Info Terbaru Harga Headlamp Honda CS1 (Original dan KW)

Meski bisa dikatakan sebagai ‘gagal’, namun City Sport 1 (CS1) merupakan salah satu motor buatan yang sempat menarik perhatian konsumen di Indonesia. Saat ini, kuda besi tersebut memang sudah tidak diproduksi lagi, tetapi Honda CS1 masih banyak yang diburu sebagai bahan modifikasi, salah satunya bagian headlamp atau lampu utama yang sekarang ditawarkan di kisaran harga ratusan ribu rupiah untuk yang diklaim orisinal atau asli.

Honda CS1 (sumber: jualo.com)

Honda CS1 (sumber: jualo.com)

CS1 terlahir dari persaingan pasar yang ketat yang membuat pabrikan dituntut untuk melahirkan inovasi terbaru guna memikat konsumen, tak terkecuali dengan Honda. Pabrikan asal Jepang itu pun rajin merilis model motor terbaik dan terkadang dengan desain unik, salah satunya model Honda City Sport One atau biasa disebut Honda CS1.

Secara tampilan, motor yang mengusung tagline “comfort, speed, action” ini memang unik dengan memadukan desain motor sport dengan motor bebek. Honda CS1 hadir dengan desain sporty ala motor sport Honda lainnya, namun tetap mengusung bodi yang lebih ramping dan kompak. Selain desain yang unik, motor ini juga telah dibekali dengan adjustable light pada sektor lampu depan. Lampu depan Honda CS1 dibuat secara modern dan dipasangi multi-reflektor juga bulb untuk menghasilkan cahaya semaksimal mungkin.

Sementara, untuk sektor jantung pacu, pabrikan dengan logo sayap mengepak telah membekali CS1 dengan mesin 4-stroke, SOHC, berkapasitas 124,7cc, berpendingin radiator. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga 12,8 PS pada putaran 10.000 rpm dan torsi puncak menembus 1,04 kg-m pada putaran 7.500 rpm.

Sayangnya, eksistensi CS1 tidak berlangsung lama di Tanah Air dan terpaksa berhenti produksi pada tahun 2013. Ada beberapa alasan kenapa sepeda motor ini tidak laris di , seperti harga yang dinilai terlalu mahal pada zamannya untuk motor 125cc, torsi motor yang kurang terasa, perpindahan gear yang dirasa kurang nyaman, shock belakang yang keras, penerangan lampu kurang maksimal, dan desain kombinasi sport bike dengan moped yang dianggap aneh.

Headlamp Honda CS1 - (Sumber: dolanotomotif.com)

Headlamp Honda CS1 - (Sumber: dolanotomotif.com)

Meski demikian, seperti diutarakan di atas, komponen dari Honda CS1 masih banyak diburu, terutama oleh kalangan modifikator, salah satunya headlamp.  Headlamp sendiri menjadi perangkat penting untuk bermotor, khususnya roda dua. Pasalnya, penerangan pada sepeda motor tidak hanya berfungsi penting ketika digunakan untuk berkendara pada malam hari, tetapi juga sebagai keamanan untuk berkendara di siang hari.

Terlepas dari fungsi pentingnya, headlamp sepeda motor memiliki sejumlah bagian, mulai dari bola lampu, reflektor, kaca dan cover. Menariknya, pada bagian reflektor headlamp tersebut, ada istilah unik yang umumnya digunakan masyarakat. Part pemantul cahaya itu sering disebut dengan istilah 'batok lampu', yang diperkirakan diambil dari bentuknya, yang dulu mayoritas memang berbentuk bulat.

Nah, khusus headlamp milik Honda CS1, Anda sekarang bisa mendapatkan produk asli (orisinal) maupun KW-nya di banyak bengkel maupun situs jual beli online. Untuk produk yang diklaim asli atau orisinal buatan PT AHM, sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp250 ribu hingga Rp310 ribuan per unit. Sementara, untuk produk KW atau palsu, dijual dengan harga mulai Rp85 ribuan per unit.

Baca juga  Update Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Headlamp Honda CS1 (Original dan KW)"