Harga Engsel Sendok (Lurus, Bengkok, Setengah Bengkok)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan barang bernama engsel. Ini adalah yang digunakan untuk membuka atau menutup pintu, lemari, atau jendela. Nah, khusus untuk pintu lemari, salah satu engsel yang paling banyak digunakan adalah engsel sendok. Di pasaran, engsel sendok ini sangat terjangkau, mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah.

Dikutip dari Rumahku, engsel adalah yang digunakan untuk memasang yang memiliki sistem bukaan seperti pintu, jendela, lemari, dan sebagainya. Dengan engsel, membuka atau menutup suatu akan jauh lebih mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga. Hampir senada, Imagebali.net juga menyebut engsel sebagai alat yang dipasang pada pintu, jendela, atau perabot lain untuk menciptakan sistem buka dan tutup.

Harga Engsel Sendok - www.tokopedia.com

Harga Engsel Sendok - www.tokopedia.com

Engsel sendiri memiliki beragam jenis. Masing-masing varian engsel tentunya punya bentuk dan fungsi tersendiri terhadap sistem penggunaannya. Nah, berikut beberapa jenis engsel yang umum digunakan di dalam perabotan tangga.

  • Butt engsel, adalah engsel yang biasanya digunakan pada pintu kabinet. Memiliki ukuran berkisar 13 cm sampai 50 cm, kelebihan engsel ini adalah mampu menahan beban berat dan tidak mudah rusak. Sayangnya, jika sudah telanjur dipasang dan ternyata ada kekeliruan, maka harus dilakukan pembongkaran terlebih dulu untuk memperbaikinya. Karena itu, sebelum memasang engsel jenis ini, harus dilakukan pengukuran secara cermat dan teliti terlebih dahulu.
  • Butterfly engsel, dinamakan demikian karena bentuk engsel ini memang menyerupai kupu-kupu. Meski polanya dapat berbeda-beda, engsel ini hanya tersedia dalam ukuran kecil. Engsel ini digunakan untuk menyatukan dua komponen dan sering dipasang di bagian luar hunian karena dapat menciptakan sisi artistik.
  • Flush engsel, adalah engsel yang tidak membutuhkan coakan di tempat yang akan dipasangkan engsel. Karena tidak bisa menahan beban yang terlalu berat, maka engsel ini bisanya hanya digunakan pada benda yang berukuran kecil, seperti kotak perhiasan, jendela kecil, atau lainnya.
  • Engsel barrel, terdiri dari dua jenis, yaitu barrel jantan dan barrel betina. Sistem pemasangan engsel ini hampir sama dengan mur dan baut. Satu engsel dipasang pada media penyatuan, kemudian yang satunya lagi dipasang pada benda lain yang akan dipasangkan. Kelebihan dari engsel ini adalah bisa dilepas dengan mudah. Perabot yang paling sering menggunakan engsel barrel adalah pintu berukuran besar.
  • Engsel tersembunyi, umumnya tersedia dalam dua ukuran, yaitu 25 mm dan 36 mm. Engsel ini sendiri biasanya dipakai pada pintu dengan ruangan yang menggunakan AC atau pendingin udara karena engsel ini dapat membuat pintu menutup sendiri secara otomatis dan penutupannya sangat rapat.
  • Engsel memanjang atau piano, dinamakan demikian karena bentuk engsel ini memang menyerupai piano. Sama dengan engsel jenis flush, engsel ini hanya bisa digunakan untuk menciptakan sistem buka-tutup pada perabotan yang tidak terlalu berat dan berukuran kecil. Furniture yang biasanya memakai engsel ini antara lain lemari atau pintu dan jendela yang terbuat dari kayu lapis atau triplek.

Fungsi dan Jenis Engsel Sendok

Selain engsel-engsel yang telah disebutkan di atas, ada juga jenis engsel sendok. Biasa disebut juga sebagai Europa hinge, ini adalah jenis engsel yang sangat populer saat ini, khususnya untuk berbagai pekerjaan dan furniture minimalis. Pasalnya, engsel ini punya kelebihan utama dalam setting. Engsel sendok dapat diatur naik dan turun atau maju dan mundur untuk fitting pintu dengan frame. Selain itu, engsel sendok juga membuat pintu kabinet atau perabotan menjadi tampak bersih karena engsel tidak kelihatan dari luar.

Harga Engsel Sendok - www.tokopedia.com

Harga Engsel Sendok - www.tokopedia.com

Engsel sendok sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis.

  • Engsel sendok bengkok, digunakan untuk pintu dalam, artinya permukaan pintu ketika tertutup akan sama rata dengan sisi tebal dinding samping kabinet sehingga sisi tebal dinding kabinet akan terlihat. Untuk posisi ini, Anda perlu menggunakan engsel sendok dengan bukaan sudut 110 derajat sampai 125 derajat. Bagian penting pada waktu penyetelan pintu dalam adalah lokasi kaki/sepatu engsel. Meski demikian, ini tidak akan menjadi masalah besar karena engsel bisa diatur apabila posisi tidak tepat.
  • Engsel sendok lurus, yang sesuai untuk pintu luar. Pada hasil akhir pemasangan, hanya bagian pintu yang tampak dari luar. Sementara, sisi tebal dinding samping tertutup oleh daun pintu. Proses pemasangan engsel ini hampir sama dengan engsel sendok bengkok, jarak lubang dan titik sekrup tidak berubah. Yang berbeda hanyalah ukuran pintu.
  • Engsel setengah bengkok, digunakan untuk pintu yang hanya menutupi setengah ketebalan dinding kabinet. Yang dimaksud di sini adalah adanya pertemuan dua pintu pada satu dinding kabinet. Berarti akan ada celah di antara pintu, di depan sisi tebal dinding kabinet. Lokasi pintu prinsipnya berada di luar, namun hanya setengah dari ketebalan dinding kabinet.

Harga Engsel Sendok

Jenis Engsel SendokKisaran Harga
Engsel Sendok Mini Lurus Huben Rp2.000 – Rp5.000 per buah
Engsel Sendok Elco 35 mmRp4.000 – Rp6.000 per buah
Engsel Sendok Lurus KingRp4.000 – Rp6.000 per buah
Engsel Sendok 1/2 BengkokMulai Rp4.000 per buah
Engsel Sendok BengkokMulai Rp4.000 per buah
Engsel Sendok Soft CloseMulai Rp19.000 per buah
Engsel Sendok DekksonMulai Rp30.000 per buah

Harga engsel sendok di atas, baik lurus, bengkok, maupun setengah bengkok, kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga engsel sendok tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk lebih komplet, Anda bisa langsung datang ke toko perabotan rumah terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Garden by The Bay Singapore Terbaru
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Engsel Sendok (Lurus, Bengkok, Setengah Bengkok)"