Harga Lembaran Seng Galvalum 6 Meter

Dalam beberapa tahun belakangan, popularitas memang semakin meningkat. Tidak hanya digunakan untuk rangka, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pelapis atap, dinding, kanopi, hingga pagar dalam bentuk seng. Pasalnya, material ini tidak hanya diklaim lebih awet daripada kayu, tetapi juga punya harga yang cukup bersahabat. Biasanya dijual dalam bentuk lembaran, seng galvalum sendiri dijual dalam berbagai ukuran, tidak cuma 1 meter, melainkan juga 6 meter.

Keunggulan

Atap seng galvalum (sumber: prospeku.com)
Atap seng galvalum (sumber: prospeku.com)

Anda pasti sudah sering mendengar kata galvalum, tetapi mungkin belum begitu paham tentang material tersebut. dapat dikatakan sebagai baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, dengan kekuatan yang diklaim tidak kalah dengan baja konvensional.[1] Material memiliki tegangan tarik tinggi (G550), artinya punya kuat tarik 550 MPa (Mega Pascal).[2] Baja ringan, demikian nama lainnya, merupakan metode yang diadaptasi dari Jepang dan semakin sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Baja ringan sering dianggap sebagai solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sering ada pada kayu, material yang sebelumnya lebih kerap dipakai untuk konstruksi atap. Sebagai bahan bangunan, kayu memang memiliki sejumlah kelemahan, antara lain kualitas material yang tidak merata, rawan lapuk yang disebabkan serangan rayap, mudah memuai atau menyusut karena perubahan cuaca, mudah terbakar, serta semakin langkanya sumber daya kayu di alam.[3]

Baca juga  Info Terbaru Harga Meja Billiard Terbaru (Mini, Classic, Lipat)

Lebih sering digunakan sebagai atap, memang punya sejumlah kelebihan. Meski bentuknya sekilas mirip atap seng, galvalum adalah lempengan besi baja yang dilapisi campuran aluminium, seng, dan silikon, yang membuatnya istimewa. Atap galvalum juga tidak hanya berbentuk lembaran lurus, melainkan ada juga yang melengkung.

Kelebihan lainnya, material bermassa ringan, terlebih jika dibandingkan dengan atap keramik dan tanah liat. Meski ringan, atap galvalum tetap memiliki daya lindung yang kuat. Terakhir, penggunaan galvalum adalah pilihan yang tepat jika Anda kesal dengan rayap yang kerap memakan rangka atap kayu karena material ini tahan terhadap rayap, selain tidak menyusut dan memuai terlalu berlebihan.

Saat ini, telah hadir dalam berbagai aplikasi, termasuk seng, yang seperti disinggung di atas, dapat digunakan sebagai pelapis atap, dinding, kanopi, hingga pagar. Beberapa tahun belakangan, masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih seng galvalum dibandingkan seng besi karena beberapa alasan. Seng besi yang dipakai sebagai atap dinilai berisik, terutama saat turun hujan. Sementara itu, ketika cuaca sedang terik, suhu di dalam ruangan yang menggunakan atap ini akan terasa sangat panas.

Baca juga  Harga Traktor Kubota G3000 (Quick G3000 Zeva)

Kelebihan Seng

  • Seperti logam pada umumnya, seng juga tidak mudah dimakan rayap sehingga lebih awet.
  • Seng galvalum yang berbentuk plat maupun gelombang sangat mudah untuk dipasang dan bahkan telah siap untuk dipasang tanpa membutuhkan banyak waktu dan tenaga.
  • Seperti disinggung di atas, seng galvalum rata-rata memiliki massa yang ringan, sehingga akan sangat mempermudah proses pembangunan dan menjanjikan rasa aman bagi para pekerjanya.
  • Jenis seng galvalum sangat tidak mudah lapuk. Di samping itu, biaya perawatan jenis seng ini pun relatif murah.
  • Seng galvalum memiliki struktur dan material yang dapat disesuaikan dengan daerahnya.
  • Dengan menggunakan seng galvalum, akan lebih menjaga lingkungan suatu area daripada kayu.
  • Hadir dalam berbagai ukuran ketebalan. Ketebalan seng galvalum yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah 0,40 hingga 1 mm.
  • Material penyusun seng galvalum adalah baja berkualitas sehingga lebih awet.
Seng galvalum (sumber: rangkaraya.com)
Seng galvalum (sumber: rangkaraya.com)

Umumnya, seng galvalum memang dijual per meter. Namun, tidak sedikit pula yang menjual material tersebut dengan dimensi lebih lebar, mencapai 6 meter. Harganya sendiri bervariasi, tergantung ketebalan seng. Biasanya, semakin tebal seng, maka harganya pun akan semakin mahal. Nah, berikut kami sajikan informasi kisaran harga seng galvalum ukuran 6 meter.

Baca juga  Update Daftar Harga Helm GIX di Pasaran (Semua Tipe)

Harga Seng Galvalum 6 Meter

Ukuran Seng Galvalum Harga
Seng Galvalum HK 6 m x 0,25 mm Rp270.000 per lembar
Seng Galvalum WINN 6 m x 0,3 mm Rp282.000 per lembar
Seng Galvalum Kirei 6 m x 0,3 mm Rp288.000 per lembar
Seng Galvalum Pasir 6 m x 0,25 mm Rp288.000 per lembar
Seng Galvalum 6 m x 0,25 mm Rp291.000 per lembar
Seng Galvalum 6 m x 0,3 mm Rp315.000 per lembar
Seng Galvalum 6 m x 0,35 mm Rp360.000 – Rp385.000 per lembar

Harga seng galvalum ukuran 6 meter di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda ingat bahwa harga seng galvalum 6 meter tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun yang dijual sama.

[1] Pangaribuan, Mekar Ria. 2014. Baja Ringan sebagai Pengganti Kayu dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Ratu Samban Bengkulu, Vol. 2(4): 648-655.

[2] Rahayu, Sherly Anggun dan Donny Fransiskus Manalu. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap Kayu terhadap Mutu, Biaya dan Waktu. Jurnal FROPIL Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung, Vol. 3(2): 116-130.

[3] Pangaribuan, Mekar Ria. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.