Update Harga Gelatin Lembaran Halal

No comment647 views

Bagi Anda yang gemar makan puding atau jeli, pasti sudah tidak asing dengan gelatin. Gelatin merupakan salah satu bahan kue yang banyak dipakai untuk mengubah adonan bertekstur cair menjadi padat dengan tekstur . Untuk mempermudah pemakaian gelatin pada , saat ini sudah tersedia gelatin lembaran dengan terjangkau.

Ilustrasi: Wanita Memegang Lembaran Gelatin (credit: food52)

Ilustrasi: Wanita Memegang Lembaran Gelatin (credit: food52)

Kegunaan Gelatin

Dikutip dari berbagai sumber, gelatin sendiri sebenarnya adalah bahan pengenyal yang secara umum terbuat dari kolagen hewan. Secara ilmiah, ini dikenal sebagai campuran heterogen polipeptida yang diperoleh dengan cara hidrolisis secara parsial, dari kolagen yang diekstrak dari jaringan ikat dan tulang hewan.

Berbagai bahan baku yang sering dimanfaatkan kolagennya untuk membuat gelatin, yaitu tulang sapi, kulit sapi, tulang babi, kulit babi, dan kulit ikan. Namun, dari semua jenis hewan tersebut, kolagen babi dan sapi menjadi pilihan banyak orang, karena mudah didapatkan dengan harga yang lebih ekonomis dibanding kolagen ikan.[1] Kolagen yang sudah diproses dan menjadi gelatin, nantinya akan disimpan secara khusus dalam wadah kedap air dan udara agar komposisi gelatin tetap terjaga dan tidak rusak.

Selain tersedia dalam bentuk bubuk yang mudah dilarutkan, gelatin juga hadir dalam bentuk lembaran. Gelatin lembaran lebih disukai orang, selain karena bentuknya yang unik, juga karena masa penyimpanan yang terbilang lebih lama. Gelatin lembaran sendiri bentuknya bermacam-macam, ada gelatin yang menyerupai tipis, ada juga yang sedikit tebal dan bertekstur.

Gelatin (credit: allrecipes)

Gelatin (credit: allrecipes)

Resep Puding Gelatin

Untuk memakai gelatin lembaran sebagai bahan pangan, caranya tidak sulit, apalagi bagi Anda yang ingin membuat puding. Sebelumnya, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan untuk membuat puding, seperti , gelatin, air, susu, sirup, dan pewarna. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan irisan buah segar atau kental manis. Setelah itu, buka pembungkus gelatin dan masukkan ke wadah plastik atau mangkuk. Masukkan air panas sebanyak 50 ml ke dalam wadah dan biarkan gelatin mencair, sambil diaduk sedikit. Sambil menunggu gelatin cair, Anda bisa membuat adonan puding.

Baca juga  Update Jenis & Harga Plastik Kemasan Makanan Ringan (Berbagai Ukuran)

Siapkan wadah berukuran sedang, masukkan air sebanyak 100 ml, susu UHT 300 ml, gula secukupnya, kental manis, sirup, dan pewarna. Aduk semua bahan hingga tercampur menjadi satu. Sebagai tips agar puding memiliki tekstur yang lembut, Anda bisa menambahkan cream ke dalam adonan. Adonan yang sudah tercampur rata dimasukkan ke dalam panci dan dipanaskan dengan api kecil. Jika suhu adonan sudah berubah menjadi hangat, masukkan cairan gelatin pada panci dan aduk hingga teksturnya sedikit kental. Siapkan cetakan puding dan isi dengan potongan buah segar.

Agar puding memiliki bentuk yang manis, Anda bisa menata potongan buah segar dengan rapi. Setelah adonan puding mendidih, matikan kompor dan biarkan suhu pada adonan agak turun, lalu masukkan ke dalam cetakan puding. Masukkan cetakan ke dalam lemari agar adonan cepat berubah wujud. Setelah 2 hingga 4 jam, keluarkan puding dari lemari .

Baca juga  Update Harga Freon R410A di Pasaran (Berbagai Merek)

Ambil piring atau tatakan yang datar dan keluarkan puding dari cetakannya. Iris puding sesuai dengan pola cetakan, lalu letakkan puding pada piring. Agar lebih nikmat saat disantap, Anda bisa menambahkan aneka topping. Kebanyakan orang memilih sirup, kental manis, dan lelehan keju sebagai topping sekaligus penambah rasa.

Ilustrasi: Penggunaan Gelatin Untuk Puding (credit: ewaldgelatine)

Ilustrasi: Penggunaan Gelatin Untuk Puding (credit: ewaldgelatine)

Resep Es Krim Gelatin

Selain dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat puding atau jeli, gelatin juga bisa dipakai untuk membuat es krim. Es krim gelatin terkenal memiliki rasa yang lembut dengan tekstur sedikit kenyal. Cara membuat es krim gelatin tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan satu gelatin, 800 ml susu UHT, krim bubuk, pewarna makanan, buah-buahan, dan plain syrup.

Setelah semua bahan terkumpul, siapkan wadah berupa mangkuk plastik sedang. Tuangkan semua bahan di atas, kecuali gelatin dan buah-buahan. Aduk hingga rata dan masukkan ke dalam panci, kemudian rebus hingga mendidih. Selanjutnya, cairkan gelatin lembaran dan tambahkan ke dalam adonan susu.

Baca juga  Info Jenis dan Harga Wall Panel di Pasaran

Masukkan buah-buahan, plain sirup secukupnya, dan sedikit air ke dalam blender dan aduk hingga halus seperti jus. Siapkan cetakan es krim dan masukkan jus buah ke dalam cetakan sebanyak setengah dari tinggi cetakan. Setelah itu, tuangkan adonan es krim susu ke dalam cetakan dan masukkan ke kulkas, biarkan hingga beku sebelum disajikan.

Ilustrasi: Penggunaan Gelatin Untuk Es Krim (credit: bulletproof)

Ilustrasi: Penggunaan Gelatin Untuk Es Krim (credit: bulletproof)

Harga Gelatin Lembaran

Jumlah Gelatin LembaranHarga
Gelatin 1 LembarRp3.000 – Rp6.000
Gelatin 3 LembarRp9.000 – Rp17.000
Gelatin 5 LembarRp18.750 – Rp25.000
Gelatin 10 LembarRp30.000 –  Rp36.500
Gelatin 15 LembarRp40.000 – Rp51.900
Gelatin 20 LembarRp60.000 – Rp102.000
Gelatin 30 LembarRp80.000 – Rp120.000
Gelatin 50 LembarRp300.000 – Rp404.000
Gelatin 150 LembarRp480.000 – Rp572.000
Gelatin 300 LembarRp1.200.000 – Rp1.600.000

Harga gelatin lembaran di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga gelatin lembaran tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga gelatin lembaran ini bisa berbeda di masing-masing toko walaupun produk yang ditawarkan sama.

[Update: Panca]

 

[1] Youlanda, Hana. 2016. Ekstraksi dan Evaluasi Gelatin dari Kulit Sapi yang Telah Mengalami Proses Buang Bulu Menggunakan Hidrolisis Asam (Skripsi). Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

author

Leave a reply "Update Harga Gelatin Lembaran Halal"