Info Lengkap Manfaat dan Harga Gliserol di Pasaran

Etanol menjadi bahan kimia yang banyak dicari sebagai pelarut berbagai bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk konsumsi dan kegunaan manusia. Etanol biasanya dimanfaatkan untuk penggunaan parfum, perasa, pewarna makanan, dan obat-obatan. Salah satu bahan baku etanol yakni gliserol yang hingga kini belum banyak dikembangkan karena jumlahnya yang terbatas. Tak ayal jika harga gliserol di pasaran juga terbilang tinggi.

Sebotol gliserol (sumber: shopee.co.id)

Sebotol gliserol (sumber: shopee.co.id)

Mengenal Gliserol

Gliserol adalah golongan senyawa alkohol dengan 3 gugus -OH pada struktur bangunnya. Gliserol dihasilkan sebagai by product dalam proses transesterifikasi minyak menjadi metil ester (biodiesel). Senyawa ini secara alami terbuat dari tumbuhan, hewan, atau petroleum.

Awal mula ditemukannya gliserol yakni pada tahun 1979 oleh ilmuwan di Swedia yang tengah memanaskan minyak zaitun dan menghasilkan lemak. Lemak hasil pemanasan tersebut yang kini disebut gliserol atau gliserin. Dalam dunia kecantikan, gliserin menjadi salah satu jenis kandungan yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Bahkan, masyarakat terdahulu juga kerap menggunakan gliserin sebagai dengan memanaskan minyak tanaman tertentu, mendinginkannya, kemudian membiarkannya mengeras hingga membentuk balok sebagai sabun.

Baca juga  Harga Sirup ABC 1 Dus (Semua Varian Rasa)

Hidrolisa gliserol dengan mikroba tertentu menghasilkan etanol. Namun, pemanfaatan gliserol sebagai bahan baku bioetanol belum banyak dikembangkan karena masih terbatasnya bahan baku gliserol dan tingginya biaya produksi gliserol menjadi etanol. Seiring dengan meningkatnya produksi biodiesel, semakin tinggi produksi gliserol yang dihasilkan. Tak heran, jika pada masa yang akan datang, gliserol semakin prospektif untuk dikembangkan sebagai salah satu bahan baku penghasil etanol, asalkan ditemukan teknologi yang semakin efisien untuk memproduksi etanol dari gliserol.[1]

Manfaat Gliserol

Cairan gliserol (sumber: soapqueen.com)

Cairan gliserol (sumber: soapqueen.com)

Menjaga kesehatan kulit

Gliserin yang terbuat dari sayuran dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya senyawa ini mampu meredakan iritasi kulit, mempercepat pemulihan luka, hingga melawan infeksi. Berbagai riset menyebutkan bahwa penggunaan produk yang mengandung gliserin dapat melindungi kulit dari iritasi dan mikroba, serta berpotensi melindungi kulit dari angin dan cuaca dingin.

Produk kecantikan kulit

Beberapa penelitian menemukan bahwa pengaplikasian gliserin dapat membantu kulit lebih lembut. Tak heran jika banyak produsen kecantikan menambah gliserol dalam krimnya karena diklaim mampu meningkatkan hidrasi kulit selama sepuluh hari. Studi telah membuktikan gliserol sebagai humektan terbaik dibandingkan agen lainnya seperti Alpha-hydroxy acids (AHA), Hyaluronic acid, Butilen glikol, Sorbitol, dan Urea.

Baca juga  Update Harga Lakban Hitam (Kecil, Sedang, Besar)

Meredakan sembelit

Sembelit dan konstipasi ternyata dapat diredakan dengan penggunaan gliserin. Pasalnya, gliserin mampu menarik air sehingga penyerapan makanan yang lewat di usus menjadi lebih lancar. Dalam pengaplikasiannya, gliserin kerap digunakan melalui supositoria. Penggunaan gliserol dapat menimbulkan rangsangan buang air besar dalam waktu 15-60 menit.

Penggunaan obat-obatan

Hidrolisa gliserol yang dapat menghasilkan etanol menjadi temuan penting untuk memproduksi etanol dari gliserol tersebut. Telah menjadi rahasia umum jika etanol menjadi bahan yang dibutuhkan untuk obat-obatan, salah satunya bahan antiseptik. Hand sanitizer juga terbuat dari etanol berkadar alkohol 95 persen.

Untuk perlindungan dari berbagai virus, termasuk pandemi corona (Covid-19) yang tengah dihadapi saat ini, pemakaian hand sanitizer begitu penting dilakukan. Para peneliti bahkan membagikan tips pembuatan hand sanitizer yang mudah dengan bahan etanol sebagai antiseptik tersebut.

Dosis dan Efek Samping Gliserol

Gliserol gel (sumber: wikiwand.com)

Gliserol gel (sumber: wikiwand.com)

Untuk meredakan konstipasi, gliserol dapat Anda gunakan sesuai anjuran dokter. Dosis yang diperlukan untuk usia 2-5 tahun yakni 1-1,2 gram, sedangkan anak usia 6 tahun ke atas sekitar 2-2,1 gram. Berbeda dengan penggunaan bagi orang dewasa sebesar 2-3 gram satu kali sehari.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket Bioskop Cinemaxx (Cinépolis) Malang Town Square (Matos)

Obat ini sebaiknya tidak digunakan lebih dari 1 minggu. Perhatikan pula keluhan yang terjadi, misalnya nyeri , mual, atau muntah. Efek samping lainnya yang juga perlu diperhatikan yakni adanya ketegangan otot di sekitar , iritasi kulit sekitar dubur, diare hingga kondisi yang lebih parah yakni pendarahan dari dubur.

Harga Gliserol

Varian GliserolKisaran Harga (Rp)
Gliserol 85% Pro Analis Merck 100mL378.000
Glycerol 85% Pro Analis Merck 500mL1,6 juta
Glycerol 85% Pro Analis Merck 1L2,5 juta

Gliserol dapat Anda temui di toko bahan kimia maupun apotek terdekat. Anda juga dapat membeli gliserol untuk kebutuhan dalam jumlah banyak melalui retail online terpercaya. Harga di atas tentu berbeda tergantung tempat Anda membeli.

[1] Erliza Hambali, Teknologi Bioenergi (Jakarta : PT. AgroMedia Pustaka, 2007), hlm. 48

 

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Manfaat dan Harga Gliserol di Pasaran"