Update Harga Gorden Jendela per Meter

No comment13720 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gorden. Sering juga disebut dengan tirai, gorden adalah potongan kain atau tekstil yang memiliki fungsi utama untuk menghalangi cahaya. Gorden sendiri umumnya diletakkan di pintu atau jendela yang memiliki kaca. Di pasaran, harga gorden untuk jendela per meter saat ini berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung model dan kain yang dibawa.

Dilansir dari Wikipedia, seperti diutarakan di atas, gorden adalah potongan kain atau tekstil yang digunakan untuk menghalangi cahaya. Gorden sering digantung di bagian dalam jendela suatu bangunan untuk menghalangi masuknya cahaya, sebagai contoh di waktu malam untuk membantu tidur, atau untuk mencegah cahaya keluar dari bangunan (mencegah orang di luar untuk dapat melihat bagian dalam).

Wanita membuka gorden jendela (sumber: realtor.com)

membuka gorden jendela (sumber: realtor.com)

Selain untuk rumah, tirai ini juga memberikan pemisahan visual pada situasi lain seperti pada suatu pertunjukan panggung ketika para aktor melakukan persiapan terakhir untuk pertunjukan di balik tirai sewaktu penonton menunggu di depan tirai. Jika digunakan untuk suatu pertunjukan tertentu, biasanya tirai dibuka sewaktu pertunjukan dimulai dan ditutup sewaktu jeda dan akhir pertunjukan. 

Ketika menentukan sebuah desain rumah serta apa saja perabotan yang dibutuhkan, mungkin memilih gorden jendela bukanlah sesuatu yang rumit. Pasalnya, sudah ada beragam motif dan warna gorden untuk jendela yang bisa Anda pilih. Meski demikian, tidak semua tipe gorden jendela cocok untuk semua ruangan. Nah, berikut kami sajikan beberapa tipe gorden jendela sebelum Anda memilihnya untuk rumah Anda, seperti dilansir dari Dekoruma.com.

Tipe Gorden Jendela

  • Gorden jendela tipe sheer. Jika Anda menginginkan sedikit privasi namun cahaya matahari atau lampu jalan tetap bisa masuk lewat jendela, maka gorden jendela tipe sheer mesti Anda gunakan. Meski sifatnya hanya sebagai pelapis karena memang bahannya tipis, gorden jendela tipe ini memang tetap dibutuhkan agar pandangan dari luar ke dalam tetap ‘sopan’. Gorden tipe sheer biasanya berwarna putih polos atau bermotif dari bahan voile. Gorden ini cocok sebagai pelapis gorden jendela tipe lainnya dan untuk ruangan apapun.
  • Gorden jendela tipe rod pocket. Gorden jendela tipe rod pocket menjadi tipe gorden yang bisa dibilang paling sederhana. Pada bagian atas, terdapat lorong hasil keliman yang berfungsi untuk menggantung pada batang jendela yang ramping. Rod pocket adalah gorden jendela yang terbuat dari kain yang ringan dan biasanya memang tidak sering dibuka-tutup, karena fungsinya sendiri lebih sebagai pembatas. Karena kurang fleksibel untuk digeser, sebaiknya gunakan rod pocket pada ruangan yang jarang digunakan.
  • Gorden jendela tipe draperies. Draperies adalah salah satu gorden jendela yang paling dekoratif. Dulunya, draperies memang digunakan untuk membuat ruangan lebih menarik. Namun saat ini, selain memiliki motif dan warna yang , draperies juga tampil lebih simpel dengan permukaan yang bergelombang dan menggantung sama panjang. Di samping itu, draperies biasanya terbuat dari kain yang lebih berat. Draperies juga seringkali berupa thermal curtain, yaitu gorden jendela yang mengandung bahan akrilik pada lipatan-lipatannya sehingga membuat ruangan lebih hangat ketika cuaca dingin, meredam suara, dan menghalangi cahaya untuk masuk. Bisa dibilang, gorden jendela ini membuat energi lebih efisien.
  • Gorden jendela tipe cascades. Cascades adalah tipe gorden jendela yang menjuntai di kedua sisi jendela. Cascades juga memiliki variasi motif dan panjang, ada yang sama panjang atau salah satu sisi lebih panjang. Cascades biasanya tidak terpisah dari swag, bagian atas bergelombang yang membentuk setengah lingkaran. Cascades dan swag cocok dipasang di ruang baca atau kamar pribadi.
Ilustrasi: Berbagai Macam Motif Tirai (credit: lemonandgrey)

Ilustrasi: Berbagai Macam Motif Tirai (credit: lemonandgrey)

  • Gorden jendela tipe valances. Tipe ini memiliki estetika yang fungsional. Selain cantik dengan bentuk berombak, valances juga berguna untuk menutupi batang jendela yang kurang indah jika tampak, apalagi jika gorden jendela bertumpuk. Biasanya, valances dikombinasikan dengan cascades, sehingga Anda perlu menyesuaikan warna keduanya.
  • Gorden jendela tipe tiers. Tipe yang satu ini menjadi gorden jendela yang berfungsi menutupi bagian bawah jendela. Biasanya, tiers menutupi hingga sepertiga bagian bawah jendela. Tiers sendiri akan membentuk kombinasi sempurna dengan valances. Ketika keduanya digunakan, maka cahaya dari luar tetap bisa masuk ke ruangan namun privasi tetap terjaga.
  • Gorden jendela tipe eyelet. Gorden jendela tipe ini biasanya terbuat dari kain gorden atau tirai yang ringan atau tidak terlalu berat. Eyelet mudah digeser karena gerakan ring pada batang jendela tidak terhambat, sehingga cocok dipasang pada kamar tidur . Desainnya yang simpel membuat eyelet tidak ketinggalan zaman.
  • Gorden jendela tipe tab top. Tipe gorden ini begitu mirip eyelet. Bedanya, tab top mengganti ring-ring itu dengan kain yang berfungsi untuk mengaitkan gorden jendela pada batangnya. Tab top adalah gorden jendela dengan berat kain paling fleksibel, karena memiliki pengait yang berasal dari kain yang sama.
  • Gorden jendela tipe blinds. Sering disebut sebagai kerai, gorden ini umumnya terbuat dari bahan yang cukup keras seperti kanvas. Blinds sendiri terdiri dari beberapa macam, seperti roller blinds, roman blinds, vertical blinds, dan horizontal blinds.
  • Gorden jendela tipe scarves. Tipe gorden jendela yang paling mudah dipasang dan dikreasikan sesuai keinginan. Scarves sendiri tidak memiliki tempat menggantung seperti ring bahkan kain, ia hanya berupa kain panjang yang dililitkan pada batang jendela sebagai dekorasi. Dengan kata lain, scarves adalah aksen yang menawan di atas gorden jendela lain.
  • Gorden jendela tipe pleat. Pleat setidaknya terdiri dari box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated. Semuanya dibedakan oleh bentuk pada bagian atas gorden jendela. Pinch pleated sendiri dianggap yang paling dekoratif dan bisa terdiri dari tiga, empat hingga lima lipatan namun bentuknya tetap seimbang.
Ilustrasi: Ide Tirai Untuk Ruang Tamu (credit: goodhousekeeping)

Ilustrasi: Ide Tirai Untuk Ruang Tamu (credit: goodhousekeeping)

Harga Gorden Jendela

Tipe GordenHarga per Meter
Gorden Glitter RainbowRp25.000
Gorden Plisket SatenRp63.000
Gorden Plisket Saten Poni RendaRp70.000
Gorden Saten Motif BungaRp42.000
Gorden GJ AMIRp33.500 – 50.000
Gorden Voile PutihRp51.727
Gorden BenitaRp65.000
Gorden QuinnRp105.000
Gorden New Senza VitrageRp71.000
Gorden OrlandoRp95.000
Gorden PolkadotRp120.000
Gorden Salute/SerialRp160.000
Gorden SaibaRp185.000
Gorden NewsenzaRp185.000
Gorden Kids WorldRp165.000
Gorden 24Rp279.187

harga gorden jendela di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online di Indonesia. Harga gorden jendela tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sebagai , pada tahun sebelumnya, gorden plisket saten dijual dengan harga Rp53.000 dan kini menjadi Rp63.000 per meter. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mendatangi toko-toko kain atau toko perabotan terdekat.

[Update: Almas]

Baca juga  Harga Lem HPL (Semua Merk)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Gorden Jendela per Meter"