Info Dosis dan Harga Obat Fasidol Forte (Tablet dan Sirup)

Demam atau panas tinggi dapat diderita oleh siapa saja, dari bayi hingga lansia. Tak heran jika obat penurun demam yang populer dengan kandungan parasetamol menjadi pilihan obat yang perlu disimpan oleh ibu di . Dari banyaknya merek obat penurun demam, Fasidol Forte termasuk obat yang aman digunakan bahkan untuk usia balita. obat Fasidol Forte juga cukup terjangkau di apotik atau toko obat terdekat.

Harga Obat Fasidol Forte - id.pinterest.com

Harga Obat Fasidol Forte - id.pinterest.com

Demam sesungguhnya merupakan reaksi alamiah dari tubuh manusia dalam melakukan perlawanan terhadap beragam penyakit yang masuk atau berada di dalam tubuh. Dengan kata lain, demam menjadi bentuk mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Pengeluaran zat antibodi yang lebih banyak dari biasanya kerap diikuti dengan naiknya suhu tubuh.

Anak balita yang sehat umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh atau zat antibodi yang baik. Semakin sehat, maka semakin baik sistem kekebalan tubuhnya. Sementara itu, suhu badan normal manusia biasanya berkisar antara 36-37 derajat celsius. Jika suhu badan telah mencapai ambang batas normal 37,5 derajat celsius maka perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius untuk menghindari kondisi tubuh lebih buruk.[1]

Baca juga  Info Biaya Operasi Caesar dan Persalinan Normal di RS Hermina

Dalam mengatasi kondisi demam, dokter menyarankan Anda mengonsumsi obat penurun panas. Fasidol Forte menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengatasi demam. Fasidol Forte merupakan jenis obat bebas yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Ifars. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun sirup dengan sejumlah manfaat untuk tubuh.

Fasidol Forte merupakan obat dengan kandungan zat aktif Paracetamol yang termasuk golongan analgesik untuk bekerja menghambat enzim cyclooxygenase (COX). Enzim tersebut berperan pada pembentukan prostaglandin yaitu senyawa penyebab nyeri. Dengan kerja enzim COX yang terhambat, maka jumlah prostaglandin pada sistem saraf pusat menjadi berkurang sehingga respons tubuh terhadap nyeri berkurang. Paracetamol menurunkan suhu tubuh dengan mengendalikan pusat pengendali suhu tubuh di otak.

Kegunaan Obat Fasidol Forte

  • Sebagai obat penurun demam
  • Mengurangi rasa sakit kepala
  • Meredakan sakit gigi
  • Meredakan nyeri setelah operasi

Biasanya setelah vaksinasi, tubuh juga akan memberikan respons berupa demam, maka Anda dapat mengonsumsi obat Fasidol Forte untuk meredakannya. Untuk usia anak-anak, Anda dapat memberikan obat Fasidol Forte berupa sirup agar lebih mudah diminum. Fasidol Forte merupakan jenis obat yang aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun menyusui sesuai anjuran dokter. Fasidol Forte tablet maupun sirup memiliki dosis tertentu yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga  Update Harga Obat Mefinal (250 mg & 500 mg)
Obat Penurun Demam

Obat Penurun Demam

Dosis Obat Fasidol Forte

Dosis Fasidol Forte Tablet
Obat ini ditujukan untuk usia dewasa dan anak di atas 12 tahun yakni: 3 kali sehari sebanyak 1 tablet sebagai dosis awal. Sedangkan untuk dosis maksimal yakni sebanyak 4 gram per hari.

Dosis Fasidol Forte Sirup

  • Usia 6-12 bulan: 3-4 x sehari, sebanyak 2,5 ml
  • Usia 1-3 tahun: 3-4 kali sehari, sebanyak 2,5 ml-5 ml
  • Usia 4-6 tahun: 3-4 kali sehari, sebanyak 5 ml
  • Usia 7-12 tahun: 3-4 kali sehari, sebanyak 10ml
  • Usia dewasa: 3-4 x sehari, sebanyak 15 ml-30 ml (maksimal 120 ml sehari)

Obat ini dapat diminum sebelum maupun sesudah makan sesuai anjuran dokter. Tercatat, laporan efek samping setelah mengonsumsi obat yang mungkin terjadi meliputi reaksi kulit, saluran pencernaan, dan reaksi alergi lainnya, kerusakan hati pada penggunaan jangka lama hingga overdosis. Perlu diketahui, obat yang dapat berinteraksi dengan Fasidol Forte adalah Metoclopramide, Carbamazepine, Fenobarbital, Fenitoin, Kolestiramin, Lixisenatide, dan Warfarin. Lalu, berapa harga obat Fasidol Forte di pasaran saat ini?

Baca juga  Info Terbaru Harga Minyak Tawon Asli (Tutup Putih dan Tutup Merah)

Harga Fasidol Forte

Varian Fasidol ForteHarga (Rp)
Fasidol Forte Tablet 650 mg per strip6.753
Fasidol Forte Sirup 60ml10.916
1 Dus Fasidol Forte Tablet 650 mg67.600

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Fasidol Forte dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli obat tersebut di sejumlah toko obat seperti Apotek K24 dan Kimia Farma terdekat. Selain itu, beberapa apotik online juga menyediakan layanan obat Fasidol Forte dengan harga bersaing.

[1] Widjaja. Mencegah & Mengatasi Demam pada Balita (Jakarta: Kawan Pustaka, 2005), hlm. 1

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Dosis dan Harga Obat Fasidol Forte (Tablet dan Sirup)"