Beberapa Pembudidaya Ikan Hias di Palembang (Skripsi). Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang.

 

Baca juga  Update Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga Aquarium Nisso 90cm Terbaru
author

Leave a reply "Tips Memelihara dan Harga Ikan Louhan"