Harga Daun Basil Terkini (Segar dan Kering)

Memasak makanan khas Indonesia yang berbau rempah, belum lengkap jika tidak menambahkan daun basil atau kemangi. Dengan menambahkan sedikit daun tersebut, makanan akan menjadi lebih sedap dan wangi. Anda bisa mendapatkan daun basil dalam bentuk segar, kering, dan bubuk dengan harga terjangkau di supermarket terdekat.

Tanaman daun basil
Tanaman daun basil

Secara ilmiah, daun basil dikenal dengan nama Ocimum basilicum dengan nama lokal daun kemangi.[1] Daun ini termasuk rempah yang diketahui memiliki zat antioksidan tinggi, antimikroba, insektisida, antiinflamasi, antipiretik, dan analgesik. Selain itu, ini mengandung kalsium, vitamin A, beta karoten, beta cryptoxanthin, lutein, zeaxanthin, vitamin K, dan vitamin B. Dengan kandungan zat aktif ini, daun kemangi memiliki banyak manfaat di bidang kuliner, kesehatan, dan kecantikan.

Bacaan Lainnya

Manfaat Daun Basil

  • Memelihara kesehatan hati. Dilansir dari sehatQ, daun basil memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan hati. Anda bisa mengonsumsi herbal ini untuk mencegah dan terapi penyakit hati seperti sirosis, kanker, dan tumor.
  • Mencegah kanker. Daun kemangi mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan zat karsinogen dan radikal bebas. Terpapar dua zat ini bisa berbahaya untuk , karena bisa merusak sel dan memicu tekanan oksidatif penyebab kanker.
  • Melawan dini. Bagi Anda yang ingin selalu tampil awet muda, tidak ada salahnya mengonsumsi daun basil secara rutin. Ada banyak nutrisi pada herbal ini yang dapat mengurangi gejala penuaan dini sekaligus memperlambat proses penuaan sel-sel tubuh, terutama kulit.
  • Baik untuk penderita diabetes. Kandungan zat aktif pada daun basil diklaim mampu menjaga kadar gula darah agar seimbang. Daun ini juga dipercaya mampu menurunkan gula darah yang tinggi, sehingga baik untuk pasien diabetes.
  • Obat tradisional. Sudah sejak lama daun kemangi dikenal sebagai obat tradisional, karena memiliki efek antiinflamasi atau pereda nyeri. Biasanya, tumbuhan ini dipakai untuk mengobati demam dan nyeri haid.
  • Mengatasi insomnia. Daun basil memiliki kandungan minyak atsiri dengan aroma terapi yang cukup tajam. Ini bisa membuat saraf dan pikiran menjadi lebih tenang, sehingga Anda bisa tidur dengan cepat dan lelap. Herbal ini juga mengandung magnesium yang dapat meningkatkan aliran darah, sehingga Anda mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.
  • Mengurangi stres. Kandungan minyak atsiri pada daun basil juga mampu meredakan stres. Diketahui, tanaman ini juga mampu mengurangi kadar kortisol untuk membantu pasien dengan riwayat depresi kronis.
  • Mengatasi hidung tersumbat. Di cuaca yang dingin, sebagian orang sering menderita flu dengan keluhan hidung tersumbat, sehingga mereka tidak bisa bernapas dengan lega. Selain bisa diatasi dengan memakai inhaler atau minyak angin, Anda juga bisa memakai daun basil. daun kemangi dalam semangkuk air panas dan hirup uapnya, ini akan membantu mengencerkan lendir di hidung, sehingga hidung Anda tidak tersumbat lagi.
  • Mengatasi berminyak. Rambut yang terlalu berminyak biasanya mudah lepek dan menimbulkan bau tidak sedap. Selain bisa diatasi dengan memakai produk perawatan rambut, Anda bisa memakai air daun basil yang dicampur dengan baking soda dan cuka sebagai masker.
  • Menambah nafsu makan. Daun basil memang terkenal sebagai penyedap rasa dan penambah aroma dalam dunia kuliner, tetapi ada manfaat lain yang membuat herbal ini laris di kalangan pedagang makanan, yakni bisa menambah nafsu makan. Ini karena aroma daun basil yang dicampur bumbu, seperti gula dan garam, membuat produksi air liur menjadi lebih banyak.

Tidak sulit mendapatkan daun basil, karena Anda bisa membelinya di pasar tradisional, supermarket, hingga situs beli online. Sebagai referensi harga, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Daun Basil

Daun Basil Segar dan Kering (sumber: dryingallfoods.com)
Daun Basil Segar dan Kering (sumber: dryingallfoods.com)
Merk/Varian Daun BasilHarga
Bumbuyu Basil KeringRp9.000
Baroma Basil 15 grRp9.500
Basil Organik Segar 45 grRp10.000
Mitra Samba Basil Leaf 15 grRp12.900
Italian Fresh Basil 50 grRp14.900
RASA Basil Leaves 18 grRp14.500
Jays Basil Leaves 20 grRp14.999
Beorganik Dried Basil 25 grRp15.000
113 Basil KemangiRp15.500
Saffrons Daun Basil Kering 18 grRp15.500
House of Organic Dried Basil 20 grRp21.000
Basil Turki Kering 100 grRp26.000
Jays Basil Leaves 25 grRp32.000
Sonnetor Organic Basil 15 grRp66.000
Cairo Food Daun Basil Kering 1 kgRp155.000 – Rp195.000
Daun Basil Kering Repack 1 kgRp200.000

Harga daun basil di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga bumbu masakan ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu daun basil kering repack 1 kg ditawarkan Rp187 ribuan, sedangkan harga Jays Basil Leaves 20 gr sekitar Rp17.200. (Panca)

[1] Zahra, Salsabila & Yoppi Iskandar. 2017. Review Artikel: Kandungan Senyawa Kimia dan Bioaktivitas Ocimum Basilicum L. Farmaka Universitas Padjadjaran, Vol. 15(3): 143-152.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *