Harga Ginseng Merah Korea Kering dan Segar di Pasaran

Ginseng merah dari Korea memang cukup terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk . Di Indonesia sendiri, meski tidak banyak orang yang menjualnya, namun Anda masih bisa mendapatkannya di situs e-commerce, dengan yang terbilang tidak murah jika dibanding dengan ginseng lokal.

Ginseng merah kering (sumber: everydayhealth.com)

Ginseng merah kering (sumber: everydayhealth.com)

Manfaat Ginseng Merah Korea

Sebagai , ginseng sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman yang multiguna. Bahkan, bangsa Asia sudah memakainya sebagai obat untuk stimulan, tonik, diuretik, dan pencernaan.[1] Ginseng sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ginseng putih atau ginseng lokal dan ginseng merah yang berasal dari Korea. Ginseng merah dikenal memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibanding ginseng putih.

Ekstrak ginseng merah konon mengandung banyak komponen, di antaranya triterpenoid saponin, polistiren, sequiterpenan, polisakarida, peptidoglikan, nitrogen, asam lemak, karbohidrat, fenol, dan ginsenoside. Selain itu, ginseng merah dipercaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Untuk mendapatkan semua serta kandungan nutrisi pada ginseng merah, Anda perlu mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Di sendiri, ginseng merah Korea dijual dalam kering dan basah. Untuk ginseng merah Korea yang kering, Anda harus mengolahnya dengan cara merebusnya.

Baca juga  Info Harga Mie Gaga Semua Varian (Kuah & Goreng)

Cara merebus ginseng Korea tidak boleh terlalu cepat dan lama. Perebusan yang terlalu cepat akan mengakibatkan kadar nutrisi tidak larut dalam air. Sementara itu, jika Anda terlalu lama merebus ginseng, maka kandungan nutrisinya akan berkurang karena oksidasi. Sebagai tips, Anda bisa memasukkan ginseng merah ke dalam air mendidih selama 3 menit. Setelah itu, saring air rebusan dan segera dikonsumsi.

Potongan ginseng merah (sumber: adaptogens.eu)

Potongan ginseng merah (sumber: adaptogens.eu)

Sementara itu, untuk ginseng Korea yang basah atau , Anda bisa mengolahnya dengan berbagai macam cara. Anda bahkan bisa mengolahnya sebagai bumbu campuran aneka masakan berkuah. Kebanyakan orang dari Korea juga suka mencampurkan ginseng merah ke dalam sup daging atau tahu.

Sebelum dicampurkan dalam masakan, pastikan Anda sudah mengupas kulitnya dan membersihkannya. Cara mengupas kulit ginseng merah tidaklah sulit. Anda bisa memakai sendok atau pengupas khusus berukuran kecil. Namun, hindari pemakaian pisau untuk mengupas kulitnya, karena akan membuang banyak daging akar ginseng.

Baca juga  Info Terbaru Harga Joran Tegek Oregon di Pasaran (Semua Tipe)

Karena ukuran akar ginseng merah Korea cenderung lebih besar dibanding ginseng putih, Anda hanya perlu mengerok kulitnya untuk menghilangkan kotoran serta kulit akar. Setelah itu, rendam ginseng dalam air untuk menjaga warnanya, sambil digosok secara perlahan untuk menghilangkan getahnya.

Ginseng yang sudah bersih dapat digeprek atau diiris tipis-tipis sebagai bahan campuran masakan. Untuk memakainya sebagai bumbu kuah sup, Anda bisa memasukkannya di akhir sesi memasak atau 2 hingga 5 menit sebelum bahan masakan matang. Ini akan membuat ginseng tidak mengalami penurunan kualitas secara drastis.

Rasa ginseng merah yang lebih pekat dari ginseng putih mungkin akan sedikit mengubah cita rasa masakan Anda. Namun, ini adalah hal yang umum. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa ginseng merah Korea, bisa mengakalinya dengan menambahkan sedikit kaldu atau garam.

Ginseng merah korea (sumber: guardian.ng)

Ginseng merah korea (sumber: guardian.ng)

Rasa ginseng merah Korea sendiri sebetulnya manis dan tidak pengar, namun rasanya bisa berubah menjadi pahit jika dimasak terlalu lama. Menurut review para konsumen, ginseng merah Korea yang dimasak dengan benar juga akan menghasilkan wangi yang sedap dengan rasa segar pada makanan jenis seafood. Selain itu, makanan yang ditambah dengan ginseng dapat menghangatkan badan Anda setelah dikonsumsi.

Baca juga  Info Lengkap Harga Cairan Softlens dalam Berbagai Merek

Karena ginseng merah Korea mudah diolah dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tak heran jika banyak orang yang memburunya. Di Nusantara sendiri, mungkin Anda akan kesulitan menemukan ginseng merah Korea di pasar tradisional. Namun, Anda bisa menemukannya dengan mudah di pusat perbelanjaan, seperti mall atau situs jual-beli online.

Harga Ginseng Merah Korea Segar dan Kering

Ginseng merah Korea siap seduh biasanya dijual dengan harga mulai Rp35.000 hingga Rp42.200 per 15 gr. Ada juga yang menjualnya dengan harga Rp20.000 per 4 gr. Selain itu, ginseng merah Korea segar dijual dengan harga Rp80.000 per akar dengan berat 100 gr. Perlu Anda ketahui, harga ginseng merah Korea tersebut tidak terikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

[1] Ambardini, Rachman Laksmi. 2005. Evaluasi Efek Ergogenik Ginseng. Medikora UNY, Vol. 1(1): 81-88.

loading...
author

Leave a reply "Harga Ginseng Merah Korea Kering dan Segar di Pasaran"