Update Harga Ikan Kembung per Kilo di Pasaran

Bagi anda penggemar , pastinya sudah tidak asing dengan ikan kembung. Ini adalah jenis ikan yang memiliki daging dengan citarasa gurih dan lembut. Bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan lezat, harga ikan kembung per kilo di pasaran relatif terjangkau. Selain itu, ikan kembung juga tersedia dalam segar, frozen, dan bakar.

Ikan Kembung Segar (sumber: goodfon.ru)
Ikan Kembung Segar (sumber: goodfon.ru)

Karakteristik Ikan Kembung

Ikan kembung dengan nama ilmiah R. kanagurta merupakan salah satu ikan pelagis ekonomis yang menjadi target utama para nelayan, karena permintaan pasar yang tinggi dan bersifat mudah ditangkap.[1] Bisa dibilang, meskipun harga jualnya terbilang cukup terjangkau dibandingkan ikan laut lainnya, keuntungan penjualan ikan kembung bagi nelayan sangat tinggi.

Bacaan Lainnya

Masih satu kerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan mackerel, ikan kembung mempunyai bentuk tubuh seperti torpedo. Sekilas, itu juga mirip dengan ikan tuna, hanya saja ukurannya lebih kecil dan berwarna cerah. Untuk ikan kembung yang ideal, ukurannya tidak lebih dari 15 cm.

Secara morfologi, badan ikan kembung juga terbilang lebih pipih dan tinggi dibandingkan ikan makarel. Ciri khas ikan kembung adalah, sisi dorsal yang gelap, dengan warna biru kehijauan di dekat pangkal sirip punggungnya. Ada juga ikan kembung dengan semburat kuning di bagian bawah punggungnya. Sementara itu, sama seperti keluarga pelagis lainnya, sisik ventral ikan kembung berwarna keperakan.

Bukan termasuk jenis ikan yang ramah bagi orang yang awam memasak ikan, bagian sirip, insang, dan ekor ikan kembung sangat tajam. Anda harus berhati-hati saat mencucinya. Supaya tidak terluka, sebaiknya gunakan sarung tangan lateks saat membersihkan ikan. Namun, jika Anda sudah ahli di dapur, hal itu tidak menjadi masalah.

Meskipun termasuk jenis ikan pelagis yang berdaging, daging ikan kembung tidak terlalu berserat dan keras seperti ikan pelagis lainnya. Setelah dimasak, daging ikan kembung cenderung lembut, juicy, dan mudah dikunyah. Ini juga yang membuatnya menjadi hidangan favorit para konsumen. Selain lezat, ternyata daging ikan kembung juga mempunyai manfaat seperti berikut.

Manfaat Daging Ikan Kembung

Masakan olahan ikan kembung (sumber: cdn.wonderin.id)
Masakan olahan ikan kembung (sumber: cdn.wonderin.id)

Sumber Rendah Kalori

Ikan kembung termasuk jenis ikan yang diklaim mempunyai kadar kalori sedikit, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu diet sehat. Anda bisa mengolahnya menjadi ikan kembung bakar atau kukus supaya lebih sehat.

Jangan khawatir jika Anda tidak mempunyai banyak bumbu. Hanya dengan sedikit garam, perasan jeruk nipis, dan sesendok kecap manis, ikan kembung Anda sudah siap dibakar. Setelah itu, Anda tinggal menyantapnya dengan nasi hangat.

Mengatasi Anemia

Bagi Anda yang mempunyai gangguan darah rendah atau anemia dan sering kambuh, tak ada salahnya untuk mencoba makan ikan kembung secara rutin. Ikan kembung dinilai baik untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena ikan kembung mengandung banyak zat besi. Sementara itu, penderita anemia umumnya juga kekurangan zat besi.

Meningkatkan Perkembangan Otak

Memasuki usia golden age, yakni 3-5 tahun, perkembangan otak pada anak-anak sangatlah pesat. Sebagai orang tua, Anda harus mendukung perkembangan otak si kecil dan salah satunya adalah memberikan bahan pangan yang mengandung protein tinggi seperti ikan kembung.

Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Ikan kembung juga diketahui mengandung vitamin lengkap, seperti vitamin A, C, dan D. Nah, dengan kandungan vitamin yang tinggi, Anda bisa mengonsumsi ikan kembung untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya imun yang baik, maka Anda tidak mudah terkena penyakit.

Untuk mendapatkan semua manfaat ikan kembung, tentunya Anda harus membelinya terlebih dahulu. Tidak sulit menemukan ikan kembung, karena sudah banyak yang menjualnya. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau secara online. Berikut referensi harga ikan kembung per kilo di pasaran.

Ikan kembung (sumber: liputan6)
Ikan kembung (sumber: liputan6)

Harga Ikan Kembung per Kilo

Varian Ikan KembungHarga per Kg (Rp)
Ikan Kembung Layang Frozen36.000
Ikan Kembung Banjar Beku43.000
Ikan Kembung Layang Segar48.300
Ikan Kembung Mata Belo55.000
Ikan Kembung Banjar Segar52.999
Ikan Kembung Asap70.000

Harga ikan kembung di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga ikan kembung tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2022 lalu, harga ikan kembung per kg tahun 2023 mengalami kenaikan. Misalnya ikan kembung banjar beku yang sebelumnya dijual Rp40 ribu, sekarang naik jadi Rp43 ribu per kilo.

[Update: Dian]

[1] Aprilia, Riska, Susiana, Wahyu Muzammil. 2021. Tingkat Pemanfaatan Ikan Kembung (Rastrelliger kanagurta) di Perairan Mapur yang Didaratkan di Desa Kelong, Kabupaten Bintan Jurnal Kelautan Universitas Maritim Raja, Vol. 14(2): 111-119.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *