Varian dan Harga Feature Phone 4G di Indonesia

No comment227 views

Sebagian dari Anda mungkin belum begitu familiar dengan feature phone. Ini dapat dikatakan sebagai seluler yang punya fitur seperti kemampuan mengakses internet dan mendengarkan musik, namun belum secanggih smartphone.Meski demikian, seiring waktu, perangkat ini tampil lebih modern, termasuk punya akses ke jaringan 4G.Di Indonesia sendiri, jumlah feature phone sangat berlimpah dan biasanya dijual dengan lebih murah dibandingkan ponsel cerdas.

Ilustrasi: pengguna smartphone

Ilustrasi: pengguna smartphone

Smartphone saat ini sudah menjadi sebuah barang dengan tingkatan kebutuhan tinggi yang penting bagi sebagian orang, dalam upaya menunjang produktivitas kerja mereka.Hal ini disebabkan smartphone bisa digunakan dimana saja dan bisa dibawa kemana saja, berbeda PC ataupun laptop yang ukurannya agak lebih besar.Smartphone kelebihan utamanya adalah akses internet yang begitu cepat dan canggih, kemudian menunjang aktivitas orang dalam melakukan interaksi sosial.[1]

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, seperti dilansir dari Detik Inet, pembeli smartphone terpantau berkurang, sedangkan pasar feature phone mulai berkembang lagi.Pasalnya, feature phone lambat laun telah dibekali dengan mendekati smartphone.Tidak cuma dapat memainkan musik, membuka internet, atau dilengkapi media sosial, banyak feature phone yang sudah didukung jaringan 4G.Penasaran?Ini beberapa yang sudah beredar di Indonesia.

Baca juga  Update Harga HP China Terbaik dan Terlaris

ADVAN Hape Online

Produk ini pertama kali menyapa dalam negeri pada medio Februari 2020.Meski berstatus sebagai feature phone, pengguna Hape Online – Smart Feature Phone bisa mengakses internet dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google, Google Maps, YouTube, Facebook, serta Twitter.Bahkan, perangkat ini diklaim bisa dipakai sebagai perangkat MiFi yang dapat digunakan untuk berbagi akses internet hingga ke 11 piranti lainnya.

ADVAN Hape Online (sumber: uzone.id)

ADVAN Hape Online (sumber: uzone.id)

Untuk urusan internet, ADVAN menawarkan akses yang cukup luar biasa di kategori feature phone.Pasalnya, Hape Online dikatakan sebagai ponsel KaiOS pertama di Tanah Air yang juga memberikan pengalaman internet cepat berkat koneksi jaringan 4G yang sudah disematkan di dalamnya. Selain itu, tersedia juga aplikasi KaiStore, memungkinkan pengguna menginstal aplikasi yang lain.

Nokia 8110 4G

Salah satu ponsel legendaris milik Nokia ini lahir kembali pada bulan Februari 2018. Kala itu, HMD Global, selaku pemegang merk Nokia, menampilkan feature phone yang kerap disebut Pisang ini di gelaran World Congress yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Nokia 8110 4G menjadi seri kedua Nokia lawas yang dirilis ulang setelah sebelumnya memproduksi Nokia 3310 Reborn.

Nokia 8110 4G (sumber: techaio.com)

Nokia 8110 4G (sumber: techaio.com)

Meski masih membawa pisang yang iconic, versi terbaru ini ternyata sudah mendukung jaringan 4G, yang tentu saja menanggalkan antena mencolok yang dulu terpasang di pucuk ponsel. Dengan dukungan 4G, Nokia 8110 reborn tentu dapat dipakai sebagai wireless hotspot untuk melakukan tethering ke laptop. Perbedaan lainnya, membawa layar lebih lebar dan daya baterai yang lebih kuat.

Baca juga  Update Harga HP China Terbaik dan Terlaris

Nokia 2720 Flip 4G

Produk ini pertama kali menyapa konsumen global pada September 2019 kemarin. Merupakan versi reborn dari HP dengan nama yang sama, ini adalah produk penerus Nokia 2720 Fold yang asli. Namun, ponsel ini lebih canggih dan kekinian karena sudah hadir dengan internet seluler 4G dan aplikasi modern seperti Google Assistant, YouTube, Facebook, hingga WhatsApp.

Nokia 2720 Flip 4G (sumber: digit.in)

Nokia 2720 Flip 4G (sumber: digit.in)

Secara , perangkat ini membawa layar berukuran 1,3 inch di bagian luar dan layar utama berdimensi 28, inch. Seperti HP flip pada umumnya, pengguna bisa menerima panggilan telepon dengan cara membuka ponsel dan menutup telepon dengan melipat ponsel. Fitur lainnya adalah CPU Qualcomm 205 Mobile Platform Dual Core serta micro SD hingga 32 GB.

Xiaomi Qin 1S

Pabrikan asal China ini tidak hanya getol merilis smartphone berharga murah, melainkan juga feature phone. Nah, di pasaran dalam negeri, salah satu model yang sudah diluncurkan adalah Xiaomi Qin 1S.Namun, usut punya usut, ternyata model ini bukan murni milik Xiaomi, melainkan keluaran Shenzhen Duoqin Technology Co. Pabrikan cuma memberi dukungan fitur asisten suara.

Xiaomi Qin 1S (sumber: club-mi.ru)

Xiaomi Qin 1S (sumber: club-mi.ru)

Terlepas dari fakta tersebut, Xiaomi Qin 1S sudah memiliki akses ke jaringan 4G, berbeda dengan model Qin 1 yang cuma mendukung jaringan 2G. Selain itu, perangkat ini pun punya chipset Spreadtrum SC9820, Dual Core 1,2 GHz Cortex-A53, dan RAM 256 MB yang sangat perkasa, ditambah 512 MB penyimpanan onboard, serta berjalan pada sistem operasi yang disebut MOCOR 5.

Baca juga  Update Harga HP China Terbaik dan Terlaris

Harga Feature Phone 4G

Tipe Feature PhoneHarga
ADVAN Hape OnlineRp449.000 – Rp670.000
SmartfrenAndromax Prime 4GRp450.000
Xiaomi Qin 1SRp1.250.000
Nokia 8110 4GRp1.278.000 – Rp1.500.000
Nokia 2720 Flip 4GRp1.499.000 – Rp1.775.000

Harga feature phone dengan jaringan 4G di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dalam negeri. Perlu diingat bahwa harga feature phone di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, silakan datang ke counter atau toko HP terdekat di kota Anda.

[1]Sunarto.2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo, hlm. 28.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Varian dan Harga Feature Phone 4G di Indonesia"