Info Terkini Harga Gitar Yamaha C40 (Baru dan Bekas)

Selain terkenal sebagai produsen penghasil sepeda motor berkualitas, Yamaha juga telah melahirkan berbagai macam instrumen musik, mulai gitar, drum, hingga keyboard. Nah, salah satu alat musik keluaran Yamaha yang cukup terkenal di kalangan masyarakat adalah Yamaha C40, sebuah gitar akustik yang dijual dengan harga cukup terjangkau, Bahkan, bekasnya dapat Anda tebus dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah, tergantung kondisi barang.

Gitar Yamaha C-40 (sumber: gumtree.com)
Gitar Yamaha C-40 (sumber: gumtree.com)

Sekilas Tentang Gitar

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gitar. Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang penting dalam dunia musik. Selain keyboard atau piano, gitar menjadi instrumen yang paling sering digunakan oleh seorang musisi dalam mencari nada yang tepat sebelum menciptakan sebuah karya lagu. Di pasaran, telah banyak produsen alat musik yang memproduksi beragam jenis gitar dengan harga yang bervariasi, dari harga paling murah hingga harga yang mahal.

Bacaan Lainnya

Secara umum, gitar dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni gitar akustik, gitar elektrik (atau listrik), dan gitar semi-akustik. Dari ketiga jenis tersebut, gitar akustik merupakan jenis yang disukai banyak orang karena rata-rata harga jualnya cukup murah. Gitar akustik sering dibuat dari material kayu seperti mahogany, alder, basswood, maple, rosewood, spruce, dan lain-lain.[1]

Gitar akustik sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, yakni yang mempunyai steel-base string dan yang klasik. Perbedaan yang paling mencolok di antara kedua jenis tersebut adalah badan dari gitar klasik yang cenderung lebih lebar dengan ukuran relatif sama, tetapi gitar akustik bisa dibuat dengan berbagai macam ukuran.

Gitar model akustik ini menghasilkan suara yang berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui pengikat senar ke dalam ruang suara.[2] Nah, suara di dalam ruang ini melakukan resonansi terhadap kayu badan gitar, sehingga jenis dan tingkat ketebalan kayu juga memengaruhi suara yang akan dihasilkan oleh gitar akustik. Untuk suaranya sendiri, gitar akustik bisa digunakan untuk berbagai jenis genre musik seperti jazz, pop, rock, dan lainnya.

Baca juga  Update Harga Pianika untuk Anak Sekolah (Semua Merk)

Sementara itu, gitar klasik, seperti namanya, terbatas hanya untuk jenis musik klasik. Cara pemakaian pun berbeda, apabila gitar akustik dapat dimainkan dengan jari-jari tangan, gitar klasik harus menggunakan plectrum karena senarnya yang terbuat dari baja. Bila Anda seorang pemula yang ingin mempelajari gitar, banyak yang menyarankan untuk menggunakan jenis gitar akustik ini.

Nah untuk gitar listrik, adalah gitar yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an. Model gitar ini bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body). Namun kemudian, penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Gitar elektrik membutuhkan amplifier yang bertujuan untuk mendapatkan kekencangan suara seperti yang diinginkan. Jika dibandingkan dengan gitar akustik, senar pada gitar elektrik cenderung lebih tipis dan bobotnya lebih berat. Suara yang dihasilkan juga lebih kasar dan kencang, tidak seperti gitar akustik yang menghasilkan suara lebih lembut.

Model ini juga cenderung memiliki suara yang lebih luas dibandingkan gitar akustik lantaran punya sistem teknologi yang dapat berkembang seiring perubahan zaman, termasuk efek. Efek dapat dikatakan merupakan rekan kerja gitar listrik, dengan suara yang dihasilkan sudah disistematiskan melalui teknologi, dipakai untuk mengiringi setiap genre musik.[3]

Beberapa gitar listrik memang dijual dengan harga selangit, karena selain memiliki spesifikasi mumpuni, juga karena merek gitar tersebut sudah terkemuka. Sebut saja Fender, Ibanez, maupun Gibson. Terkenalnya merk gitar ini, salah satunya disebabkan telah digunakan oleh para gitaris top dunia. Namun, bagi Anda yang masih menginginkan instrumen ini tetapi memiliki dana terbatas, tak perlu khawatir. Pasalnya, banyak varian gitar yang dijual dengan harga cukup murah, tetapi memiliki spesifikasi dan bisa diandalkan, seperti merk Yamaha.

Baca juga  Material dan Update Harga Joran Tegek Exori Berbagai Tipe
Permainan Gitar Yamaha C40 - (YouTube: Kraft Music)
Permainan Gitar Yamaha C40 – (YouTube: Kraft Music)

Review Gitar Yamaha Seri C40

PT Yamaha sejak lama menggarap industri alat musik. Bahkan, sejumlah alat musiknya menjadi unggulan para pemain musik. Di antara banyak alat musik yang dikenalkan ke pasar Indonesia, produk gitar merupakan salah satu yang menjadi primadona. Yamaha C40 misalnya, yang termasuk dalam rangkaian produk C series, menjadi salah satu produk gitar akustik yang paling digemari oleh konsumen.

Seri C40 ini berbahan baku kayu rosewood. Bobot jenis kayu rosewood sangat berat, dan menghasilkan suara yang sangat jelas. Kayu ini cukup mahal namun sebanding dengan penampilannya yang menarik. Gitar Yamaha C40 dapat menghasilkan suara yang jernih, bersih, dan konsisten. Hal ini didapat dari material pembuatan gitar yang menggunakan kayu terbaik di kelasnya serta pengukuran body dan leher gitar yang sangat presisi. Sangat cocok untuk Anda yang senang memainkan musik beraliran klasik atau akustik.

Kelebihan gitar akustik Yamaha C40 yang paling menonjol tentu saja memiliki karakter suara yang paling natural, sehingga menghasilkan suara yang lebih indah dan lembut. Karena itu, gitar seperti ini sangat cocok untuk -lagu yang berirama dengan tempo rendah (slow) hingga sedang termasuk lagu pop, jazz, keroncong, klasik, hingga lagu tradisional. Selain itu, gitar seperti ini juga lebih ringan jika dibandingkan dengan gitar elektrik sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana, harganya pun secara umum juga lebih murah. Berikut spesifikasi gitar Yamaha C40.

Baca juga  Update Harga Makanan Kucing Friskies (Semua Kemasan)

Spesifikasi Yamaha C40

Body Gloss
Pengaturan interface Skala string 650 mm (25 9/16″)
Kedalaman body 94-100 mm (3 11/16″-3 15/16″)
Lebar Papan Jari (Nut/Body) 52 mm (2 1/16″)
Bahan Baku Atas Spruce
Bahan Baku Belakang Meranti
Bahan Baku Sisi Samping Meranti
Bahan Baku Leher Nato
Bahan Baku Papan Jari Rosewood
Bahan Baku Pegangan Rosewood

Untuk ukuran seorang pemula, Yamaha gitar klasik C40 bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mendalami alat musik petik gitar. Karena gitar yang satu ini memiliki harga yang masih cukup terjangkau. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru kisaran harga gitar Yamaha C40 di pasaran dalam negeri.

Harga Yamaha C40

Kondisi Yamaha C40 Harga
Yamaha C40 Baru Rp1.180.000 – Rp1.643.000
Yamaha C40 Bekas Rp650.000 – Rp900.000

 

Informasi harga Yamaha C40 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat musik dan situs jual beli online. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, Nuansa Musik dalam situs resminya menjual gitar ini dengan harga cuma Rp1.120.000, sedangkan harga di Galeri Musik Indonesia Rp1.190.000. Sementara itu, di situs e-commerce, harganya tahun lalu berkisar Rp1.088.000 hingga Rp1.625.000. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda dapat datang langsung ke toko instrumen terdekat di daerah Anda.

(Panca)

[1] Ulinnuha, Muhammad Khirzan. 2015. Desain Gitar Akustik Berbahan Rotan. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 4(2): 76-81.

[2] Dharaka, Sinatrya, dkk. 2014. Perancangan Media Promosi Koz Guitar.  Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 2(5).

[3] Ardian, Eko, dkk. 2016. Teknik Dasar Bermain Gitar Elektrik di Sekolah Musik Prodigy Conservatory of Music di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik FKIP UNSYIAH, Vol. 1(1): 1-10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *