Harga Genteng Plastik PVC dan UPVC Murah

No comment576 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan genteng.Ini adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan, yang berfungsi melindungi dari terik matahari dan air hujan. Ada banyak tipe genteng yang dapat Anda temukan, seperti genteng tanah liat, genteng metal, atau genteng aspal. Apabila Anda membutuhkan material yang lumayan kuat tetapi punya yang ramah di kantong, bisa memilih memakai genteng plastik.

Genteng plastik UPVC (sumber: bukalapak)

Genteng plastik UPVC (sumber: bukalapak)

Genteng merupakan salah satu jenis penutup rumah yang paling umum digunakan di Indonesia. Genteng seperti penutup lainnya, berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan.[1] Selain itu, tampilan genteng menjadi hal penting dalam membantu aksen sebuah rumah, sehingga pemilihan material dan warna yang tepat menjadi sangat penting ketika membeli genteng. Agar kualitas genteng optimal, daya serap air juga harus seminimal mungkin, agar kebocoran dapat diminimalkan.[2]

Berdasarkan pembuatnya, ada beberapa jenis genteng yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai atap rumah. Jenis yang pertama adalah atap rumah tanah liat, yang diproduksi melalui proses press dan pembakaran. Jenis atap rumah tanah liat ini memiliki keunggulan seperti harganya yang ekonomis, tahan lama, dan cukup kuat saat dipijak.[3]

Selain tanah liat, jenis atap rumah lain yang populer di Indonesia adalah aspal. Dibuat dengan memadukan fiberglass dan aspal yang dilapisi mineral, jenis atap rumah ini tersedia dalam dua model, yakni datar dan bergelombang. Untuk jenis atap rumah aspal model gelombang, instalasi dilakukan dengan menyekrupnya ke balok gording, sedangkan jenis atap rumah aspal berbentuk datar bisa ditempel melalui multipleks yang disekrup di rangka.[4]

Baca juga  Update Harga Cat Peredam Panas untuk Asbes (All Merk)

Model lainnya adalah atap rumah metal, yang saat ini kian populer dan semakin sering digunakan. Tampilan genteng ini sendiri secara umum sebenarnya mirip dengan atap genteng lainnya, namun memiliki bahan dasar yang berbeda. Seperti namanya, genteng metal terbuat dari campuran bahan-bahan logam seperti zincalume, baja ringan, dan galvanis.

Kemudian, ada genteng , yang berbentuk lembaran, tetapi bisa berkilau ketika terkena sinar matahari. Tidak jarang, genteng sering dibandingkan dengan genteng beton karena keduanya memiliki karakteristik yang hampir mirip. Sebagai atap rumah, genteng ini punya kelebihan seperti lebih tahan lama, punya daya tahan superior, tahan terhadap cuaca, serta perawatan yang relatif mudah.

Untuk mereka yang punya rumah minimalis, salah satu jenis genteng yang sering digunakan adalah dari material beton. Mengusung desain yang terlihat modern, genteng ini diklaim sangat kokoh karena terbuat dari tulangan beton cor dan tulangan besi. Meski begitu, genteng beton dikatakan tidak punya ketahanan yang tinggi terhadap angin serta punya bobot yang relatif berat sehingga susah ketika akan dipasang.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Plastik

Atap genteng plastik (sumber: asiatoko.com)

Atap genteng plastik (sumber: asiatoko.com)

Harga genteng memang bervariasi, tergantung material pembuatnya, ukuran, serta model. Namun, apabila Anda saat ini punya anggaran yang tidak terlalu banyak, genteng plastik mungkin bisa menjadi solusi yang masuk akal. Pasalnya, genteng ini rata-rata dijual dengan harga yang ekonomis, tetapi tergolong praktis dan mudah diaplikasikan.

Genteng plastik, seperti namanya, memang terbuat dari bahan plastik. Biasanya, produsen menggunakan bahan UPVC untuk membuat material ini. Dengan bahan tersebut, genteng plastik ini dinilai sangat ringan sehingga mudah dibawa dan mudah dipasang. Selain itu, genteng plastik juga dikatakan sangat praktis dan sudah memiliki pola gelombang sendiri. Cukup menyamakan gelombang dan diperkuat dengan paku besar atau bisa di-sekrup (dipilih sesuai kebutuhan untuk konstruksi atap), maka genteng plastik sudah terpasang.

Baca juga  Update Klasifikasi dan Contoh Biaya Tetap

Kelebihan lainnya, genteng plastik dapat menghemat pengeluaran Anda. Pasalnya dengan warna transparan, genteng ini bisa Anda aplikasikan di ruangan tertutup sehingga bisa memperoleh sinar matahari langsung dan akhirnya menghemat pengeluaran . Kelebihan lainnya, seperti disinggung di atas, genteng ini punya harga yang jauh lebih ekonomis daripada jenis genteng lainnya.

Layaknya material pada umumnya, genteng plastik pun tidak terlepas dari kekurangan. Kelemahan paling umum genteng ini adalah tidak dapat menyerap panas. Jika cuaca terlalu panas, genteng plastik tak dapat menyerap panas secara maksimal yang mengakibatkan suhu di ruangan Anda akan menjadi semakin panas. Karena itu, genteng ini lebih disarankan untuk digunakan di luar ruangan, seperti untuk kanopi atau carport.

Kekurangan lainnya genteng plastik adalah pemasangan yang harus kuat mengingat sifatnya yang ringan. Jika Anda tidak kuat dalam memasangnya, maka dikhawatirkan genteng akan mudah terbang atau copot ketika ada embusan angin yang kencang. Di samping itu, genteng ini tidak memiliki fungsi sebagai peredam suara, sehingga ketika hujan turun, suara yang ditimbulkan bisa sangat berisik dan mungkin mengganggu kenyamanan Anda. Masih berkaitan dengan hujan, jika pemasangan tidak tepat, air bisa merembes sehingga harus memakai pelapis atap.

Baca juga  Biaya dan Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Harga Genteng Plastik

Lembaran atap genteng plastik (sumber: alibaba.com)

Lembaran atap genteng plastik (sumber: alibaba.com)

Merk & Tipe Genteng PlastikHarga
Evo Pro UPVC GoldRp45.000 per m
Genteng PVC 1x4Rp85.000 per lembar
Superroof PVCRp105.000 per lembar
Sun Panel UPVC 12 mmRp115.000 per lembar
Golden Horse UPVC 12 mmRp119.000 per lembar
Genteng PVC 2x4Rp125.000 per lembar
SkyDeck UPVC solidRp135.000 per m2
Alderon UPVC R830 10 mmRp136.000 per m2
AmanRoof UPVCRp140.000 per m
Alderon UPVC EFF 860 10 mmRp146.000 per m2
HolodeckRp155.000 per m
Dr Shield UPVC RF 1065 12 mmRp165.000 per m2
Avantguard UPVCRp165.000 per m
SkyDexk UPVC transparanRp185.000 per m2
Elite Roof UPVC Tile 2,5 mmRp230.000 per lembar
Shunda UPVC 1.060 x 1.971 x 2,5 mmRp285.000
Royal Roof UPVC 176 x 96 cmRp300.000
Shunda UPVC 5.037 x 1.050 x 2,5 mmRp715.000

Daftar harga genteng plastik uPVC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online.Harga genteng plastik uPVC tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko material bangunan terdekat di kota Anda.

[1]Ducotile. 2015. dan Macam-Macam Genteng. //ducotile.com/multitasking-materials/. Diakses 16 Desember 2019.

[2]Musabbikhah, Sartono P. 2007. Variasi Komponen Bahan Genteng Soka untuk Mendapatkan Daya Serap Air yang Optimal. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Media Vol. 08 No. 2.

[3]Dekoruma, Kania. 2018. Berdasarkan Material, Ini 5 Jenis Atap Rumah Terpopuler!//www.dekoruma.com/artikel/70838/jenis-material-atap-rumah-terpopuler. Diakses 16 Desember 2019.

[4] Ibid.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Genteng Plastik PVC dan UPVC Murah"