Info Lengkap Harga Ikan Hias Guppy AFR di Pasaran

Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri sebagai pajangan di rumah. Ukurannya yang relatif kecil dengan gerak lincah, hingga corak warnanya yang indah tentu pemiliknya terkesan. Salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati masyarakat yaitu Guppy ARF. Warna coraknya yang beragam dengan harga terjangkau menjadi keunggulan ikan hias satu ini.

Ikan guppy afr (sumber: jualguppy.com)

Ikan guppy afr (sumber: jualguppy.com)

Ikan Guppy atau memiliki nama latin Poecilia reticulata merupakan ikan hias air tawar yang berukuran kecil. Guppy berasal dari Trinidad, Barbados, Guyana, Brasil, dan Asia Tenggara. Diberi nama Guppy karena berasal dari nama penemunya yakni DR. Robert Lechmere Guppy. Ikan ini dapat berkembang biak secara optimal pada suhu 25-28 derajat celsius dengan pH sekitar 7,0 dan kekerasan 20 derajat dH.[1]

Ikan Guppy tidak bertelur, tetapi berkembang biak dengan melahirkan. Si induk Guppy akan mengandung selama satu bulan. Rata-rata ikan ini melahirkan 50 ekor anak ikan. Begitu lahir, ikan guppy dapat mencari makan sendiri. Ikan Guppy termasuk omnivore dengan makanannya berupa ikan-ikan kecil dan larva serangga yang menetas di air.[2]

Baca juga  Cara Budidaya dan Harga Koi Slayer Semua Jenis

Perbedaan ikan Guppy jantan dan betina dari segi warna dan ukurannya. Ikan Guppy jantan memiliki corak yang beragam dibandingkan betina yang lebih monoton pada satu warna. Sementara dari segi ukuran, ikan betina jauh lebih besar karena harus mengandung. Panjang ikan betina 4cm  sampai 6 cm, sedangkan ikan jantan hanya 2 cm sampai 3 cm saja.

Meskipun kecil, ikan Guppy termasuk ikan kanibal yang memangsa bangsanya sendiri. Apabila kehabisan makanan ikan Guppy dapat memakan teman atau anaknya sendiri. Disarankan untuk memelihara lebih dari empat ekor ikan Guppy di dalam akuarium. Tidak disarankan hanya memelihara 2 ekor karena akan saling menyerang.

Ikan Guppy memiliki beberapa jenis, meliputi Cobra, Metalik, Japan Blue, Pink White, Tuxedo, Mozaic, Grass, Leopard, AFP, hingga AFR. Nah, untuk ikan Guppy AFR memiliki corak warna dominan dan terbagi dalam beberapa jenis lainnya. Bagi Anda yang berminat mengoleksi ikan Guppy AFR, berikut referensi harga ikan Guppy di pasaran.

Harga Ikan Guppy AFR

Ikan guppy afr (sumber: jualguppy.com)

Ikan guppy afr (sumber: jualguppy.com)

Jenis Ikan Guppy AFRKisaran Harga (Rp)
Guppy AFR Jantan15.000
Guppy AFR Betina15.000
Guppy AFR Fancy17.500
Guppy Albino Full Red Betina20.000
Guppy Full Red Blonde AFR Jantan24.900
Guppy Albino Full Red (sepasang)25.000
Guppy AFR BD (juve/remaja)25.000
Guppy AFR Albino Full Red33.000
Guppy AFR Big Dorsal remaja per ekor40.000
Guppy AFR Grade A size M pasangan50.000
Guppy AFR Albino Full Red Grade AMulai 75.000 – 350.000
Guppy AFR 1 Pair100.000
Guppy AFR Trio Grade A+++100.000
Guppy AFR Big Dorsal Merah Merona Pekat indukan umur 4 bulan120.000
Guppy AFR Ribbon SWR per pasang150.000
Baca juga  Harga Mini Pomeranian (Asli, Mix, Anakan, Dewasa)

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga ikan jenis Guppy AFR dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli ikan tersebut di toko ikan hias maupun secara online di sejumlah marketplace terpercaya. Harga yang ditawarkan bersaing, tinggal bagaimana Anda memilih toko online terbaik.

Di beberapa situs online juga ditawarkan paket ekonomis di mana Anda akan mendapatkan ikan Guppy AFR lengkap dengan akuariumnya. Harga paket akuarium mini plus ikan Guppy AFR yakni Rp105 ribuan. Dalam paket tersebut, Anda akan mendapatkan aquarium mini, ikan Guppy AFR 1 pasang, pakan, penjernih air, batu Italy, dan hias. Paket tersebut dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang mulai memelihara ikan Guppy jenis AFR.

Selain AFR, ikan Guppy juga memiliki lain yaitu AFP. Dapat dilihat dengan jelas, keduanya memiliki perbedaan dari segi warna dan . Jika ikan Guppy AFR dominan berwarna merah, sedangkan AFP berwarna putih. Soal harga, keduanya ditawarkan dengan harga yang tak jauh berbeda. Ikan Guppy AFP betina dijual mulai Rp50 ribu per ekor, sedangkan Guppy AFP Ribbon Per Trio Grade A+++ dijual seharga Rp130 ribu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Bioskop XXI Hari Jumat dan Weekday (Senin-Kamis)

[1] Yusuf, S.E. Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer: Aneka Jenis Ikan Air Tawar Hias (Jakarta: Penerbit Putra

Danayu Publisher, 2010), Hlm. 63

[2] Ayati, Nur. Aku Ingin Tahu Sains 2: Kehidupan di Air Tawar (Jakarta: Elex Komputindo, 2010), hlm. 21

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Harga Ikan Hias Guppy AFR di Pasaran"