Update Harga Drum Sonor di Indonesia (Semua Varian)

Bagi para penabuh drum, atau mereka yang berkecimpung dalam dunia musik, pasti sudah tidak asing lagi dengan Sonor. Ini adalah salah satu merek drum yang cukup populer dunia. Digunakan oleh para drummer kelas wahid, Sonor telah menghadirkan beberapa seri drum. Di pasaran dalam negeri, produk ini sekarang dijual di kisaran harga jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah per set.

Sebelum membahas mengenai drum Sonor, tidak ada salahnya jika kupas sedikit mengenai instrumen musik yang satu ini. Drum, atau juga bisa disebut dengan drumset, merupakan kumpulan alat musik yang sangat penting dalam perkembangan musik modern. Secara umum, sebuah drum biasanya terdiri dari tiga macam perangkat yang digabung menjadi satu kesatuan, yaitu drum (terdiri dari snare drum, bass drum, tom-tom, floor drum, dll), simbal (terdiri dari hi-hat, ride cymbal, crash cymbal, Chinese, splash, dll), dan perangkat keras yang mencakup cymbal, tiang, pedal hi-hat, pedal bass/kick, bangku/stool, dll.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Seorang Pria Memainkan Drum Sonor (credit: hudsonmusic)
Ilustrasi: Seorang Pria Memainkan Drum Sonor (credit: hudsonmusic)

Sejarah drum sendiri bisa dimulai pada tahun 1623, ketika pabrik cymbal Zildijan berdiri Istanbul, Turki. Kemudian, di tahun 1875, pembuat perkusi, Sonor, didirikan di Jerman. Lalu, tahun 1883, Gretsch Drum didirikan sebagai perusahaan pembuat perkusi dan drum. Setelah itu, sekitar tahun 1890, eksperimen pedal drum dimulai. 

Secara kasat mata, drum merupakan alat musik yang secara fisik memiliki bagian-bagian yang terpisah, tetapi merupakan suatu kesatuan. Definisi drum sendiri adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan atau sebuah batang (stick). Selain kulit, drum juga dibuat dari material lain, seperti plastik. 

Baca juga  Update Harga Sistenol Tablet (Botol dan Eceran) untuk Demam

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drum biasanya mengacu kepada drum kit atau drumset, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drumset ini lantas disebut sebagai seorang “drummer” atau penggebuk drum. Bagian-bagian drumset adalah sebagai berikut.

Bagian Drum

  • Snare drum, merupakan unsur terpenting dari suatu drumset karena bagian ini merupakan bagian penentu dalam menentukan ketukan ketika bermain drum. Snare pun terdiri dari berbagai variasi ukuran, mulai 10 inci hingga 15 inci. Pada snare, terdapat bagian yang sangat penting, yaitu snare wire (penampakannya seperti per pegas) yang terdapat bawah snare. Jika kita memukul sisi atas snare, maka snare wire yang dirapatkan pada bawah snare akan berinteraksi sehingga menghasilkan bunyi yang sangat nyaring.
  • Tom-tom, terdiri dari berbagai macam ukuran, baik untuk kedalaman maupun diameter. Diameter tom-tom biasanya 6 inci, 8 inci, 10 inci, 12 inci, 13 inci, 14 inci, 15 inci, 16 inci, hingga 20 inci. Ukuran tom-tom 14 inci ke atas dapat digolongkan sebagai floor tom-tom, tetapi tergantung dari peletakannya juga. Tom-tom menggunakan 2 drumhead, atas dan bawah, kecuali pada tahun 1970-an ketika tom (dan bass drum) hanya menggunakan 1 drumhead saja, sehingga suara yang dihasilkan tergolong jelek.
  • Bass drum, tidak terlalu berbeda dengan tom-tom, hanya bass drum mempunyai diameter yang lebih besar, yaitu 16 inci, 18 inci, 20 inci, 22 inci, 24 inci, dan bahkan 26 inci atau lebih. Bass drum dipukul dengan menggunakan pedal dan ditaruh bawah. Suara bass drum tidak seperti tom-tom yang bersuara “dung…” tetapi cenderung bersuara “dug…” (lebih mati suaranya). Kayu bass drum cenderung lebih tebal untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan untuk ketahanan drum itu sendiri.
  • Cymbal, ini juga menjadi “nyawa” bagi drumset karena hampir tidak mungkin bermain drum tanpa cymbal. Cymbal sendiri secara garis besar terdiri dari hi-hat (berguna untuk menjaga waktu atau tempo musik), ride cymbal (berfungsi mirip hi-hat tetapi berbeda dalam hal bentuk dan suara), crash cymbal (berguna untuk memberikan phrase atau nada pada suatu lagu), efek cymbal (terdiri dari splash, bell, Chinese, dan Swiss, yang berguna memberikan “warna” khusus pada suatu lagu).
  • Hardware, terdiri dari berbagai macam bentuk dan fungsi, seperti pedal (untuk memukul bass drum), hi-hat stand (menempatkan hi-hat cymbal), cymbal stand, snare stand, dan tom holder atau tom stan
Baca juga  Update Harga Snack Bayi 6 Bulan & Alternatif Camilan MPASI

 

Ilustrasi: Drum Set Sonor (credit: redplant.net)
Ilustrasi: Drum Set Sonor (credit: redplant.net)

Varian Drum Sonor

Dari sekian merk drum yang beredar, salah satu yang paling populer adalah Sonor. Sudah eksis sejak tahun 1875 silam ketika Johannes Link, seorang tukang kayu, mulai lokakarya kecil untuk drum militer Jerman Timur, merek dagang Sonor kemudian didaftarkan di Kantor Paten Imperial pada tahun 1907. Kemudian, di tahun 1925, Sonor sudah mempekerjakan 145 karyawan, sekaligus menjadi salah satu bisnis terbesar di masanya. 

Melansir situs resminya, sudah banyak varian drum yang telah diluncurkan Sonor. SQ2 Series misalnya, dikatakan mewakili pengetahuan luas perusahaan dalam pembuatan drum dan desain suara. Merupakan salah satu andalan perusahaan, drum ini diklaim menjadi drum paling individual yang pernah mereka buat.

Kemudian, ada juga varian SQ1 Series, yang dikatakan sebagai dimensi baru dalam suara. Kulit drum SQ1 Series terbuat dari 100% Birch Eropa. Karena suaranya, yang seimbang dalam rendah, menengah, dan tinggi, maka suara drum Birch sangat populer untuk studio serta pertunjukan live.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga dan Spesifikasi Microwave & Oven Kirin

Selain itu, ada juga varian Sonor Vintage, yang disebutkan menjadi salah satu seri yang paling dicari. Memanfaatkan tepi bantalan bulat, drum seri Vintage ini mewakili kembalinya sound Sonor dekade 1960 hingga 1970-an ke dalam lini produk. Untuk informasi, Sonor memperkenalkan tepi bantalan 45 derajat pada tahun 1975 dan masih digunakan pada seri SQ2, Prolite, dan Force.

Harga Drum Sonor - www.drumchat.com
Harga Drum Sonor – www.drumchat.com

Harga Drum Sonor

Tipe Drum Sonor Harga 
Sonor 507 Rp7.000.000
Sonor 507 Galaxy Silver Rp7.000.000
Sonor 507 Galaxy Black Rp7.000.000
Sonor 507 Brushed Blue Rp7.200.000
Sonor Smart Force Stage 1 Rp13.000.000
Sonor Select Force Stage 1 Rp14.000.000
Sonor Force 3007 Rp14.500.000
Sonor AQ2 Martini Rp15.100.000
Sonor AQ1  Rp15.900.000
Sonor AQ2 Safari Rp15.900.000
Sonor Smart Force Birch Rp17.000.000
Sonor AQ2 Stage Rp21.500.000
Sonor AQ2 Stage 3  Rp26.300.000
Sonor Essential Force S Drive NM Rp24.695.000

Harga drum keluaran Sonor atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat musik dan situs jual beli online. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya memang cenderung naik. Drum Sonor 507 misalnya, awalnya dijual Rp5,89 juta, sekarang menjadi Rp7 jutaan. Sementara, Sonor AQ2 Stage 3 yang semula dilepas Rp23,9 juta, saat ini naik menjadi Rp26,3 jutaan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.