Harga Groupset Shimano Deore 9 Speed di Pasaran

Bagi para pencinta , pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Shimano. Ini adalah brand asal Jepang yang terkenal akan produk groupset-nya. Shimano sendiri telah merilis banyak groupset, salah satunya seri Deore 9 speed yang terutama ditujukan untuk sepeda kelas menengah. Di , groupset ini dijual dengan rata-rata jutaan rupiah.

Groupset bisa dikatakan sebagai bagian yang berperan dalam mengatur laju sepeda, untuk menambah kecepatan, mengatur enteng-beratnya kayuhan, serta menghentikan laju sepeda. Groupset terdiri dari satu set rem depan dan belakang lengkap cakram (disk brake) dan tuas rem (brake lever), satu set gigi depan (chain ring) dan belakang (sprocket) lengkap dengan rantai (chain), pedal, lengan pedal (crank), dan rumah as pedal (bottom bracket). Selain itu, ada mekanis pemindah gigi depan (front derailleur) dan belakang (rear derailleur) yang dilengkapi tuas pemindah gigi (shifter).

Harga Groupset Shimano Deore - www.bukalapak.com

Harga Groupset Shimano Deore - www.bukalapak.com

Dari sekian banyak merk groupset yang beredar di pasaran, brand yang bisa dibilang sangat populer adalah Shimano. Ini adalah perusahaan asal Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1921 silam, dengan nama Shimano Iron Works di Sakai, dekat Osaka. Hanya dalam waktu sepuluh tahun, Shimano telah mengekspor produknya sampai ke China. Bisnis ini resmi sebagai perusahaan terbatas dan komersial pada Januari 1940 di bawah nama Shimano Iron Works Co, Ltd., dan pada tahun 1951, perusahaan ini berganti nama menjadi Shimano Industrial Co, Ltd.

Pabrikan mulai membuat Derailleur yang terkenal pada tahun 1956. Produk ini juga disebut sebagai pengubah kecepatan eksternal. Derailleur adalah mekanisme yang memindahkan rantai sepeda dari pada gigi sepeda yang memiliki sampai dengan 10 kecepatan. Tahun berikutnya, Shimano mulai memproduksi internal gearing 3 kecepatan, merupakan mekanisme yang ditutupi dalam pusat roda belakang. Pengubah kecepatan internal ini diperkenalkan ke pasar AS beberapa tahun kemudian dan segera menjadi standar untuk tiga kecepatan sepeda. 

Pada tahun 2005, perusahaan ini telah memperoleh penjualan bersih mencapai 1,4 miliar dolar AS, dengan sepeda memperoleh keuntungan 75 persen dari total penjualan. Memancing menghasilkan 23 persen dari pendapatan penjualan perusahaan, sedangkan produk lain, termasuk peralatan dan bagian snowboarding yang diproduksi, hanya berkontribusi sekitar 2 persen dari total keuntungan penjualan. Shimano sempat memproduksi peralatan golf sampai 2005, tetapi karena keuntungan yang diperoleh tidak signifikan, maka produk Shimano untuk peralatan golf ditutup. 

Di segmen sepeda gunung atau MTB, Shimano sudah meluncurkan beragam groupset yang bisa dipilih konsumen sesuai anggaran dan kebutuhannya. Setiap seri groupset memiliki keunggulan berbeda dan ditujukan untuk kepentingan yang berbeda pula. Berikut beberapa varian groupset buatan Shimano yang laris di pasaran.

Varian Groupset Shimano

  • Shimano Tourney, bisa dikatakan sebagai kelas paling bawah. Groupset ini didesain untuk penggunaan sehari-hari, dan banyak dipasang di sepeda ‘murah’, karena groupset ini memang memiliki harga yang paling ekonomis. Jadi, untuk perlombaan profesional, tidak disarankan untuk menggunakan groupset ini. 
  • Shimano Altus, sedikit di atas Shimano Tourney, namun ecara spesifikasi dan harga, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Shimano Tourney. 
  • Shimano Acera, seri yang mulai terjadi perbedaan yang cukup terasa dibandingkan dua kelas di bawahnya (Altus dan Torney). Bahan yang digunakan pada groupset ini sudah lebih baik, selain yang sudah cukup bagus. Karena itu, groupset Shimano Acera lazim digunakan pada sepeda gunung kelas menengah.
  • Shimano Alivio, dikatakan sebagai varian paling laris milik perusahaan asal Negeri Matahari Terbit. Shimano Alivio sendiri sering tampak terpasang pada sepeda MTB kelas menengah ke atas. Groupset ini menggunakan teknologi Shimano Deore, yang notabene berada di atasnya, salah satunya teknologi Hollow Tech II pada crank yang membuat bobot sepeda dapat berkurang cukup signifikan.
  • Shimano SLX, punya desain berbeda (RD-nya) dari kelas-kelas yang ada di bawahnya. Shimano SLX ini sudah dirancang memiliki daya tahan yang baik untuk mengarungi rute pegunungan. Selain itu, groupset MTB ini juga diklaim memiliki tingkat presisi pada saat memindah gigi (gear) yang baik. Groupset Shimano SLX sendiri banyak dipasang pada sepeda MTB kelas atas.
  • Shimano XT, didesain untuk kalangan profesional. Karena itu, tidak heran jika groupset ini punya daya tahan yang baik dan dibuat dengan bahan pilihan dengan perlakuan tertentu. Selain daya tahan yang baik, groupset ini memiliki tingkat presisi yang tinggi. Ke-presisi-an saat memindah gigi tentunya sangat dibutuhkan oleh para atlet. Untuk menjamin ketepatan perpindahan gigi ini, Shimano membuat XT elektronik atau disebut dengan Di2. 
  • Shimano XTR, dikatakan sebagai groupset MTB terbaik buatan Shimano, setidaknya hingga saat ini. Groupset ini merupakan versi yang lebih bagus dari Shimano XT, dengan tingkat durabilitas yang lebih baik dan bobot yang lebih ringan. Seperti halnya model Shimano XT, varian Shimano XTR juga hadir dalam dua tipe, yaitu mekanik dan elektronik (Di2). Groupset ini sendiri banyak digunakan dalam berbagai ajang lomba balap sepeda gunung di seluruh dunia.

Review Shimano Deore 

Selain model-model di atas, Shimano juga merilis model Deore, yang seperti model Shimano Alivio, juga menjadi groupset keluaran Shimano yang paling laris di pasaran. Groupset ini sendiri banyak dipasang pada sepeda-sepeda MTB kelas menengah ke atas. Bagi kebanyakan penggemar sepeda, Shimano Deore sudah cukup menemani bersepeda dengan rute yang cukup sulit. Perbedaan mendasar antara Shimano Alivio dan Shimano Deore adalah terletak pada jumlah speed-nya. Shimano Alivio dibekali dengan kombinasi 3 x 9 atau 27 speed, sedangkan Shimano Deore sudah didukung 3 x 10 atau 30 speed.

Harga Groupset Shimano Deore - www.tokopedia.com

Harga Groupset Shimano Deore - www.tokopedia.com

Harga Shimano Deore 9 Speed

Merupakan merk yang populer, tidak sulit menemukan groupset keluaran Shimano di pasaran Indonesia. Anda bisa berburu komponen ini di toko peralatan sepeda tentunya, serta di beberapa situs jual beli online. Salah satu situs jual beli online menjualnya dengan harga Rp950.000 per set. Harga ini sudah termasuk shifter Deore M590, FD Deore M590, RD Deore M590, sprocket Deore HG50 9 Speed, dan chain Deore XT HG73 9 Speed.

Sementara, pedagang yang lain menjual groupset Shimano Deore 9 Speed dengan harga Rp1.050.000. Paket yang ditawarkan sudah termasuk shifter Deore M590 3x3, FD Deore M590, sprocket Deore 11-34t, dan RD SLX M662 medium. Di salah satu forum online, produk sejenis juga ada yang ditawarkan dengan harga Rp1,6 jutaan.

Jika Anda membutuhkan groupset Shimano Deore 10 speed, bisa memilih tipe Deore M6000 3 x 10 speed. Saat ini, produk baru komponen ini dijual dengan harga berkisar Rp3,5 juta hingga Rp4 jutaan. Varian lainnya adalah Shimano Deore M6000 2 x 10 speed yang dilepas dengan harga lebih murah, berkisar Rp2,8 jutaan.

Baca juga  Update Terbaru Harga Pedal Sepeda (Berbagai Merk)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Groupset Shimano Deore 9 Speed di Pasaran"