Update Harga Degirol di Apotek (Strip dan Dus), Obat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa menyerang siapa saja. Meski sering dikatakan sebagai masalah yang ‘agak ringan’, namun jika dibiarkan, radang tenggorokan tentunya dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sudah ada beberapa obat yang dijual bebas di apotek, salah satunya Degirol dengan harga cukup terjangkau.

Ilustrasi: menderita radang tenggorokan (sumber: dherbs.com)
Ilustrasi: menderita radang tenggorokan (sumber: dherbs.com)

Dikutip dari Hellosehat.com, radang tenggorokan atau faringitis adalah sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang bagian belakang tenggorokan, atau dalam dunia medis disebut dengan faring. Sering juga disebut dengan panas dalam, radang tenggorokan ini akan membuat Anda merasa tidak karena bagian tenggorokan akan terasa sakit atau panas, sehingga bakal menyulitkan Anda untuk menelan makanan.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, kondisi ini dapat memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Siapa pun bisa mengalami radang tenggorokan, baik anak-anak, orang dewasa, maupun orang yang sudah lanjut usia. Namun, anak-anak berusia 5 hingga 15 tahun yang cenderung paling sering terkena sakit tenggorokan.

Sementara itu, menurut Alodokter.com, selain sakit saat menelan makanan, radang tenggorokan juga sering disertai dengan gejala-gejala seperti sakit kepala, pembesaran kelenjar pada leher, tonsil atau amandel yang membengkak akibat radang, nyeri otot, batuk, hidung beringus, iritasi, hingga demam dan gatal di tenggorokan.

Penyebab sakit tenggorokan sendiri biasanya adalah virus dan bakteri. Virus dan bakteri yang menyebabkan pilek dan influenza sebagian besar juga akan memengaruhi sakit tenggorokan. Virus sebuah penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan antara lain pilek, flu, demam kelenjar, campak, cacar air, dan croup atau infeksi pernapasan yang sering terjadi pada anak-anak yang ditandai dengan batuk keras yang menggonggong. Meski bisa sembuh tanpa obat-obatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala radang tenggorokan, seperti berikut.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Cara Mengurangi Gejala Radang Tenggorokan

  • Berkumur sampai ke tenggorokan (gargle) dengan obat kumur antiseptik yang mengandung povidone-iodine, dua sampai lima kali sehari. Larutan antiseptik yang mengandung povidone-iodine dikatakan dapat membunuh bakteri penyebab beberapa gangguan di mulut dan tenggorokan.
  • cukup air putih, terutama jika Anda sedang demam. Dengan minum air putih yang cukup, Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
  • Tidak merokok dan hindari lingkungan yang penuh asap.
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan radang atau bengkak di tenggorokan.

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya tidak membutuhkan pengobatan. Kondisi penderita umumnya akan membaik dalam waktu 5 hari sampai satu minggu. Meski demikian, karena rasa tidak nyaman yang dirasakan, obat radang tenggorokan terkadang tetap diperlukan. Analgesik atau obat-obatan pereda sakit, seperti ibuprofen dan parasetamol, umumnya disarankan untuk menangani sakit tenggorokan, terutama jika disertai dengan demam dan terjadi pada anak.

Nah, salah satu obat yang diklaim cukup manjur untuk membantu meredakan radang tenggorokan adalah Degirol. Ini adalah obat berbentuk tablet isap yang mengandung Dequalinium Klorida. Obat ini dikatakan ampuh untuk meredakan radang tenggorokan dan masalah rongga mulut seperti sariawan, radang gusi, serta radang amandel.

Minum obat (sumber: kompas.com)
Minum obat (sumber: kompas.com)

Manfaat Obat Degirol

Dilansir dari Mediskus.com, Dequalinium Klorida dikatakan sebagai bahan antiseptik yang memiliki efek antibakteri dan antijamur dengan spektrum yang luas. Karena kandungannya tersebut, Degirol efektif dalam membunuh berbagai jenis bakteri, baik gram positif maupun gram negatif, dan bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik. Sementara, jenis jamur yang dapat dibasmi di antaranya Candida albicans yang menyebabkan bercak putih pada lidah dan rongga mulut.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Dengan bentuk sediaan yang dikonsumsi dengan cara mengisap seperti permen, maka hal ini akan memungkinkan bahan aktif untuk bekerja secara langsung di daerah infeksi. Dengan cara ini, juga akan bermanfaat dalam melumasi dan menenangkan daerah yang sakit, yang membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari infeksi mulut dan tenggorokan.

Kelebihan lainnya Degirol adalah obat ini telah tersedia bebas di pasaran dan tidak memerlukan resep jika Anda ingin membelinya. Anda bisa mendapatkan produk ini di berbagai toko obat, apotek, maupun situs jual beli online langganan. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga obat Degirol di pasaran Tanah Air.

Harga Degirol di Apotek

Kemasan Degirol Harga
Degirol Strip 4 Tablet Rp6.255
Degirol Strip 10 Tablet Rp14.168
Degirol Dus 5 Strip Rp28.000

Harga Degirol di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk website apotek online. Tentunya, harga Degirol di apotek bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai contoh, tahun 2018, Degirol strip 4 tablet dibanderol Rp3.500, naik menjadi Rp4.925 tahun 2019, naik lagi menjadi Rp4.925 pada tahun 2020 dan 2021, lalu naik lagi menjadi Rp6.096 tahun 2022. Sedangkan pada tahun 2023 harganya kembali naik jadi Rp6.255 per strip

Sementara itu, Degirol Strip 10 tablet dilepas dengan harga Rp9 ribuan tahun 2018, naik menjadi Rp12 ribuan tahun 2019, naik lagi menjadi Rp12.274 tahun 2020, naik lagi menjadi Rp14.168 tahun 2021 dan 2022, namun stabil sampai 2023. Lalu, Degirol per dus isi 5 Strip juga terpantau naik dari Rp26.004 di tahun 2020 menjadi Rp 29.753 di tahun 2021, tetapi sedikit turun menjadi Rp29.500 tahun 2022, dan sekarang turun lagi jadi Rp28 ribu.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Daftar harga obat Degirol di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dan apotek. Harga obat Degirol tersebut tidak mengikat dan tentunya dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko obat terdekat di sekitar Anda.

Obat Degirol kemasan tablet (sumber: victeezy)
Obat Degirol kemasan tablet (sumber: victeezy)

Dengan rasa lemon yang manis sedikit asam dan menyegarkan, maka mengonsumsi Degirol tidak seperti minum obat pada umumnya, namun lebih mirip makan permen. Karena itu, obat ini sangat mudah dinikmati, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Meski demikian, ada dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi obat Degirol, yaitu:

Dosis dan Efek Samping Degirol

  • Satu tablet isap (Lozenges) setiap 3 jam sampai 4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Konsumsi obat Degirol tidak boleh melebih 8 tablet sehari.
  • Konsumsi obat Degirol cukup diisap seperti makan permen.
  • Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

Umumnya Degirol ditoleransi dengan baik dan jarang menimbulkan efek samping. Meski begitu, segera hentikan pengobatan apabila ada tanda-tanda alergi seperti gatal-gatal, ruam kemerahan, dan sesak nafas. Efek samping ringan lainnya yang dapat muncul seperti rasa panas atau sakit pada lidah. Sementara, penggunaan obat untuk hamil dan menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *