Update Harga Folding Door PVC per Meter (Buka Samping & Buka Tengah)

Mungkin selama ini Anda lebih familiar dengan folding door berbahan dasar kayu atau aluminium. Nah, selain dua material tersebut, sekarang juga sudah tersedia folding door dari bahan PVC. Cocok untuk karena membuat ruangan di dalam rumah tampak luas, folding door PVC ini biasanya dijual per meter, dengan harga rata-rata jutaan rupiah.

Folding door PVC (sumber: furnitureonline.ae)
Folding door PVC (sumber: furnitureonline.ae)

Apa Itu Folding Door?

Entah itu rumah, hotel, toko, atau bangunan lainnya, fasad atau tampak depan merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dihilangkan, bahkan menjadi bagian penting dalam sebuah karya arsitektur.[1] Pasalnya, melalui fasad ini, kita dapat memperoleh gambaran tentang fungsi-fungsi ruang bangunan yang berada di balik atau di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Lalu, apa sebenarnya fasad itu? Fasad adalah salah satu elemen yang dimiliki oleh selubung bangunan, punya makna sebagai muka arsitektur, menghubungkan antara ruang dalam dan ruang luar. Merupakan elemen yang pertama kali dilihat dan diapresiasi, fasad terdiri dari beberapa elemen, antara lain jendela, pintu, dinding, atap, serta sun shading.[2]

Khusus untuk pintu, saat ini sudah banyak pintu yang dapat digunakan untuk bangunan, salah satunya folding door. Dilansir dari berbagai sumber, folding door adalah rangkaian pintu yang terdiri dari kumpulan plat daun untuk menutup ruangan, yang didorong ke arah samping. Umumnya, folding door ini dimanfaatkan sebagai pintu garasi atau penyekat ruangan.

Mungkin ada yang bertanya, apa bedanya folding door dengan folding gate? Secara fungsi dan desain, keduanya memang sama, yakni sebuah pintu dengan sistem buka-tutup yang didorong ke samping. Namun, jika folding gate umumnya terbuat dari bahan logam, seperti aluminium, besi atau , maupun galvalum, maka folding door umumnya terbuat dari material PVC.

PVC sendiri adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Di seluruh dunia, lebih dari 50% PVC yang diproduksi dipakai dalam konstruksi. Sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah, tahan lama, dan mudah dirangkai. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer. PVC yang fleksibel umumnya dipakai sebagai bahan pakaian, perpipaan, atap, dan instalasi listrik. Karena 57% massanya adalah klor, PVC adalah polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya.[3]

Folding Door PVC (sumber: idei.club)
Folding Door PVC (sumber: idei.club)

Material ini secara umum mempunyai sifat keras dan kaku. Kekuatan untuk berbenturan cukup baik, mudah terdegradasi akibat panas dan cahaya, mudah disintesis, bentuknya serbuk putih sehingga mudah diolah, mudah larut dalam suhu kamar, serta tidak mudah terbakar. Dengan segala kelebihannya tersebut, tidak heran jika kemudian PVC menjadi bahan yang populer, termasuk untuk membuat folding door.[4]

Selain digunakan untuk pintu depan, folding door PVC juga dapat Anda manfaatkan sebagai partisi ruangan., Seperti diketahui, membagi ruangan di rumah memang merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, terutama jika Anda kebetulan menginginkan ada ruang kerja pribadi di tempat tinggal Anda. Nah, apabila Anda ingin ruangan tetap tampak luas meskipun sudah dipartisi, maka folding door ini menjadi material yang dapat Anda pilih.

Secara fungsional, pintu lipat ini diklaim jauh lebih mudah digunakan dan cocok dipakai dalam kondisi dan situasi rumah yang berbeda-beda. Berbeda dengan pintu biasa pada umumnya, folding door bisa dibuka secara penuh dan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas dari biasanya. Kelebihan lainnya pintu ini adalah tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Nah, apabila Anda tertarik menggunakan folding door PVC untuk partisi ruangan rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan maupun lewat e-commerce. Biasanya dijual per meter, harga folding door PVC mulai Rp1 jutaan per meter.

Harga Folding Door PVC

PVC bahan folding door (sumber: everplast.com)
PVC bahan folding door (sumber: everplast.com)
Tipe Folding Door PVC Harga
Folding Door PVC Sistem Buka Samping 220 cm Rp1.550.000 per meter
Folding Door PVC Sistem Buka Samping 221 cm – 300 cm Rp1.821.000 per meter
Folding Door PVC Sistem Buka Tengah 220 cm Rp1.950.000 per meter
Folding Door PVC Sistem Buka Tengah 221 cm  – 300 cm Rp2.100.000 per meter

Harga folding door PVC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko material bangunan, toko mebel, dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga folding door PVC tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga folding door PVC tahun 2022 cenderung mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Folding Door PVC sistem buka tengah 220 cm yang dibanderol Rp1,7 juta di tahun 2021, naik menjadi Rp1,9 jutaan tahun 2022. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[Update: Almas] 

[1] Setiawan, Dedi dan Tin Budi Utami. 2016. Tipologi Perubahan Elemen Fasad Bangunan Ruko pada Penggal Puri Indah, Jakarta Barat. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, Vol. 6(1): 15-24.

[2] Utami, dkk. 2013. Kajian Bentuk dan Fasade Hotel Hilton Bandung. Jurnal Rekakarsa IIenas Bandung, Vol. 1(1).

[3] Cowd, M.A. 1991. Kimia Polimer. Bandung: ITB.

[4] Billmeyer, F.W. 1984. Text Book of Polymer Science 3rd Edition. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *