Info Update Harga Gelas Jus per Lusin

Tak banyak yang menolak saat ditawari minum jus. Minuman segar pelepas dahaga ini begitu sehat jika dikonsumsi rutin. Terlebih bahan yang digunakan adalah buah maupun sayuran kaya nutrisi. Jus biasanya disuguhkan pada gelas khusus yang di bawahnya terdapat tangkai kaki. Gelas tersebut dijual dengan harga beragam per lusin.

Ilustrasi : Minum Jus (sumber: baamboozle.com)
Ilustrasi : Minum Jus (sumber: baamboozle.com)

Berbeda dengan minuman teh atau kopi yang disajikan di cangkir, dari dulu jus memang memiliki wadah tersendiri. Pada umumnya, gelas untuk jus memiliki bentuk kepala yang “bulat” dengan tekstur badan yang lurus serupa sedotan serta berwarna bening. Tak hanya untuk menyuguhkan jus, gelas ini juga digunakan untuk sirup maupun soft drink.

Bacaan Lainnya

Penggunaan gelas tersebut ternyata mencerminkan nilai estetis sekaligus sebagai pembangun status sosial. Tidak heran, jika kemudian ada beragam jenis gelas yang dikenal. Mulai dari ukuran dan desain yang variatif gelas-gelas tersebut memiliki fungsi masing-masing. Semakin berbeda jenis minuman, semakin berbeda pula jenis gelas yang digunakan.

Mengenal Jenis Gelas

Gelas Jus

Biasanya digunakan untuk menyajikan jus, sirup, maupun soft drink. Gelas yang berwarna bening ini memiliki karakteristik yakni kepala gelas yang berbentuk bulat dengan tekstur badan gelas yang lurus serupa sedotan.

Jus buah (sumber: pinterest)
Jus buah (sumber: pinterest)

Gelas Air

Berbentuk gelas kaca tanpa penutup dan bentuknya secara umum hampir mirip bunga sepatu tanpa adanya bagian pegangan. Varian bahannya juga berkembang seperti terbuat dari plastik, melamin hingga keramik.

Gelas air (sumber: overstock.com)
Gelas air (sumber: overstock.com)

Mug

Gelas ini memiliki fungsi sebagai wadah minuman panas, seperti teh, kopi, maupun susu. Sehingga mug terbuat dari bahan yang relatif lebih tebal dengan warna putih gading. Namun semakin berkembang, mug memiliki motif yang beragam, bahkan juga tak jarang terbuat dari bahan keramik.

Gelas mug
Gelas mug

Cangkir

Keberadaan gelas ini begitu mudah ditemui di rumah. Sama seperti mug, gelas ini juga biasanya digunakan untuk wadah kopi, susu, maupun teh. Jenisnya kini juga beragam yakni coffee cup dan espresso cup. Coffee cup, biasanya tidak berwarna bening dan terbuat dari bahan yang sedikit tebal (keramik) untuk menahan panas, dan memiliki fitur telinga (pegangan). Sedangkan espresso cup, memiliki bentuk yang relatif lebih kecil ketimbang coffee cup.

Cangkir teh
Cangkir teh

Unstem Glass

Gelas ini berbentuk sederhana tanpa tangkai dan begitu mudah dicari untuk perkakas rumah tangga. Biasanya gelas ini digunakan untuk minuman yang sengaja dicampur es batu. Seiring perkembangannya, gelas ini lebih bervariasi mulai dari old fashioned glass, double old fashioned glass, collin glass, dan high ball glass.

Unstem glass
Unstem glass

Jenis Unstem Glass

  • Old fashioned glass: bentuknya lebih pendek dan biasanya digunakan menyajikan minuman keras (alkohol) dengan es.
  • Double old fashioned glass: memiliki ukuran sekitar 177 mililiter hingga 295 mililiter dengan bagian keliling dan dasar gelas yang tebal.
  • Collin glass: memiliki ukuran 230 mililiter hingga 473 mililiter ini cenderung digunakan untuk menghidangkan jus, gin, maupun tonic.
  • High ball glass: gelas ini lebih tinggi dari jenis old fashioned glass, namun lebih pendek dari collins glass.

Stem Glass

Memiliki bentuk dengan tangkai kaki yang dirancang untuk kondisi suhu yang stabil (tidak berubah). Biasanya digunakan untuk minuman dingin tanpa es. Seiring perkembangan, desain steam glass juga berubah menjadi lima jenis.

Gantungan stem glass
Gantungan stem glass

Jenis Stem Glass

  • Brandy snifter: memiliki bentuk tangkai pendek dengan dasar gelas yang lebar dan berukuran antara 236 mililiter hingga 414 mililiter.
  • Champagne glass: memiliki ukuran sekitar 177 mililiter hingga 230 mililiter dengan bentuk tangkai tinggi dan ramping.
  • Cordial Glass: memiliki bentuk menyerupai gelas anggur yang biasanya untuk menyajikan Liquors.
  • Wine glass (gelas wine): memiliki bagian bibir gelas yang cenderung lebih kecil ketimbang badan gelas.
  • Irish coffee glass: lebih sering gelas ini digunakan untuk menyajikan minuman kopi panas.

Beer Stein (Gelas Bir)

Memiliki bentuk lebih besar, panjang, dan lebar dengan fitur telinga atau gagang yang memudahkan orang dalam memegang. Jenisnya ada dua yakni mug beer dan pilsener glass.

Ilustrasi: Gelas Bir (credit: theconversation)
Ilustrasi: Gelas Bir (credit: theconversation)

Jenis Gelas Bir

  • Mug Beer: kepala gelasnya relatif bulat, dilengkapi dengan badan gelas yang besar dan tebal dan memiliki telinga/pegangan gelas.
  • Pilsener glass: memiliki bentuk lebih besar dan panjang seperti vas bunga. Semakin ke bawah, maka diameternya akan semakin mengecil.

Sebagai gambaran, berikut kami rangkum harga gelas jus per di pada 2022.

Harga Gelas Jus di

Merk & Jenis Gelas JusHarga (Rp)
Gelas jus beling Citinova Porto per 80.000
Gelas jus bening kaca Accorda Citinova 310 ml 6 pcs82.300
Gelas jus plastik bening 1 lusin (12 pcs)92.000
Gelas jus plastik Golden Dragon 844 470 ml 1/2 lusin (6 pcs)109.900

Gelas jus dijual bervariasi sesuai dari bahannya. Seperti pada tahun 2020, harga gelas jus plastik Golden Dragon isi 6 (1/2 lusin) dengan berat 2 kg, tinggi 19 cm dan diameter gelas 7 cm dijual dengan harga Rp82.000, turun dari harga tahun 2019 sebesar Rp90.000. Sedangkan pada 2021 harganya naik jadi Rp95 ribuan per setengah lusin. Kapasitas isi gelas ini mencapai 470 ml dengan bahan food grade.

Sedangkan jenis gelas jus yang lainnya, seperti berbahan kaca merek Accorda 310 ml satu setnya dijual dengan harga Rp72.500 per satu pack isi 6 gelas tahun 2021, turun dari harga  Rp76 ribu di tahun 2020.

Kenaikan harga gelas jus terjadi di tahun 2022. Sebagai contoh, gelas jus beling Citinova Porto per yang dibanderol Rp75 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp80 ribu di tahun 2022. Jika membeli lewat salah satu toko online seperti di jd.id, Anda akan dikenai biaya mulai Rp11 ribu di tahun 2021 hingga 2022.

Pada marketplace lainnya seperti di Tokopedia, gelas jus Acrylic transparan dijual Rp20 ribu per gelas di tahun 2022, naik dari Rp16 ribu satu gelasnya di tahun 2021, naik dari harga Rp9 ribu di tahun 2020. Ada pula gelas jus plastik bening isi 1 lusin (12 pcs) dengan ukuran lebar 8,5 cm dan tinggi 15,5 cm dengan harga Rp80 ribu per set di tahun 2021, naik menjadi Rp92 ribu di tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *