Harga Piring Rotan per Lusin (Beragam Ukuran)

Salah satu pekerjaan yang melelahkan untuk mereka yang berbisnis kuliner seperti dan adalah mencuci piring. Nah, apabila Anda mengalami hal serupa, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengganti piring keramik Anda dengan piring rotan. Selain lebih praktis, harga piring rotan juga sangat terjangkau, dan biasanya dijual per lusin atau per kodi.

Anda pasti sudah tidak asing dengan benda bernama piring. Merupakan salah satu yang sangat penting, piring dapat dikatakan sebagai wadah, biasanya berbentuk datar atau ceper, yang memiliki utama sebagai tempat untuk makanan yang akan disantap. Dikatakan Charles L. Venable, piring adalah makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung, tempat makanan disajikan.

Harga Piring Rotan - www.tokopedia.com

Harga Piring Rotan - www.tokopedia.com

Jenis Piring

  • Piring saucer, adalah jenis piring kecil yang biasanya hanya berukuran 3 sampai 5 inch saja. Pada bagian atas piring, dibentuk lekukan ke dalam yang berguna untuk menempatkan cangkir atau gelas. Biasanya, piring ini digunakan untuk menyajikan segelas atau secangkir minuman seperti kopi, teh, susu, dan minuman lain. Hal yang sangat khas dari piring ini adalah untuk menyajikan minuman hangat secara formal atau semi resmi. Tapi, banyak juga masyarakat yang terbiasa menggunakan piring ini untuk menempatkan snack atau makanan ringan yang kecil, misalnya sepotong kue. 
  • Piring appetizer, bisa dikatakan satu tingkat di atas saucer. Jenis piring ini biasanya memiliki kurang lebih 4 sampai 9 inch. Fungsi dari piring ini adalah untuk menghidangkan berbagai jenis makanan dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Misalnya saja untuk menghidangkan salad atau berbagai jenis menu pembuka makanan. Piring appetizer yang berkualitas biasanya terbuat dari melamin, karena kualitasnya yang baik dan tahan terhadap panas. Bentuk dan hiasan piring melamin juga dianggap sangat sopan untuk acara makan resmi.
  • Piring untuk bread dan butter, sesuai dengan namanya, piring ini memang digunakan untuk menyajikan berbagai jenis roti dan pelengkapnya seperti mentega, selai, atau bahan lainnya. Ukuran piring biasanya hanya 5 sampai 6 inch. Dalam penyajiannya, biasanya dilengkapi dengan pisau kecil untuk mengolesi roti dengan mentega atau butter. Piring ini paling sering digunakan untuk menyajikan makan pagi.
  • Piring soup, atau soup plate, menjadi jenis piring yang paling banyak digunakan. Model piring ini memiliki bentuk cekungan yang lebih dalam sampai ke bagian dasar piring. Fungsi piring ini untuk menghidangkan berbagai jenis makanan yang memiliki kuah seperti sup. Ukuran dari soup plate antara 4 sampai 7 inch. Bagian tepi piring biasanya lebih lebar sehingga menunjukkan bahwa piring ini untuk makanan berkuah. 
  • Platter plate, menjadi jenis piring yang paling umum dimiliki oleh semua orang. Piring ini memiliki bentuk yang lebih besar daripada piring soup karena sesuai dengan fungsinya untuk meletakkan berbagai jenis makanan dengan jumlah yang banyak. Model piring ini juga sering digunakan oleh restoran atau kafe untuk menyajikan berbagai jenis lauk.
  • Piring oval, adalah jenis piring yang memiliki bentuk oval, baik itu dengan ukuran yang memanjang atau lebih datar. Piring ini biasanya kerap digunakan untuk tempat daging, ikan, dan sayuran. Namun, ketika di restoran, piring ini paling sering digunakan untuk menghidangkan ikan. Terkadang, dalam beberapa acara, model piring ini juga disebut dengan fish plate.
  • Couple plate, adalah jenis piring yang juga digunakan untuk acara makan sehari-hari, baik itu acara makan yang formal atau tidak formal. Piring ini biasanya digunakan untuk menyajikan makanan utama. Bentuk coupe plate umumnya lebih datar dan punya lekukan ke atas pada bagian tepi ujung piring. Model piring ini juga tampak lebih elegan sehingga biasanya banyak digunakan oleh restoran.
  • Dinner plate, juga termasuk jenis piring yang sangat umum. Hampir semua biasanya memiliki dinner plate yang digunakan untuk acara makan sehari-hari. Bentuk piring ini biasanya oval atau bulat. Ukuran diameter antara 8 sampai 12 inch. 

Kelebihan Piring Rotan

Umumnya, masyarakat mengenal piring yang terbuat dari bahan keramik (beling), kaca yang bening, atau plastik. Nah , selain bahan-bahan tersebut, ada juga piring yang terbuat dari material rotan. Meski juga punya bentuk bulat seperti piring pada umumnya, namun jenis ini biasanya punya rongga hasil anyaman rotan sehingga terkesan sangat .

Dibandingkan piring keramik atau piring kaca, piring yang terbuat dari bahan rotan memiliki beberapa kelebihan. Keunggulan pertama dari piring rotan adalah praktis dan Anda tidak perlu repot mencucinya ketika kotor. Piring rotan juga dikatakan tahan lama, tidak akan pecah, menawarkan kesan natural, serta tentunya ringan ketika dibawa.

Tidak susah menemukan piring rotan. Pasalnya, jenis piring ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai perabotan rumah tangga maupun situs jual beli online. Ukuran piring rotan pun beragam, ada yang kecil, medium, hingga besar. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga piring rotan di pasaran.

Harga Piring Rotan - umkm.online

Harga Piring Rotan - umkm.online

Harga Piring Rotan

Ukuran Piring RotanKisaran Harga
Piring Rotan 23 cmRp32.000 – Rp50.000per lusin
Piring Rotan Plastik 24 cmRp50.000 per lusin
Piring Rotan 25 cmRp50.000 per lusin

Selain dijual per lusin, piring rotan juga ada yang dijual per ikat (isi 50 buah) dengan harga berkisar Rp150 ribuan, atau Rp95 ribuan untuk satu ikat berisi 20 buah. Perlu diingat, harga piring rotan tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Jika Anda hanya perlu sedikit, bisa membeli secara satuan dengan harga mulai Rp2.000 per piring.

Baca juga  Info Syarat, Cara, & Biaya Gugat Cerai
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Piring Rotan per Lusin (Beragam Ukuran)"