Info Cara Menyimpan & Harga Tepung Ketan (Hitam dan Putih)

Selain tepung terigu, ada banyak jenis tepung lain yang juga biasa dipakai untuk membuat kue. Misalnya saja tepung beras, tepung ketan, tepung tapioka, tepung maizena, dan masih banyak lagi. Tepung ketan biasanya dipakai membuat jajanan yang teksturnya kenyal atau lengket. Harga tepung ketan pun dibanderol variatif, namun umumnya relatif murah.

Ilustrasi: Tepung Ketan (credit: myasiancooking)

Ilustrasi: Tepung Ketan (credit: myasiancooking)

Terdapat beberapa perbedaan antara beras biasa dengan beras ketan. Beras biasa mempunyai tekstur yang keras dan transparan, sedangkan beras ketan lebih rapuh, butirnya lebih besar dan warnanya putih opak (tidak transparan). Perbedaan lainnya adalah dalam hal bahan yang menyusun pati. Komponen utama pati beras ketan adalah amilopektin, sedangkan kadar amilosanya hanya berkisar antara 1-2% dari kadar pati seluruhnya.

Beras yang mengandung amilosa lebih besar dari 2% disebut beras biasa atau bukan beras ketan. Dan dengan proses pemasakan akan mengubah sifat beras ketan menjadi sangat lengket dan mengkilat. Sifat ini tidak berubah dalam penyimpanan beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan tepung ketan karena banyak dijual di pasaran dalam bentuk tepung yang halus dan kering. Tepung beras ketan terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang digiling/ditumbuk/dihaluskan. Secara umum, tekstur tepung beras ketan putih sama dengan tepung beras biasa. Akan tetapi, bila diraba tepung ketan akan terasa lebih berat dan melekat.

Untuk membedakan dengan tepung beras biasa, larutkan dengan sedikit air. Larutan tepung beras akan lebih encer sedangkan larutan tepung ketan akan lebih kental. Hal ini disebabkan tepung ketan lebih banyak mengandung pati yang mudah mengental. Dalam pembuatan kerupuk dapat digunakan dalam bentuk beras yaitu dalam pembuatan rengginang.[1]

Ilustrasi: Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Ketan (credit: runawayrice)

Ilustrasi: Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Ketan (credit: runawayrice)

Tepung ketan ini dibuat dari beras ketan. Beras ketan yang telah dicuci, lalu ditiriskan dan dimasukkan ke penggilingan maka akan menghasilkan tepung ketan. Sebaiknya tepung ketan ini jangan disimpan terlalu lama, karena akan mempengaruhi pada hasil kue. Gunakan tepung ketan yang segar/baru yang bagus untuk membuat makanan atau kue-kue.[2] Tepung yang baru ditumbuk akan menghasilkan kualitas kue yang kenyal dan wangi.[3]

Baca juga  Info Terbaru Katalog & Daftar Harga Prasmanan Set Vicenza

Tepung ketan sifatnya lengket seperti beras ketan. Dapat dimasak menjadi berbagai makanan kecil atau jajan. Karena sifatnya lengket, bila dicampur dengan santan menjadi tidak terlalu lengket. Ada dua macam ketan, yaitu ketan putih dan ketan hitam. Ketan hitam biasanya dibuat tape atau dimasak bubur ketan hitam yang dihidangkan dengan santan kental, sangat kontras dengan ketan. Jadi, sangat menarik dan rasanya sangat gurih.[4]

Tak hanya untuk membuat aneka jajanan manis, tepung ketan juga dapat digunakan sebagai bahan dasar aneka olahan makanan bercita rasa , seperti kerupuk opak, telur gabus, hingga kuliner khas Korea Selatan macam tteokbokki.

Cara Penyimpanan Tepung Ketan

Seperti halnya jenis tepung lainnya, tepung ketan juga sangat rentan kutuan, jamuran, dan bau apek bila tidak disimpan dengan benar. Jika kondisinya sudah demikian, maka tepung ketan tersebut sudah tak layak untuk dipakai lagi. Lantas, bagaimana cara menyimpan tepung ketan supaya awet lebih lama?

Nah, bila Anda masih mempunyai sisa tepung ketan, sebaiknya langsung pindahkan dalam sebuah wadah yang bersih, kering, dan tentunya kedap udara. Jangan biasakan untuk tetap menyimpan tepung ketan di dalam plastik aslinya, sebab dikhawatirkan plastik aslinya itu sudah dalam kondisi yang kurang baik, entah berlubang atau sobek kecil yang mungkin tidak terlihat oleh mata Anda. Tutup wadah penyimpanan serapat mungkin, kemudian masukkan dalam kulkas (bagian chiller). Anda bisa juga menyimpan tepung ketan di suhu ruangan yang stabil atau tidak lembap dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Baca juga  Harga Floor Drain Toto (Semua Tipe)

Dengan cara itu, tepung beras ketan Anda dapat bertahan lebih lama sampai sebelum tanggal expired (kedaluwarsa). Apabila hendak memakai tepung ketan itu lagi, Anda cukup mengambil sendok yang kering dan bersih dan menakarnya sesuai kebutuhan. Kemudian tutup kembali dan simpan tepung ketan dalam kondisi seperti semula.

Tepung ketan hitam maupun tepung ketan putih saat ini sudah banyak dijual di pasaran dalam berbagai merek. Jika dibandingkan dengan tepung ketan hitam, pilihan merek tepung ketan putih memang relatif lebih terbatas. Sebagai gambaran, berikut ini informasi lengkap daftar harga tepung ketan hitam dan putih di pasaran dalam berbagai merek maupun ukuran.

Daftar Harga Tepung Ketan Hitam

Ilustrasi: Tepung Ketan Hitam (credit: tokoindonesia.co.uk)

Ilustrasi: Tepung Ketan Hitam (credit: tokoindonesia.co.uk)

Merek Tepung Ketan HitamHarga (Rp)
Tepung Ketan Item Cahaya Pratama 250 gr7.200
Tepung Ketan Hitam Ketanku 250 gram8.500
Tepung Ketan Hitam Mega Kharisma 250 gr8.900
Tepung Ketan Hitam Kuda Laut 250 gr8.999
Tepung Ketan Hitam Ny Suri 250gr9.000
Tepung Ketan Hitam Feat Margazine 250 gr9.000
Tepung Ketan Hitam Asli BK KS Group Bandung 250 gr9.000
Tepung Ketan Hitam Halus Mahkota 250 gr9.500
Tepung Ketan Hitam Prima Boga 250 gram10.500
Tepung Ketan Hitam PrimsFood TKH 250 g12.000
Tepung Ketan Hitam Kumala 250 gr12.500
Tepung Ketan Hitam Nada 350 gr18.000
Tepung Ketan Hitam Donnica 500 gr21.500
Tepung Ketan Hitam Lingkar Organik 500 gram24.000
Tepung Ketan Hitam Merbabu 500 g27.000
Tepung Ketan Hitam (TKH) 500 g27.500
Tepung Ketan Hitam Mama Kamu 500 gr42.000
Tepung Ketan Hitam 1 kg repack50.000
Baca juga  Harga Taco Sheet per Roll (Berbagai Tipe)

Daftar Harga Tepung Ketan Putih

Ilustrasi: Tepung Ketan Putih (credit: financialtribune)

Ilustrasi: Tepung Ketan Putih (credit: financialtribune)

Merek Tepung Ketan PutihHarga (Rp)
Tepung Ketan Putih Rose Brand 500 gram9.000 – 16.900
Tepung Ketan Putih Mama Kamu 500 gr22.000 – 26.500
Tepung Ketan Putih Pulut Thailand Cap Gajah Erawan Brand 500 g23.000 – 33.000
Tepung Beras Ketan Putih Suji Wangi Premium Thailand 500 gram12.500
Tepung Ketan Putih 500 gram Aromanis12.000
Tepung Ketan Putih NE 500 gr12.000
Tepung Ketan Putih Rose Brand 500 gram 1 karton isi 20 bungkus209.999 - 215.000

Informasi harga tepung ketan hitam dan putih di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga tepung ketan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga tepung ketan di pasaran bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang membutuhkan tepung ketan hitam maupun putih untuk membuat aneka jajanan, Anda bisa membelinya di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, toko-toko bahan kue, atau di pusat perbelanjaan terdekat. Namun, bila kesulitan untuk menemukannya, tak ada salahnya untuk membeli tepung ketan secara online melalui sejumlah situs e-commerce favorit Anda.

[1] Gardjito, M. 2013. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia (hlm 160-161). Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] N, Hanifa dkk. 2006. Aneka Makanan dari Tepung Ketan dan Umbi-umbian (hlm 16). Ai TN, editor. Jakarta: Ganeca Exact.

[3] Yasa Boga. 2008. Kue-kue Indonesia (hlm 12). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[4] Tarwotjo, CS. 1998. Dasar-dasar Kuliner (hlm 61). Jakarta: Grasindo.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Cara Menyimpan & Harga Tepung Ketan (Hitam dan Putih)"