Info Terbaru Harga Foam Agent Bahan Bata Ringan

Saat ini, material dengan yang ringan memang semakin diminati masyarakat sebagai bahan untuk membangun rumah atau gedung. Tidak cuma baja ringan atau galvalum yang bisa dipakai sebagai rangka atap, bata ringan pun telah menjadi pilihan utama banyak orang untuk membuat dinding. Untuk membuat material ini, selain dan semen, ternyata dibutuhkan foam agent guna memastikan kuat tekan bata ringan. Di pasaran, busa ini umumnya dijual dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Pemasangan bata ringan (sumber: dekoruma)
Pemasangan bata ringan (sumber: dekoruma)

Bata ringan, seperti namanya, merupakan material bangunan yang memiliki bobot cukup ringan, halus, dan punya tingkat kerataan permukaan yang baik. Bata ringan diciptakan dengan tujuan memperingan beban struktur dari sebuah bangunan konstruksi, mempercepat pelaksanaan, serta meminimalkan sisa material yang terjadi pada saat proses pemasangan dinding berlangsung.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari berbagai sumber, bata ringan konon pertama kali dikembangkan di Swedia pada tahun 1923 silam sebagai alternatif material bangunan. Kemudian, bata ringan dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman pada tahun 1943. Sementara di Indonesia, bata ringan dikenal pada tahun 1995 dan saat didirikan PT Hebel Indonesia di Karawang Timur,[1] sehingga sering juga disebut dengan hebel.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Bata ringan secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC). Meski keduanya didasarkan pada gagasan yang sama, tetapi ada perbedaan dalam segi proses pengeringan. Bata ringan AAC adalah beton seluler dengan gelembung disebabkan reaksi kimia, sedangkan bata ringan CLC merupakan beton seluler yang mengalami proses curing secara alami.[2][3]

Ada beberapa kelebihan ketika Anda menggunakan bata ringan, di antaranya memiliki ukuran dan kualitas yang seragam sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi, tidak memerlukan siar yang tebal sehingga menghemat penggunaan perekat, lebih ringan daripada bata biasa sehingga memperkecil beban struktur, pengangkutan mudah dilakukan, pengerjaan lebih cepat dibandingkan bata biasa, tidak diperlukan plester yang tebal, kedap air sehingga kecil risiko terjadi rembesan air, memiliki kekedapan suara yang baik, kuat tekanan yang tinggi, serta memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa bumi.

Manfaat Foam Agent

Khusus untuk bata ringan tipe CLC, dibuat dengan komposisi bahan seperti pasir, semen, air, dan foaming agent atau penghasil busa.[4] Dalam prosesnya, bata ringan CLC ini memakai busa organik yang dihasilkan dari bahan tambahan foam agent. Busa ini berfungsi sebagai media pembungkus udara, sehingga menghasilkan pori-pori dan membuat bobot bata menjadi ringan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Ada baiknya sebelum merencanakan besaran pori-pori pada bata ringan, Anda mengetahui jenis bahan dasar foam agent, apakah itu dari jenis bahan sintetis, protein, atau nabati. Pasalnya, masing-masing bahan foam agent akan memberikan dampak yang berbeda pada kekuatan foam, serta besaran porinya dan efek kandungan asam bahan tersebut yang memengaruhi daya kerja semen yang bersifat basa.

Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan foam agent sebagai bahan untuk membuat bata ringan. Anda bisa membeli busa ini di sejumlah toko material bangunan, bahkan bisa lewat situs jual beli online. Harga yang dipatok bervariasi, biasanya tergantung ukuran atau busa. Sebagai referensi, berikut kisaran harga foam agent di pasaran dalam negeri.

Foam agen bata ringan (sumber: sircontec.com)
Foam agen bata ringan (sumber: sircontec.com)

Harga Foam Agent Bata Ringan

Merk/Kemasan Foam Agent Harga
Foam Agent 600 gr Rp18.000
Foam Agent 1 L Rp50.000
Maxx 102 CLC Foam Agent 1 L Rp61.000
Maxx 102 CLC Foam Agent 5 L Rp135.000
ADT Foam Agent 5 L Rp150.000
AKS Foam Agent 5 L Rp175.000
CBM Foam Agent 5 L Rp200.000
AKS Foam Agent 20 L Rp772.500
ADT Foam Agent 20 L Rp783.000
AKS Foam Agent 30 L Rp900.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga foam agent bata ringan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan maupun situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga busa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga foam agent AKS 20 liter sekitar Rp755 ribu, sedangkan harga foam agent ADT 20 liter Rp780 ribu.

[1] Wijayanti, W. 2012. Membuat Genteng dengan Batu Bata. Tangerang: Tirtamedia, hlm. 55.

[2] Goritman, Birdyant, Robby Irwangsa, Jonathan Hendra Kusuma. 2012. Studi Kasus Perbandingan Bata Ringan dari Segi Material, Biaya, dan Produktivitas. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil Kristen Petra, Vol. 1(1).

[3] Hunggurami, Elia, Wilhelmus Bunganaen, R. Y. Muskanan. 2014. Studi Eksperimental Kuat Tekan dan Serapan Bata Ringan Cellular Lightweight Concrete dengan Putih sebagai Agregat. Jurnal Teknik Sipil Undana, Vol. III(2): 125-136.

[4] Modestus, Erwin Sutandar, Eddy Samsurizal. 2017. Uji Individu Bata Ringan dengan Foam Agent Berdasarkan Variasi Ukuran Pasir. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang Universitas Tanjungpura, Vol. 4(4).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *