Harga Engine Mounting Mobil Suzuki Karimun Wagon R

Ketika sedang menjalankan kendaraan roda empat, mungkin Anda pernah merasakan getaran atau goyang, terutama di sisi bagian belakang. Jika itu terjadi, salah satu penyebabnya adalah engine mounting Anda sudah rusak dan perlu diganti. Saat ini, sudah banyak bengkel yang menjual tersebut, dan untuk Karimun Wagon R buatan , engine mounting berkisar Rp475 ribuan sampai Rp975 ribuan.

Engine Mounting Mobil - www.auto.my

Engine Mounting Mobil - www.auto.my

Engine mounting sendiri merupakan komponen yang terbuat dari karet, yang berfungsi sebagai dudukan ke sasis. Komponen ini bertugas meredam getaran ke bodi serta menjaga keseimbangan . Di dalam sebuah mobil, biasanya terdapat dua sampai empat buah engine mounting, sedangkan mobil dengan penggerak roda belakang memiliki dua buah engine mounting.

engine mounting berguna untuk menyerap atau mereduksi getaran yang dihasilkan oleh mesin agar tidak merambat seratus persen hingga ke rangka mobil. Jadi, secara sederhana komponen ini adalah untuk mengurangi getaran mesin ke rangka agar ketika mesin bergetar (terutama saat berakselarasi dan deselarasi) bodi mobil tetap anteng, tidak terpengaruh oleh getaran mesin sehingga penumpang tetap merasa nyaman.

Karena berbahan dasar karet yang memiliki fleksibilitas tertentu namun tetap kuat, maka karet mounting akan mengalami getas atau rusak yang berakibat terganggunya kenyamanan mengemudi, karena getaran mesin tidak tereduksi lagi ketika akan merambat ke sasis mobil. Kerusakan karet mounting membuat celah pada komponen tersebut sehingga mesin bergetar hebat (seperti mesin yang tidak seimbang), getaran tersebut bisa merembet ke sambungan pipa knalpot sehingga menyebabkan retak atau pecah.

Salah satu teknisi bengkel ‘Superban’ yang beroperasi di bilangan Jakarta mengatakan bahwa engine mounting merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyambung, bantalan, serta peredam getaran mesin pada kendaraan roda empat. Meski jarang melewati jalanan dengan kondisi rusak, engine mounting tetap akan rusak apabila mobil sudah berusia di atas lima tahun.”

Teknisi tersebut menambahkan bahwa jika ban belakang goyang, biasanya karena engine mounting yang sudah tidak lagi bekerja sempurna. Selain itu, kondisi bearing juga telah kendur dan biasanya akan terasa ketika kendaraan sedang melewati tikungan. Yang jelas, apabila ban sudah goyang, lebih baik pemilik mobil segera mengecek kondisi engine mounting.

Sementara, salah satu mekanik yang praktik di bengkel ‘Pit Stop’ di kawasan Jakarta Timur, juga menuturkan bahwa jika engine mounting bermasalah, maka mesin yang sedang bekerja akan bergetar atau goyang, terlebih ketika mobil sedang melakukan akselerasi. Jika engine mounting mengalami kerusakan, hal ini pun pasti akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Baca juga  Update Spesifikasi dan Harga Mitsubishi XM

Menurutnya ada beberapa ciri untuk mengenali engine mounting yang rusak. Biasanya akan terdengar bunyi ‘gluduk’ ketika mesin kendaraan dinyalakan, akibat guncangan mesin karena karet engine mounting telah rusak dan tidak berfungsi lagi. Untuk mencegah kerusakan lebih besar, disarankan untuk melakukan pengecekan berkala dan mengganti engine mounting setiap 50 ribu-60 ribu km.

Namun, jika engine mounting kendaraan Anda memang rusak dan harus segera diganti, Anda bisa membeli yang baru di bengkel-bengkel resmi atau bengkel-bengkel umum, atau bahkan lewat situs jual beli online. Engine mounting untuk Suzuki Karimun Wagon R sekarang dijual dengan harga Rp475 ribuan, namun ada juga yang menawarkan dengan harga Rp675 ribuan hingga Rp975 ribuan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Engine Mounting Mobil Suzuki Karimun Wagon R"