Update Harga Duradus Box Listrik (Semua Ukuran)

Instalasi listrik di luar berisiko terpapar perubahan cuaca, seperti terik matahari, kelembapan udara, hingga air hujan. Nah, jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi dapat menyebabkan alat listrik dan instalasi outdoor menjadi mudah rusak, berkarat, bahkan bisa mengakibatkan arus pendek atau korsleting. Untuk meminimalkan kejadian tersebut, Anda bisa memanfaatkan duradus yang sudah tersedia di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi instalasi Duradus Box Listrik (sumber: wookey.com)
Ilustrasi instalasi Duradus Box Listrik (sumber: wookey.com)

Saat ini, listrik telah menjadi kebutuhan utama banyak rumah tangga, gedung pemerintahan, rumah sakit, sekolah, serta fasilitas umum lainnya. Pasalnya, listrik berguna bagi banyak hal, mulai dari menghidupkan lampu, mengisi baterai smartphone, menonton televisi, menyalakan lemari es, hingga kebutuhan seperti programing data dan industri.

Bacaan Lainnya

Memang, kebutuhan listrik saat ini telah disediakan oleh PLN, walaupun ada juga yang memanfaatkan panel surya. Namun, yang perlu diingat adalah PLN cuma bertugas menyediakan listrik dan meteran khusus listrik. Nah, untuk instalasi dan keamanan, itu menjadi kewajiban masing-masing pelanggan listrik, termasuk untuk kebutuhan rumah tangga.

Baca juga  Info Jenis dan Update Harga Makanan Kucing Di Indomaret & Alfamart

Sebenarnya, ada beberapa tips instalasi listrik yang aman sehingga bebas dari risiko seperti korsleting hingga kebakaran. Pertama, sesuaikan penempatan box MCB (miniature circuit breaker), lampu, saklar, dan stop kontak pada denah hunian. Tidak hanya untuk memastikan bahwa terdapat stop kontak yang cukup, posisi penempatan pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuni.

Tips kedua adalah memakai kabel yang sudah memenuhi SNI karena umumnya sudah memiliki tingkat keamanan yang terjamin serta tidak mudah terkikis dan terkelupas. Untuk listrik dengan daya hingga 5.500 Watt misalnya, Anda bisa memakai kabel dengan diameter 2,5 mm. Sementara, untuk penyaluran listrik pada lampu, Anda dapat menggunakan kabel dengan diameter 1,5 mm.

Untuk meminimalkan risiko korsleting, pengguna listrik disarankan membagi jalur kabel sesuai keperluan saat melakukan instalasi listrik. Anda bisa membagi jalur kabel misalnya untuk pompa air, AC, stop kontak, lampu, dan MCB cadangan. Sementara, untuk perangkat elektronik dengan daya besar, seperti pompa air, water heater, dan AC, sebaiknya memakai jalur tersendiri supaya lebih aman dan tidak mengganggu penggunaan listrik lain.

Baca juga  Update Harga Kaca 5mm per Lembar & per M2

Fungsi Duradus

Nah, apabila hendak melakukan instalasi listrik di luar ruangan, guna mencegah kabel terkena paparan langsung sinar matahari dan air hujan, disarankan menggunakan duradus. Box panel listrik ini diklaim memiliki peranan yang sangat penting karena berfungsi untuk menjaga keamanan pada saat terjadinya gangguan dalam aliran listrik. Selain itu, box panel berguna untuk melindungi panel listrik dari kerusakan, baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja.

Biasanya, duradus ini terbuat dari bahan plastik ABS, sehingga lebih tahan terhadap karat dan tidak mudah getas. Tutup bos umumnya sudah dilengkapi dengan seal karet, sehingga instalasi listrik di dalamnya lebih terlindungi dan aman dari percikan air dan debu. Duradus dapat dipasang menempel pada dinding maupun di dalam dinding.

Harga Duradus

Ilustrasi: Duradus Box (credit: hxljq.net)
Ilustrasi: Duradus Box (credit: hxljq.net)
Ukuran Duradus Harga
Duradus Masko 83 x 83 x 45 mm Rp5.500
Duradus 97 x 97 x 52 mm Rp12.500
Duradus 100 x 100 x 52 mm Rp15.000
Duradus MG 105 x 105 x 55 mm Rp16.500
Duradus 220 x 150 x 75 mm Rp30.000
Duradus MG 220 x 150 x 70 mm Rp42.500
Duradus Masko 220 x 150 x 70 mm Rp43.000
Duradus MG 300 x 220 x 120 mm Rp120.000
Duradus 300 x 220 x 120 mm Rp130.000
Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Briket Batubara

Harga duradus di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perlengkapan listrik dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga box instalasi listrik tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun lalu, harganya saat ini cenderung naik. Duradus 300 x 220 x 120 mm misalnya, awalnya dijual Rp125 ribu dan sekarang menjadi Rp130 ribu. Sementara itu harga duradus Masko 83 x 83 x 45 mm yang semula Rp4.800, saat ini menjadi Rp5.500. (Panca)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.