Info Terbaru Harga Fermipan Sachet dan 1 Dus

Jika sering berkutat di dapur, pastinya Anda sudah familiar dengan Fermipan. Ini adalah merek ragi instan yang tersedia dalam kemasan sachet 11 gr, plastik 500 gr, hingga kotak 1 kg. Yeast instan tersebut tersedia di berbagai toko bahan kue, pasar tradisional, hingga minimarket seperti Alfamart dan Indomaret dengan yang relatif terjangkau.

Fermipan (sumber: wellnessbakeries.com)
Fermipan (sumber: wellnessbakeries.com)

Fermipan adalah salah satu brand yeast atau ragi yang diproduksi Lesaffre di Perancis, dan sudah terkenal luas oleh para baker di berbagai belahan dunia. Ini termasuk instant dry yeast atau ragi kering instan yang berbentuk butiran halus berwarna cokelat muda dan beraroma khas ragi roti. Di , brand Fermipan didistribusikan oleh PT Sangra Ratu Boga, selaku agen tunggal yang ditunjuk Lesaffre sejak tahun 1989. PT Sangra Ratu Boga sendiri bergerak di bidang umum termasuk impor, ekspor, lokal dan antar pulau.

Bacaan Lainnya

Keunggulan Fermipan

Fermipan terbilang cukup populer di Nusantara, karena mudah dicari. Selain itu, menurut penelitian, Fermipan memiliki kandungan lemak sedikit dengan kadar air yang lebih banyak dibanding ragi lainnya saat dipakai untuk membuat adonan roti.[1] Karakteristik ragi instan ini tidak akan membuat adonan cepat kering atau keras saat dipanggang dan didiamkan untuk difermentasi. Selain itu, kue atau roti yang diberi Fermipan juga akan lebih empuk dan kenyal, karena adonan mampu mengikat banyak air dan terfermentasi dengan baik oleh ragi tersebut.

Yeast instan tersebut juga dikenal sebagai bahan pengembang kue. Proses fermentasi akibat penambahan ragi pada kue, akan membuat adonan menangkap lebih banyak udara dan air, sehingga bisa mengembang dua kali lipat dari semula. Adonan yang mengembang jika dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang, akan menghasilkan tekstur roti yang berongga.

Jumlah rongga pada kue tergantung dari jumlah ragi yang Anda masukkan. Semakin banyak Fermipan ditambahkan ke dalam adonan, maka rongga dalam roti akan semakin banyak. Banyaknya rongga di dalam kue, akan membuat roti mudah digigit dan memiliki efek membal yang baik. Keunggulan lain Fermipan terletak pada teksturnya. Jika Anda menemukan ragi kue dalam bentuk tablet, Fermipan memiliki tekstur seperti pasir atau tepung. Ragi ini juga mudah larut di dalam air, sehingga Anda tidak perlu menghancurkannya sebelum dipakai.

Kenapa Fermipan Tidak Aktif?

Ragi instan (sumber: liputan 6)
Ragi instan (sumber: liputan 6)

Untuk menggunakan ragi instan tersebut, Anda perlu memperhatikan masa aktifnya. Sama seperti ragi pada umumnya, Fermipan juga memiliki masa aktif yang bisa dilihat pada kemasannya. Di bagian belakang kemasan, terdapat tanggal expired yang merupakan batas masa aktif ragi. Meskipun begitu, sebaiknya Anda melakukan uji coba reaksi ragi untuk mengetahui apakah bakteri pada ragi masih hidup atau sudah mati.

Mengecek reaktif Fermipan tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan segelas air hangat dan dua sendok teh ragi. Masukkan ragi instan ke dalam air hangat dan aduk hingga rata. Jika air berubah warna dan suhunya semakin panas dengan air yang berbuih, maka ragi masih aktif. Namun, jika tidak ada reaksi apa pun, maka Fermipan sudah tidak aktif lagi atau bakterinya sudah mati semua.

Selain kedaluwarsa, ada banyak faktor mengapa Fermipan bisa non-aktif, salah satunya adalah yang kurang baik. Sebagai organisme yang melakukan fermentasi pada adonan kue, biang tersebut bisa mati kapan saja dan membuat Fermipan tidak aktif. Anda perlu memperhatikan cara penyimpanan untuk menghindari risiko kematian organisme.

Simpanlah Fermipan sisa pada tempat yang tertutup dan kedap udara. Anda bisa menyimpannya dalam toples atau menyegel wadahnya menggunakan karet. Selain itu, perhatikan suhu dan kelembapan ruang. Fermipan harus disimpan di tempat yang sejuk, tidak lembap, dan jauh dari sinar matahari.

Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas, tetapi ragi Anda masih rusak, bisa jadi ini karena proses penggunaan yang salah. Beberapa orang melakukan kesalahan fatal dengan menggunakan air panas. Air yang terlalu panas dapat membunuh bakteri yang ada pada Fermipan, sehingga ragi tersebut menjadi non-reaktif.

Sebagai saran, Anda bisa menuangkan air dingin dan air panas ke dalam gelas dengan perbandingan 3:1. Sebagai contoh, Anda bisa menuangkan 3 sendok makan air dingin dan 1 sendok makan air panas ke dalam gelas. Aduk air tersebut hingga rata dan mencapai suhu yang stabil. Setelah itu, Anda baru bisa menuangkan Fermipan dan mengaduknya di dalam gelas.

Bagi Anda yang ingin menghindari risiko non-aktif pada Fermipan, Anda bisa membelinya dalam jumlah kecil sekali pakai. Produk ini sudah tersedia dalam kemasan sachet isi 11 gr dengan harga yang relatif terjangkau. Lalu, berapa harga Fermipan kemasan sachet dan 1 dus saat ini?

Harga Fermipan

Fermipan sachet (sumber: lazada)
Fermipan sachet (sumber: lazada)
Varian Fermipan Harga
Fermipan Yeast Instan Sachet 11 gr Rp5.000 – Rp7.000
Fermipan Yeast Instant 1 Box (4 sachet) Rp27.000
Fermipan Brown 500 gr Rp46.850 – Rp49.500
Fermipan Red 500 gr Rp51.500
Fermipan Yeast Instant 1 Karton/Dus (60 box) Rp1.050.000

Daftar harga Fermipan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga Fermipan Red 500 gr misalnya, semula Rp53.500 dan sekarang turun menjadi Rp51.500. Sementara itu, harga Fermipan Yeast Instant 1 box (4 sachet) naik dari Rp20.200 menjadi Rp27 ribuan.

Selain di pasar tradisional, toko kelontong, atau online shop, Anda pun bisa membeli Fermipan di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Di Indomaret misalnya, harga Fermipan Instant Yeast 4 x 11 gr saat ini berkisar Rp22.700. Sebagai perbandingan, tahun lalu harganya masih sekitar Rp20.200. (Update: Panca)

[1] Amri, Erismar & Putri Pratiwi. 2014. Pembuatan Mocaf (Modified Cassafa Flour) dengan Proses Fermentasi Menggunakan Beberapa Jenis Ragi. Jurnal Pelangi STKIP PGRI Sumatera Barat, Vol. 6(2): 171-179.

Pos terkait