Manfaat dan Harga Gelembung Ikan Mas

Ketika mengonsumsi ikan, entah itu tawar atau air laut, Anda mungkin lebih sering menyantap bagian tubuh, sirip, ekor, atau malah kepalanya. Jarang ada yang memakan bagian gelembungnya. Padahal, jika dipisahkan dari tubuhnya, punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak heran jika kemudian harga gelembung ikan bisa sangat mahal, dapat mencapai angka puluhan juta rupiah per kg. Lalu, berapa harga gelembung ikan mas?

Ikan Emas Konsumsi (sumber: pinterest.fr)
Ikan Emas Konsumsi (sumber: pinterest.fr)

Ciri Ikan Mas

Sebelum membahas mengenai harga mas, tidak ada salahnya jika kita kulik sedikit mengenai varian tersebut.  Ikan mas termasuk salah satu komoditas sektor perikanan tawar yang terus berkembang. Masyarakat menyukai ikan mas lantaran punya rasa daging yang enak dan gurih serta memiliki kandungan yang cukup tinggi.[1]

Bacaan Lainnya

Ikan mas termasuk jenis omnivora yang hidup di tawar dengan aliran tidak terlalu kuat. Ikan ini bisa hidup baik pada ketinggian air 150 hingga 600 m di atas permukaan laut pada suhu 25 sampai 30 derajat Celcius. Ikan mas memangsa berbagai jenis makanan, tetapi lebih menyukai  rotifera, protozoa, dan udang-udangan, seperti Moina sp. dan Daphnia sp. Baru setelah ukuran tubuhnya hampir 10 cm, ikan akan mencari makanan berupa Chironomidae, Oligochaeta, Epemenidae, Tubificidae, Mollusca, dan bahan-bahan organik lainnya.

Baca juga  Karakter dan Update Harga Anjing Red Toy Poodle

Tubuh ikan mas dilengkapi dengan sirip punggung (dorsal) berukuran relatif panjang dengan bagian belakang berjari-jari keras dan sirip terakhir yaitu sirip ketiga dan keempat berbentuk gerigi. Sirip pada dada ditutup insang hingga ujung pangkal ekor dengan ukuran relatif lebih besar. Siripnya digolongkan ke dalam tipe sisik sikloid linea lateralis karena letaknya di pertengahan tubuh.

Ada banyak jenis ikan mas konsumsi yang telah beredar di pasaran dalam negeri. Ikan mas Majalaya misalnya, kabarnya pertama kali dikembangkan di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, dengan ukuran badan relatif pendek tetapi tahan terhadap infeksi bakteri dan punya laju pertumbuhan yang cepat.[2] Sementara itu, ikan mas Punten pertama kali dikembangkan di Desa Punten, Malang dengan warna sisik hijau gelap, sedangkan ikan mas merah punya sisik berwarna merah keemasan.

Gelembung Ikan Mas
Mas

Apa Itu Gelembung Ikan?

Dikutip dari situs resmi Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, gelembung renang atau gelembung ikan (fish saw) adalah salah satu organ pada ikan yang umumnya berisi gas seperti oksigen dan punya tekanan yang berubah-ubah. Untuk ikan, gelembung renang memiliki fungsi penting, termasuk membantu ikan untuk mengapung di dalam air, sehingga tidak harus berenang secara terus-menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air. akan mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan berat jenis dalam kedalaman tertentu.

Baca juga  Info Manfaat & Harga Serai per Kg dan per Ikat Terbaru

Tidak hanya untuk ikan, gelembung ikan kabarnya juga punya manfaat untuk kesehatan manusia. Zat utama yang paling dicari pada gelembung ikan adalah kandungan kolagennya. Kolagen merupakan fibrilar, terdiri dari tiga rantai polipeptida (triple helix) sebagai komponen utama penyusun kulit dan tulang yang mewakili sekitar 25 persen dari total berat kering mamalia dan sangat dibutuhkan untuk industri makanan, kosmetik, biomedis, dan farmasi.[3]

Gelembung ikan kabarnya juga bisa dijadikan zat untuk meningkatkan kecerdasan otak pada janin di dalam rahim ibu. Ibu hamil yang mengonsumsi gelembung ikan dikatakan sama dengan memberikan makanan bernutrisi baik kepada janin mereka. Hal tersebut secara tidak langsung akan menambah kecerdasan otak bayi dan membantu sirkulasi darah pada janin.

Ikan-ikan yang biasanya diburu untuk diambil gelembung renangnya adalah ikan duri atau ikan ote, ikan kakap putih, ikan kuro, ikan kakap China atau ikan angkui, dan ikan gulama atau ikan tirus. Namun, yang paling banyak diburu adalah ikan kakap China dan ikan tirus karena memiliki gelembung renang yang jika dijual, harganya bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. Harga gelembung ikan tirus yang sudah diekstraksi untuk bobot kurang dari 10 gr sekitar Rp20 juta per kg, sedangkan harga untuk bobot lebih dari 40 gr dapat mencapai angka Rp50 juta per kg, demikian dilansir dari website KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan).

Baca juga  Info Terbaru Harga Soju per Botol (Semua Merk dan Rasa)

Harga Gelembung Ikan Mas

Lalu, bagaimana dengan gelembung ikan mas? Sayangnya, ikan ini tidak terlalu populer diambil gelembungnya. Pasalnya, walau memang ada yang dikonsumsi, ikan mas cenderung dipelihara sebagai ikan hias lantaran bentuk tubuhnya yang memang cantik. Namun, ada beberapa penjual yang menawarkan gelembung ikan mas dengan harga berkisar Rp750 ribuan per kilogram untuk semua ukuran.

[1] Khairuman, H. 2013. Budi Daya Ikan Mas. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm. 2.

[2] Ibid, hlm. 8.

[3] Ogawa, M, et al. 2004. Biochemical properties of bone and scale collagens isolated from the subtropical fish black drum (Pogonis cromis) and sheepshead seabream Archosargus probatocephalus. J. Food Chemistry, Vol. 88: 495-501.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *