Update Harga Buku Atlas Anatomi Manusia Sobotta

Buku Sobotta, sebuah karya dari F. Paulsen & J. Waschke, disebut-sebut menjadi kitab wajib mahasiswa kedokteran. Hampir semua mahasiswa kedokteran memiliki dan menggunakannya sebagai buku babon dari awal perkuliahan sampai selesai. Bahkan, mereka yang sudah menjadi seorang dokter pun masih menggunakan buku ini. buku Sobotta tergolong cukup mahal, mencapai Rp1 jutaan.

Buku Sobotta atlas anatomy tubuh manusia (sumber: linibuku.com)

Buku Sobotta atlas anatomy manusia (sumber: linibuku.com)

Sobotta, dapat dikatakan sebagai atlas tubuh manusia. Berbicara tentang atlas, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah buku yang menggambarkan peta dunia, atau suatu kawasan secara detail dan terperinci. Anda pasti sudah pernah melihat peta, atau mungkin mempelajarinya. Apa yang Anda lihat? Suatu daerah lengkap dengan ibu kota, kabupaten, kota madya, sungai, gunung, atau mungkin ada danau, pantai barangkali. Bahkan dalam peta sebuah kota, di sana akan lengkap dengan jalan-jalan protokol, kecamatan, kelurahan, dan sampai ke tingkat kampung atau dusun.

Ilustrasi di atas hanya suatu perumpamaan. Tentunya Sobotta tak akan berbicara mengenai letak kota, kabupaten, ataupun sungai. Sebab, Sobotta bukan berisi mata pelajaran geografi. Membuka Sobotta seolah kita dituntun menyusun seluruh bagian tubuh manusia mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Dengan kata lain, Sobotta adalah sebuah buku yang menggambarkan struktur anatomi tubuh manusia.

Anatomi berasal dari kata Bahasa Yunani yaitu anatomia, dari kata anatemnein. Kata anatemnein sendiri gabungan dari dua kata yaitu ‘ana­’ yang berarti atas dan ‘tomien’ yang berarti memotong. Jadi, bisa diartikan bahwa anatomi berarti memotong dan mengangkat tubuh bagian makhluk hidup ke atas untuk mengetahui dan menyelidiki bagian yang ada di dalamnya. 

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang nama bagian tubuh dan susunan bagian tubuh itu dari bagian yang satu dengan yang lain. Ilmu anatomi dapat dibagi menjadi beberapa cabang, yaitu ilmu urai, morphologi, Zootomi, dan phytotomy. Ilmu urai adalah ilmu yang memisahkan bagian tubuh makhluk hidup, sedangkan Morphologi adalah ilmu yang mempelajari bagian bentuk bangunan makhluk hidup. Kemudian, Zootomi adalah anatomi hewan dan Phytotomy adalah anatomi tumbuh-tumbuhan.

Sobotta diklaim sebagai atlas anatomi tubuh terbaik dibandingkan atlas anatomi lainnya. Buku ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian pertama, terdapat bagian atas tubuh manusia meliputi kepala, leher, dan ekstremitas atas. Pada bagian kepala misalnya, pembaca akan mengetahui secara detail apa saja isi kepala manusia. -saraf yang menghubungkan antara satu bagian dengan bagian lainnya. -saraf itu bisa diibaratkan sebagai jalan pada peta yang seringkali kita lihat. Sementara, bagian-bagian kepala adalah kota-kota yang ada pada suatu daerah. Pun tulang-tulang tempat melekatnya daging digambarkan dengan jelas pada buku ini.

Kepala dalam buku ini tak hanya digambarkan sebuah kepala yang utuh, tetapi sampai pada hidung, mata, mulut, dan juga telinga. Pada bagian mulut misalnya, digambarkan mirip dengan aslinya, demikian pula dengan warna yang digunakan. Apa saja isi mulut, lidah, gigi, bahkan sampai ke bagian gusi. Mata dan hidung pun digambarkan secara detail, sampai ke bagian paling kecil sekalipun. Tidak hanya bagian ataupun saraf yang menghubungkan antar-bagian, buku ini juga berisi tentang penjelasan dari yang ada serta -fungsi dari setiap bagian yang ada.

Sementara, pada bagian kedua buku ini, menggambarkan bagian tubuh mulai dari batang badan, panggul, sampai pada ekstremitas bawah. Tak lupa peredaran darah pun digambarkan sejak dipompa pertama kali oleh jantung. Proses pengeluaran kotoran pun dijelaskan secara gamblang di buku ini. Pencernaan melalui usus-usus yang melilit di bagian tubuh manusia. Apalagi buku ini sengaja dibuat berwarna dan pewarnaannya pun hampir sama dengan bagian tubuh manusia. Kulit misalnya, pada buku itu kulit digambarkan sesuai warna kulit pada umumnya.

Barangkali Sobotta memang buku wajibnya anak kedokteran, sudah selayaknya seorang dokter mengetahui detail setiap inci tubuh manusia, bahkan yang tersembunyi sekalipun. Pembahasan dalam buku Sobotta cukup lengkap dan mudah dimengerti. Atlas yang terdiri dari tiga jilid ini dianggap paling bagus kelengkapannya, tapi harganya juga paling mahal. Kalau dihitung-, bisa untuk beli 2-3 buku kedokteran asli yang lain. 

Buku Atlas Sobotta disajikan dengan kualitas kertas dan visual terbaik. Koleksi gambarnya banyak dari berbagai titik potong dan kedalaman yang berbeda (superfisial-profunda). Bahasa yang digunakan atlas ini dalam bahasa latin, sesuai dengan yang digunakan dalam praktikum. Kekurangannya, karena ini adalah atlas tanpa teks penjelasan, jadi Anda tidak dapat korelasi antar strukturnya.

Buku Atlas Anatomi Manusia Sobotta - shopee.co.id

Buku Atlas Anatomi Manusia Sobotta - shopee.co.id

Harga Buku Sobotta

Edisi Buku SobottaHarga (Rp)
Buku Sobotta Edisi 21 (bekas)400.000
Buku Sobotta Histology Atlas475.000
Buku Sobotta Edisi 22 (bekas)570.000
Buku Sobotta Atlas Of Human Anatomy 15th600.000
Buku Sobotta 14 th Edition One Volume680.000
Buku Sobotta Atlas Anatomi Manusia750.000
Buku Sobotta Edisi 23 (bekas)900.000
Buku Sobotta Edisi 21 Original1.000.000
Buku Sobotta Edisi 24 (bekas)1.100.000
Buku Sobotta Edisi 22 Original1.301.000
Buku Original Sobotta Atlas1.225.000
Buku Sobotta Edisi 23 Original Jilid 11.800.000
Buku Sobotta Edisi 24 Original1.850.000
Paket Sobotta Atlas Of Human Anatomy 1,2,3 (English Version Dengan Istilah Latin) Ed. 162.100.000

Jika dibandingkan tahun lalu, harga buku Sobotta original tidak mengalami perubahan yang signifikan. Sebelumnya, range harga buku Sobotta original dibanderol mulai Rp1,5 juta hingga Rp2,5 jutaan. Saat ini, Anda dapat menyiapkan kocek sebesar Rp1 juta hingga Rp1,8 jutaan bila memesan melalui sejumlah situs online.

Sementara itu, terpantau pada penjualan offline seperti di toko buku Gramedia, harga Atlas Sobotta edisi ke-23 dijual seharga Rp2,4 jutaan. Sedangkan untuk edisi ke-24 terbilang lebih murah mulai Rp2 jutaan. Meski mahal, namun buku ini dapat diandalkan karena difokuskan untuk menghadapi ujian. Dengan total 700 gambar, baik gambar baru maupun yang telah direvisi, ditambah dengan tabel, menjadi dasar untuk memahami struktur-struktur anatomi. Keterangan gambar penjelas yang singkat dan tata nama yang dicetak tebal membuat struktur yang disajikan menjadi lebih mudah dimengerti.

[Ditta]

Baca juga  Update Harga Tiket dan Sewa Gazebo Transera Waterpark
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Buku Atlas Anatomi Manusia Sobotta"