Harga Heavy Cream Semua Merk di Pasaran

No comment3646 views

Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan bahan bernama heavy cream. Bahan olahan susu tersebut biasanya dipakai untuk menambah rasa pada kue atau sebagai topping. Sudah banyak orang menjual heavy cream dengan berbagai merek dagang yang harganya bisa dikatakan relatif terjangkau.

Kegunaan Heavy Cream

Heavy cream (sumber: foodsguy.com)

Heavy cream (sumber: foodsguy.com)

Selain dipakai untuk membuat kue, heavy cream juga sering dijadikan sebagai bahan campuran es krim. Teksturnya yang cair dengan kadar lemak tinggi, dapat mengubah adonan es krim menjadi lebih lembut dan creamy. Kadar lemak susu pada heavy cream memang cenderung lebih tinggi dibanding susu cair UHT atau whipped cream.[1]

Dilansir dari Resep Koki, heavy cream memiliki kadar lemak susu sekitar 36% hingga 40%, sedangkan whipped cream memiliki komposisi lemak sekitar 30% hingga 36%. Sementara itu, susu UHT hanya memiliki lemak susu di bawah 30% hingga 35%. Banyaknya lemak susu pada heavy cream membuat produk tersebut lebih kental dibanding susu biasa atau whipped cream.

Cara membuat es krim dengan heavy cream tidaklah sulit, yang penting Anda sudah menyiapkan sekotak heavy cream. Perlu Anda ketahui, di pasaran sendiri, heavy cream tersedia dalam bentuk cair dan dikemas dalam kotak seperti susu UHT. Hal ini berbeda dengan whipped cream yang tersedia dalam bentuk bubuk atau padat.

Baca juga  Update Harga Parafin Bath dan Alatnya

Selain heavy cream, Anda perlu menyiapkan kental manis sesuai selera dan bahan tambahan lain sebagai topping. Anda dapat memilih topping cokelat, selai blueberry, buah strawberry potong, remah-remah biskuit oreo, atau choco chips. Setelah itu, siapkan mixer dan wadah mangkuk atau baskom plastik.

Tuang 500 ml heavy cream pada mangkuk dan aduk dengan kecepatan tinggi selama 30 menit atau hingga kaku. Heavy cream yang sudah set, biasanya tidak berair dan tidak mudah geser. Tambahkan kental manis sesuai selera atau sebanyak 150 ml, jika Anda suka es krim yang manis. Kocok adonan dengan mixer berkecepatan sedang hingga lembut dan tidak terlalu kaku.

Cicipi adonan, dan jika adonan kurang manis, bisa ditambahkan kental manis. Sebaliknya, jika adonan terlalu manis, maka Anda bisa menambahkan sedikit heavy cream dan mengocoknya dengan mixer hingga teksturnya lembut. Selain menambahkan kental manis, Anda bisa langsung menuangkan buah potong, selai, sirup, cokelat, dan bahan topping lainnya.

Baca juga  Info Terkini Pengertian, Jenis, dan Contoh Biaya Produksi

Aduk adonan menggunakan atau spatula plastik dengan lembut. Setelah topping tercampur rata, masukkan adonan ke dalam kotak plastik dan tutup rapat. Agar lebih cantik, biasanya orang menambahkan sedikit warna makanan sesuai dengan varian rasanya. Beberapa orang juga suka menambahkan jus buah sebagai penambah rasa pada es krim mereka.

Masukkan kotak berisi adonan es krim ke dalam freezer selama 6 hingga 8 jam. Setelah es krim beku dan agak keras, Anda bisa langsung mengeluarkannya. Keluarkan es krim dari kotak plastik dan potong menjadi beberapa bagian, lalu hidangkan. Sebagai garnish, Anda bisa menambahkan potongan daun mint, irisan jeruk lemon, dan cincangan buah segar.

Es krim homemade (sumber: apinchofhealthy.com)

Es krim homemade (sumber: apinchofhealthy.com)

Selain dinikmati secara langsung, es krim heavy cream akan lebih nikmat jika dicampur ke dalam segelas minuman bersoda. Ini akan mengubah rasa minuman menjadi lebih creamy dan bertekstur lembut. Minuman es krim soda bisa akan lebih menyegarkan jika dikonsumsi saat hari sedang panas atau terik.

Baca juga  Update Harga Perawatan di Farina Beauty Clinic Karawang

Perlu Anda ketahui, karena tekstur heavy cream tergolong cair, maka Anda harus bersabar saat mengocoknya dengan mixer. Hindari mengocok heavy cream dengan mixer meja. Sebaiknya Anda mengocoknya dengan mixer secara manual sambil diaduk atau digoyangkan dengan kecepatan penuh. Sehingga, heavy cream dapat berubah kaku dan mengembang dengan sempurna.

Harga Heavy Cream

Merk/Jenis Heavy CreamHarga (Rp)
Rich's Original 907 gr42.500
Anchor 1 l80.000
Millac gold 1 l83.500
Millac Roselle Supreme 1 l59.500
Monna Lisa 1 l42.000
Rich's Gold 907 gr48.000
Master Gourmet Gold 1 l49.800
Rich's Bettercreme 907 gr42.500
Tatua 1 l88.000

Perlu Anda ketahui bahwa harga heavy cream di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber termasuk situs jual beli . Harga heavy cream tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Masykuri, dkk. 2012. Resistensi Pelelehan Over/Run dan Tingkat Kesukaan Es Krim Vanilla yang  Terbuat dari Bahan Utama Kombinasi Krim Susu dan Santan Kelapa. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, Vol. 1(3): 78-82.

 

author

Leave a reply "Harga Heavy Cream Semua Merk di Pasaran"