Info Karakteristik & Harga Ikan Koki Ranchu

ikan mas koki yang unik dan cantik untuk dipelihara sangat banyak. Apabila Anda sedang mencari ikan mas koki, tak ada salahnya melirik jenis ikan koki ranchu. Ikan satu ini punya corak tubuh yang menarik dan relatif mudah untuk dipelihara. ikan koki ranchu di pasaran bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah per ekor, tergantung warna dan juga ukurannya.

Ikan mas koki ranchu (sumber: riofarm.com)
Ikan mas koki ranchu (sumber: riofarm.com)

Tentang Ikan Koki Ranchu

Koki ranchu termasuk yang cukup tua. Ditemukan di Jepang sekitar tahun 1784. Di Jepang, koki ini paling disenangi sehingga disebut ranchu (koki ganteng). Sepintas bentuknya mirip dengan lion head, tetapi tidak memiliki jambul.[1]

Bacaan Lainnya

Ikan hias yang satu ini merupakan ikan yang memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang sangat mungil dan unik. Kebanyakan orang menyebutnya dengan koki. Nah, ikan koki ranchu mempunyai ciri khas memiliki ukuran perut yang besar dengan panjang tubuh sekitar 5 cm. Ikan ini tergolong ikan yang sangat aktif, baik di dalam habitatnya maupun akuarium. Tak heran jika ikan ini mampu bertahan hidup hingga berusia 20 tahun. Kegemaran ikan hias ini ialah hidup secara berkelompok dengan sesama jenisnya.[2]

Baca juga  Harga Tiket Bioskop Detos (Weekday, Weekend, Hari Libur)

Ikan mas koki ranchu memiliki bentuk tubuh yang bulat gempal. Jika dilihat dari posisi atas, ikan ini terlihat memiliki punggung yang lebar dan jika dilihat dari samping terlihat punggung yang membungkuk. Bentuk kepalanya bulat dan besar yang dihiasi dengan jambul yang merata dari bagian pipi hingga atas kepala. Kepala hampir sama besar dengan tebal tubuh. Ekornya membuka lebar dengan posisi sirip yang tegak semi vertikal.

Warna tubuh dan sirip ranchu beragam seperti merah cemerlang (bright red), kuning berkilau (golden), hijau tua (deep green), biru kehitaman (dark blue), hitam (black), kombinasi merah dan putih (red and white), kombinasi putih kuning (white and yellow), kombinasi coklat hitam (chocolate and black), dan kombinasi putih, merah dan hitam (calico).

Ranchu dibedakan dari cara pandang terhadap warna tubuh dan karakternya. Ranchu top view, warna tubuh teratur dan simetris di kedua sisi. Karakternya agak agresif, lincah, dan karakternya suka mengganggu mas koki lainnya. Ranchu side view memiliki warna yang cemerlang dan simetris dengan bentuk sirip ekor yang membentang lebar. Karakternya pasif, gerakannya lamban dan cinta damai.[3] Jika Anda penasaran, berikut info daftar ikan koki ranchu di pasaran Indonesia.

Baca juga  Update Harga Mini Pomeranian (Asli, Mix, Anakan, Dewasa)

Ikan Koki Ranchu

Ikan mas koki ranchu (sumber: shopee)
Ikan mas koki ranchu (sumber: shopee)
Jenis & Ukuran Ikan Koki Ranchu Harga (Rp)
Ikan Mas Koki Ranchu size 5-6 cm 30.000
Ikan Koki RanchuBufallo baby size 6-7 cm white body 71.200
Ikan Koki Ranchu Snow White Baby Bufallo size -7 cm 71.200
Ikan Mas Koki Baby Ranchu Yellow Sunkist size 6-7 cm 71.200
Ikan Mas goldfish ranchu size 8-9 cm 85.000
Ikan Mas Koki Ranchu Jumbo 10-12 cm 120.000
Ikan Mas Koki Ranchu black solid 12-13 cm 175.000
Ikan Mas Koki Black Ranchu Line Thailand Size 9-10 cm 199.000
Ikan Mas Koki Ranchu Kirin Blue Base 250.000
Ikan Hias Mas Koki RanchuLionchu Hybrid Thailand Line 900.000
Ikan Mas Koki Ranchu Calico Jumbo size 17-18 cm 1.200.000
Ikan Koki Ranchu Blue Base Kirin Tancho Jumbo Fancy (16cm) 1.500.000

Informasi ikan koki ranchu di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa harga ikan mas koki ranchu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga ikan koki ranchu yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda tertarik untuk memelihara ikan koki ranchu, Anda bisa membelinya di pasar ikan hias terdekat yang ada di kota Anda, baik secara offline maupun online.

Baca juga  Info Terbaru Harga Huruf Timbul Stainless (Berbagai Ukuran)

[1]Redaksi Agromedia. 2008. Pintar Ikan Hias Populer. Agung S, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 69.

[2]Puspita, E. 2019. Ragam Desain Penghias Interior Rumah. Wina L, editor. Yogyakarta: Noktah, hlm 83.

[3]Indah, P. 2015. Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer. Jakarta: Putra Danayu Publisher, hlm 111.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.