Harga Groupset Shimano Alivio Terbaru di Pasaran

Berbicara mengenai groupset , nama Shimano tidak bisa dicoret dari . Pasalnya, merk asal Jepang ini memang sudah tersohor sebagai penyedia part sepeda jempolan. untuk groupset, Shimano pun sudah memiliki banyak , salah satunya Alivio yang diklaim sebagai paling laris. Di pasaran dalam negeri, groupset ini dijual dengan berkisar Rp2 jutaan.

Untuk Anda yang gemar berolahraga sepeda, terutama sepeda gunung atau , pasti sudah tidak asing lagi dengan groupset. Ini adalah rangkaian alat-alat mekanis yang ditujukan untuk mempermudah kayuhan sepeda. Istilah yang lebih profesional untuk komponen ini adalah drivetrain. Dan, salah satu penyedia groupset yang telah diakui secara global adalah Shimano.

Groupset Shimano Alivio - www.bukalapak.com

Groupset Shimano Alivio - www.bukalapak.com

Sebelum membahas mengenai groupset Shimano, tidak ada salahnya apabila kita mengulik sepintas mengenai perusahaan ini. Dilansir dari berbagai sumber, sejarah Shimano berawal dari tahun 1921 ketika Shimano Shozaburo mendirikan Shimano Iron Works di Sakai, dekat Osaka, Jepang. Dalam sepuluh tahun, Shimano diklaim sudah mampu mengekspor produknya sampai ke China. Bisnis ini resmi sebagai perusahaan terbatas dan komersial pada Januari 1940 di bawah nama Shimano Iron Works Co, Ltd., dan pada tahun 1951, perusahaan ini berganti nama menjadi Shimano Industrial Co, Ltd.

Shimano mulai membuat Derailleur yang terkenal pada tahun 1956. ini juga disebut sebagai pengubah kecepatan eksternal. Derailleur adalah mekanisme yang memindahkan rantai sepeda dari pada gigi sepeda yang memiliki sampai dengan 10 kecepatan. Tahun berikutnya, perusahaan mulai memproduksi internal gearing 3 kecepatan, merupakan mekanisme yang ditutupi dalam pusat roda belakang. Pengubah kecepatan internal ini diperkenalkan ke pasar AS beberapa tahun kemudian dan segera menjadi standar untuk tiga kecepatan sepeda. 

Pada tahun 2005, perusahaan ini telah memperoleh penjualan bersih mencapai 1,4 miliar dolar AS, dengan komponen sepeda memperoleh keuntungan 75 persen dari total penjualan. Memancing menghasilkan 23 persen dari pendapatan penjualan perusahaan, sedangkan produk lain, termasuk peralatan dan bagian snowboarding yang diproduksi, hanya berkontribusi sekitar 2 persen dari total keuntungan penjualan. Shimano sempat memproduksi peralatan golf sampai 2005, tetapi karena keuntungan yang diperoleh tidak signifikan, maka produk Shimano untuk peralatan golf ditutup.

Review Groupset Shimano Alivio

Seperti diutarakan di atas, Shimano sudah melemparkan banyak varian groupset untuk pasaran global. Nah, bagi para pemula, perusahaan ini memiliki varian Alivio. Dikatakan, dibandingkan groupset di kelasnya, seri Alivio ini adalah model yang paling laris dari Shimano. Pasalnya, groupset ini tergolong cukup bagus untuk sepeda gunung serta dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Menurut penuturan pengguna, crankset komponen ini tidak mengecewakan karena presisi setelan sudah cukup mudah, baik di FD maupun di RD. Kualitas shifting juga disebutkan cukup oke meski shifter memakai komponen Altus. Tidak terjadi ghost shifting jika setelan komponen pas, dan tidak terlalu mengeluarkan banyak bunyi gesekan ketika memindah gear.

Secara keseluruhan, groupset Alivio buatan Shimano ini sudah cukup mumpuni untuk pemakaian trainer bike, city bike, dan off-road ringan. Groupset ini sendiri sudah banyak mengadopsi teknologi dari Shimano Deore, varian yang satu kelas di atasnya, misalnya teknologi Hollow Tech II. Rear derailleur groupset ini memiliki 8 dan 9 tingkat kecepatan. Pilihan yang baik buat Anda yang memang hobi bersepeda.

Groupset Shimano Alivio - fr.aliexpress.com

Groupset Shimano Alivio - fr.aliexpress.com

Alivio generasi terakhir sendiri adalah groupset 9 speed dan tetap seperti itu untuk model yang dirilis tahun 2014. Di belakang, ada derailleur belakang 'shadow', profil baru yang lebih ramping, sementara derailleur depan baru menawarkan lebih banyak clearance, ideal untuk generasi terbaru sepeda menggunakan roda yang lebih besar dan chainstays pendek.

Rantai FC-M4050 juga telah direvisi untuk roda 650b dan 29 inch. Ini adalah fitur Dyna-Sys compact triple ratio 40-30-22t kombinasi cincin Shimano, yang debut tahun 2013 di grupset Deore dan dikembangkan khusus untuk roda yang lebih besar. Triple chainset yang anyar adalah desain dua bagian yang tampak segar, yang juga menggunakan bracket hollowtech BB51 Shimano, meskipun tidak dicap sebagai komponen Hollowtech II. Versi bracket bawah Octalink juga tersedia.

Shimano memilih untuk menyediakan Alivio dengan tuas shift atau rem gabungan, bernama ST-M4050. Gagasan di balik ini adalah untuk memotong berat dan menambah ruang di stang. Sejauh unit ini berjalan, yang satu ini terlihat cukup bagus, dengan desain yang bersih dan kompak yang menyatukan shifter 9 speed dengan rem hidrolik BR-M4050. Ada juga versi shifter yang berdiri sendiri untuk mereka yang ingin menjalankan rem yang berbeda.

Harga Groupset Shimano Alivio

Lalu, berapa harga groupset Shimano Alivio di pasaran dalam negeri? Dengan part yang cukup canggih, banderol groupset ini sebenarnya relatif terjangkau. Sebuah sepeda dalam negeri menjualnya dengan harga Rp2.298.000 untuk model Alivio 4000 3x9 Speed. Harga itu sudah termasuk dua rotor ASMRT56S 160mm 6B, satu FC Alivio 40/30/22X170, B. 1 RD Alivio 9SP SGS, 1 CS Alivio 9SP 12-36T, 1 FD Alivio TSDP, 1 SL Alivio Left, 1 SL Alivio Right, dua disc brake Altus, dan chain 9-SP.

Di beberapa situs jual beli online, harga groupset Shimano Alivio juga tidak terpaut jauh. Sebuah situs e-commerce lokal menjual komponen ini dengan banderol Rp2.100.000, sedangkan situs yang lain melepas dengan banderol Rp2.500.000. Selain itu, ada juga yang menjual paket Shimano Alivio mini (4 item) dengan harga Rp955.000 hingga Rp1.250.000.

Baca juga  Harga Groupset Shimano Deore 9 Speed di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Groupset Shimano Alivio Terbaru di Pasaran"